imlek 2018

,

Inilah Kota Dengan Perayaan Imlek Paling Ramai

Imlek 2018 akhirnya datang juga!. Buat kamu yang merayakan, sudahkah kamu mempersiapkan segala sesuatunya? Ngomong-ngomong soal imlek,sejak dinyatakan sebagai hari libur nasional, perayaan ini juga semakin ramai dirayakan di Indonesia. Tidak hanya di Pulau Jawa, wilayah-wilayah lain juga turut merayakan tahun baru imlek ini.

Nah, kota mana sajakah yang turut merayakan hari raya imlek dengan meriah? Tidak hanya perayaan hari raya imlek 2018 saja, berikut ini adalah beberapa kota di Indonesia yang selalu punya perayaan imlek paling meriah.

1. Singkawang, Kalimantan Barat

Sumber : http://www.getborneo.com
Sumber

Kota ini disebut-sebut sebagai kota dengan perayaan imlek termeriah di Indonesia, bahkan di asia tenggara. Terletak di sebelah barat Pulau Kalimantan, kota ini memang mayoritas dihuni oleh etnis tionghoa. Tidak heran jika perayaan Imlek begitu megah di kota ini. Namun bukan hanya karena mayoritas penduduknya etnis tionghoa, kota ini juga memiliki tradisi tersendiri dalam merayakan imlek. Di Singkawang, ada sebuah ritual bernama Ritual Tatung, dimana para pria, wanita, dan anak-anak berkumpul bersama-sama untuk menolak roh jahat dan kemalangan di tahun yang baru.

2. Semarang, Jawa Tengah

Sumber : https://sejarahsemarang.files.wordpress.com
Sumber

Namanya perayaan, pasti erat kaitannya dengan festival tahunan. DI Kota Semarang, ada sebuah festival imlek bernama Pasar Imlek Semawis. Biasanya, saat imlek datang, kota ini turut merayakannya dengan membuat pasar malam dan rangkaian acara kebudayaan. Selain bazaar, kamu juga bisa menemui berbagai pertunjukan kebudayaan Tionghoa seperti wayang potehi, barongsai, bahkan seni bela diri wushu. Semua dikemas selama seminggu.

3. Yogyakarta, D.I Yogyakarta

Sumber : https://gudeg.net
Sumber 

Yogyakarta dikenal sebagai kota dengan kebudayaan Jawa yang kental. Namun bukan berarti kota yang dipimpin oleh seorang sultan ini tidak terbuka pada kebudayaan lain. Di kota ini, perayaan imlek dirayakan begitu meriah. Di sini, kamu bisa menikmati Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) yang diadakan selama seminggu penuh. Di festival ini, kamu bisa menemukan kebudayaan tionghoa yang begitu lengkap. Mulai dari festival kuliner, hingga hiburan. Kamu juga bisa mengikuti berbagai lomba seperti lomba bahasa mandarin, hingga lomba karaoke lagu mandarin.

4. Medan, Sumatera Utara

Sumber : www.tribunnews.com
Sumber

Sama seperti Singkawang, Medan juga dikenal memiliki etnis Tionghoa terbanyak di Indonesia. Itulah mengapa kota ini memiliki perayaan imlek yang meriah. Di sini, kamu bisa menikmati festival imlek 2018 yang diberi nama Gebyar Imlek Fair. Festival ini terbilang cukup seru, karena selain menghadirkan berbagai kebudayaan Tionghoa, kamu juga bisa menikmati berbagai festival musik mulai dari Jazz, Rock, hingga musik daerah. Nggak Cuma itu, ada berbagai festival kuliner dan karnaval juga, loh.

5. Solo, Jawa Tengah

Sumber : http://www.surakarta.go.id
Sumber

Bukan, kita nggak akan membahas Pak Jokowi di sini. Iya, memang, kota ini akhir-akhir ini identik dengan Pak Jokowi, presiden kita. Namun, ternyata kota ini juga punya perayaan imlek yang cukup meriah. Di kota ini, ada sebuah perayaan yang diberi nama Grebeg Sudiro, dimana kamu bisa memperebutkan hasil bumi yang dibentuk hingga menggunung. Perayaannya mirip Grebeg 1 Suro saat Maulid. Seru,kan?

Mau jalan-jalan saat imlek sambil dapat hoki?

Ke mana pun, tiket.com aja!