Kebun Binatang Surabaya

,

Kebun Binatang Surabaya, Sarana Edukasi dengan Berbagai Wahana Menarik

Sebuah kota akan dikenal luas ketika memiliki ikon memikat seperti tempat wisata menarik yang populer di kalangan wisatawan. Banyak pengunjung dari luar berkunjung untuk merasakan langsung bagaimana suasana di sana, lalu mengunggah pengalaman jalan-jalan mereka ke media sosial. Hal ini lantas meningkatkan animo masyarakat terhadap sarana hiburan tersebut.

Kota Pahlawan sebagai ibu kota Jawa Timur memiliki salah satu tempat wisata bernama Kebun Binatang Surabaya (KBS). Tidak hanya mudah diakses, wahana di sini pun beragam. Ayo kita tengok sejarah Kebun Binatang Surabaya dulu, sobat tiket!

Sejarah Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya
Sumber: Shutterstock

KBS merupakan salah satu kebun binatang tertua di Asia Tenggara. Didirikan pada 31 Agustus 1916 dengan nama awal Soerabaiasche Planten-en Dierentuin di Kaliondo, sarana edukasi ini pindah lokasi ke Darmo setahun kemudian hingga saat ini.

KBS resmi dibuka untuk umum pada April 1918. Setelah empat tahun berjalan, terancam dibubarkan, karena mengalami krisis. Namun, keputusan ini tidak disetujui oleh pengurus. Pemerintah pun ikut andil dalam mencegah hal tersebut.

Bantuan besar dari pemerintah diberikan pada 1927 dan KBS mulai bangkit. Luas lahan awal 3 hektare diperluas menjadi 15 hektare 12 tahun kemudian. Selain itu, koleksi binatang semakin beragam baik dari dalam dan luar negeri. Sampai 1970, dinobatkan sebagai terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara.

Tahun 2010, KBS mengalami krisis kembali dan Kementerian Kehutanan sempat mencabut izin beroperasi. Hal ini disebabkan oleh kematian hewan langka berturut-turut seperti harimau sumatera, komodo, rusa bawean, buaya, dan singa afrika. Julukan Kebun Binatang Maut pun sempat tersemat untuk menggambarkan keadaan ironis tersebut.

Tiga tahun kemudian, kepengurusan KBS pun diambil alih oleh pemerintah setempat. Berbagai upaya perbaikan pun dilakukan dari segala aspek, sampai mendatangkan pakar satwa dari luar negeri. Hibah antar lembaga konservasi turut dijadikan solusi untuk mengatasi populasi berlebih (mencapai sekitar 2.600).

Revitalisasi tersebut adalah langkah awal untuk membuat KBS lebih baik lagi, terutama untuk sarana edukasi masyarakat. Jadi, kalau sobat tiket berkunjung ke sini tidak hanya mendapat segi hiburan, melainkan wawasan baru tentang satwa.

Lokasi KBS

KBS berlokasi di Jl. Setail nomor 1, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur. Berada di tengah kota, sobat tiket tidak perlu khawatir akan kesulitan menemukan tempat ini. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Aktivitas Menarik di KBS

Setelah dilakukan pembaharuan, KBS memiliki berbagai aktivitas menarik untuk pengunjung. Karena, diharapkan mampu menjadi wisata mendidik sekaligus menghibur di tengah perkotaan.

1. Berpose di Dekat Patung Suro dan Boyo

Di depan gerbang masuk KBS terdapat patung Suro (Hiu) dan Boyo (Buaya). Sebelum masuk ke tempat wisata ini, jangan lupa mengambil foto di dekat ikon Kota Pahlawan tersebut. Terlepas dari sebuah identitas, sejarah pertarungan dalam memperebutkan wilayah antar kedua hewan itu cukup seru untuk disimak.

2. Melihat dan Mengenal Aneka Satwa dari Dekat

Kebun Binatang Surabaya
Sumber: Shutterstock

Pada 2017, KBS memiliki koleksi satwa sebanyak 2640 dari 236 spesies dan dikelompokkan menjadi empat kategori, meliputi: mamalia, aves, reptilia, serta pisces dengan 600 jenis ikan.

Untuk melihat 600 jenis ikan tersebut, sobat tiket dikenakan biaya tambahan sebesar Rp10.000*, karena akuarium di KBS memiliki interior nan atraktif. Terdapat pula papan-papan informasi, sehingga dapat menambah wawasan tentang satwa air ini.

3. Menonton Animal Edutainment

Pertunjukan hewan di KBS bernama Animal Edutainment. Pengunjung akan ditunjukkan bagaimana perilaku mereka sehari-hari. Ada burung makau, pelikan, pecuk padi hitam, beruang madu, dan berang-berang. Masing-masing memiliki keunikan, sehingga atraksi ini semakin menarik. Siapkan uang sebesar Rp10.000* ya untuk melihat!

4. Acara “Memancing” Buaya

Kebun Binatang Surabaya
Sumber: Shutterstock

Salah satu peraturan di KBS adalah melarang pengunjung untuk memberi makan hewan. Oleh karena itu, jangan lewatkan kesempatan feeding time bertajuk “memancing” buaya. Kamu akan dipandu oleh petugas berpengalaman saat melemparkan ayam berkail sampai reptilia ini menarik umpan tersebut.

5. Children Zoo

Kebun Binatang Surabaya
Sumber: Shutterstock

Children Zoo merupakan wahana khusus untuk anak-anak agar mereka lebih berani dalam berinteraksi dengan satwa secara langsung. Biasa dibuka ketika musim liburan, biaya tambahan untuk menikmati wahana ini sebesar Rp5.000*. Kalau ingin berfoto bersama koleksi KBS ini, pengelola menetapkan tarif Rp25.000*.

Takut berfoto bersama hewan di sini? Tenang saja, pengelola menyediakan stand khusus, lalu hasil jepretan akan direkayasa sedemikian rupa, sehingga tampak sedang menyentuh satwa secara langsung.

6. Aneka Wahana Permainan

Kebun Binatang Surabaya
Sumber: Shutterstock

Mengunjungi KBS memang paling seru bersama keluarga atau teman-teman, karena aneka wahana permainan di sini cukup beragam. Sebut saja sepeda air dan wisata perahu untuk menyusuri sungai di sekitar kandang-kandang hewan.

Tersedia pula outbound khusus anak-anak seperti flying fox dengan lintasan sepanjang 68 meter dan tinggi 10 meter. Saat musim libur tiba, kegiatan pemicu adrenalin lain adalah Tunggang Satwa. Kamu bisa menaiki gajah atau unta dengan biaya Rp5.000* sampai Rp10.000*.

7. Berjalan-jalan Santai

Pepohonan rindang di KBS mampu menciptakan suasana teduh sekaligus segar. Sangat cocok digunakan berjalan-jalan santai sambil merasakan embusan angin. Kunjungi juga jembatan pantau untuk melihat pemandangan dari atas.

Fasilitas di KBS

KBS diharapkan mampu menjadi tempat wisata favorit banyak pengunjung ketika ke Surabaya, sehingga pengelola memaksimalkan fasilitas, bukan hanya bersifat fungsional melainkan edukatif dan menghibur.

1. Perpustakaan

Segi edukatif dari KBS ditunjukkan pula melalui ketersediaan perpustakaan. Di sini pengunjung akan disuguhi buku sebanyak 1.500 dengan tema satwa serta pengetahuan umum. Desain interior pun dibuat semenarik mungkin, sehingga membuat anak-anak semakin betah.

2. Jalur Jogging

Jalur jogging di KBS sudah dibuka untuk pengunjung mulai pukul 05.00 WIB. Dengan lintasan sepanjang 1 km dan pepohonan rindang di kedua sisi, kegiatan olahraga ini pun semakin menyenangkan.

3. Arena Rekreasi

Selain outbound, arena rekreasi di KBS meliputi kolam renang, bom-bom car, dan bungee trampoline. Semakin memacu adrenalin, bukan?

Harga Tiket Masuk KBS dan Jam Operasional

Harga tiket masuk KBS sebesar Rp15.000* untuk dewasa maupun anak-anak. Wisata edukatif dan hiburan ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Tips Berkunjung ke KBS

Sebelum berangkat ke KBS, lebih baik sobat tiket mempersiapkan diri dengan menyimak tips berikut agar kegiatan bersenang-senang tidak terganggu.

Meski satwa di KBS sudah jinak, bukan berarti bisa berinteraksi secara sembarangan. Hal ini bisa saja menyebabkan mereka stres. Alih-alih berkunjung saat akhir pekan, lebih baik kamu berkunjung saat musim liburan, karena banyak atraksi menarik. Terakhir, unduhlah aplikasi Surabaya Zoo di ponsel kamu untuk berbagai informasi penting.

Apa Saja Wahana Edukatif dan Hiburan Lain di Surabaya?

Wahana edukatif dan hiburan di Surabaya cukup bervariasi. Kamu bisa mengunjungi Tugu Pahlawan untuk mengetahui sejarah perjuangan arek-arek Suroboyo (pemuda-pemuda Surabaya) dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Merencanakan kunjungan ke Surabaya? Untuk mempermudah kamu dalam memenuhi semua akomodasi mulai dari hotel, tiket kereta api, pesawat, sampai sewa mobil, gunakanlah aplikasi tiket.com. Dengan proses pemesanan yang mudah dan cepat, liburan kamu pasti makin asyik dengan tiket.com!

 

*harga saat artikel ini ditulis