,

Karimunjawa, Surga di Jepara versi Ransel

Karimunjawa merupakan wilayah kepulauan yang berada di Laut Jawa, dan merupakan Bagian dari Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Disinyalir, nama Karimunjawa muncul pertama kali pada saat Putra Sunan Muria yang juga murid Sunan Kudus, Syekh Amir Hasan yang dikenal berperangai nakal itu dibuang ke kepulauan tersebut. Jika dilihat dari Pulau Jawa, gugusan kepulauan tersebut terlihat “kremun-kremun” atau kabur, samar, tersapu kabut.

Karimunjawa menyajikan keindahan alam pantai dan laut. Pantai berpasir putih yang indah, terumbu karang berwarna-warni, aneka biota di laut tropis, dan spot-spot menarik untuk menyelam/snorkeling, membuat Karimunjawa menjadi tempat yang layak dikunjungi bagi para pecinta wisata bahari.

Dari Jakarta, Karimunjawa bisa ditempuh menggunakan berbagai moda transportasi. Anda bisa menggunakan transportasi kereta dari Stasiun Gambir atau Senen menuju ke Stasiun Tugu di Yogyakarta ataupun Poncol di Kota Semarang. Tujuan selanjutnya adalah Pelabuhan Kartini di Kota Jepara. Untuk mencapai Pelabuhan Kartini, Anda bisa memilih angkutan umum ataupun taksi.

Sesampainya di pelabuhan, Anda bisa memilih menggunakan kapal feri dengan lama perjalanan 5-6 jam ataupun kapal speedboat dengan waktu tempuh sekitar 2 jam menuju ke Kepulauan Karimunjawa. Anda perlu memperhatikan jadwal keberangkatan kapal, karena kapal beroperasi di hari dan jam tertentu saja.

Sesampainya di Karimunjawa, rasa lelah perjalanan terbayarkan oleh keindahan kepulauan ini. Anda bisa langsung mencari penginapan yang berupa homestay atau cottage, yang banyak terdapat di sini. Harganya pun bervariasi,  mulai dari Rp 200 ribu hingga Rp 5 juta per malam.

Hari pertama, lebih baik beristirahat untuk mengumpulkan tenaga yang akan dihabiskan keesokan harinya. Karena, Anda tidak akan rela kehilangan kesempatan untuk island hopping di kepulauan ini dan bisa menikmati keindahan alam laut dengan snorkeling atau menyelam. Pada dasarnya, semua perairan di wilayah kepualauan Karimunjawa adalah surga bagi pecinta keindahan bawah laut. Namun yang terkenal adalah spot di Perairan Pulau Cemara Besar, Pulau Menjangan Besar, Pulau Menjangan Kecil, Pulau Tengah, dan Pulau Cilik.

Di sini banyak terdapat penyewaan peralatan menyelam dan snorkeling. Bagi yang belum berpengalaman, jangan takut karena Anda akan dipandu dengan dilengkapi dengan peralatan penyelaman seperti pelampung.

Setelah puas bercengkerama dengan ikan-ikan berwarna-warni dan menikmati keindahan taman bawah laut, Anda bisa beristirahat sejenak di pulau-pulau kecil. Anda bisa menyantap makanan atau juga mengabadikan momen berkesan bersama teman-teman atau keluarga.

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi di sini adalah penangkaran hiu. Anda bisa melihat dari dekat pemangsa laut ini, mengambil foto, dan melihat bagaimana para hiu ini diberi pakan.

Nah, kalau Anda tertarik untuk berlibur ke Karimunjawa, berikut beberapa yang harus diperhatikan untuk berlibur ke Karimunjawa.

Pertama, tentukan tanggal yang tepat, perhatikan jadwal operasi kapal penyeberangan ke Kepulauan Karimunjawa. Jangan lupa untuk membeli tiket kapal sekaligus pulang-pergi.

Kedua, pilih penginapan yang sesuai dengan bujet. Anda bisa melakukan riset harga dan membandingkan penginapan ini dari informasi di internet.

Ketiga, tentukan jenis kapal yang akan dipakai untuk island hopping. Ada berbagai ukuran kapal yang bisa disewa, dengan harga sewa mulai dari Rp 300 ribu, tergantung ukuran dan jumlah pulau yang dikunjungi.

Keempat, jika Anda termasuk yang tidak bisa lepas dari gadget, bawalah, karena listrik di sana hanya ada dari jam 6 sore sampai jam 6 pagi.

Kelima, usahakan untuk menyediakan uang tunai, karena di sana hanya ada satu mesin ATM.

Mau lebih murah lagi? Manfaatkan Program Cicilan dari Tiket.com