,

Malang Series: Sehari di Jaman Purba Lewat Dino Park

Siapa yang tidak kenal dengan film Jurassic Park? Film yang menceritakan tentang keberadaan hewan purba Dinosaurus ini, memperlihatkan betapa menyeramkannya mereka. Banyak wahana bermain di negara menawarkan pengalaman seperti kembali ke jaman Dinosaurus, salah satunya Dino Park di Jatim Park 3. Seperti apa sih suasana di sana? Ayo intip!

Tentang Taman Hiburan Dino Park

Peta kawasan taman hiburan Dino Park

Bagi sobat tiket yang pernah ke Jatim Park, pasti sudah tidak asing kalau terdapat Jatim Park 1 hingga Jatim Park 3. Diresmikan pada 24 November 2017, kawasan wisata keluarga ini beralamat di Jalan Raya Insinyur Soekarno, Nomor 144, Beji, Kota Batu Jawa Timur. Semenjak saat itu, Dino Park menjadi taman hiburan yang ramai dikunjungi para wisatawan dalam dan luar kota Malang. 

Pengecekan tiket oleh petugas karcis di Dino Park

Harga tiket masuk Dino Park sebesar Rp75000* pada hari biasa dan Rp100.000* pada akhir pekan untuk satu orang. Tersedia juga pilihan paket tiket seharga Rp120.000 untuk tambahan masuk ke taman hiburan lain di area Jatim Park 3 seperti Fun Tech Plaza, The Legend Star Park, Museum Musik Dunia, The House of Zombie dan Infinite World. Ada banyak pilihan taman hiburan menarik lainnya di kawasan Jatim Park 3.

Melihat Menakjubkannya Fosil di Museum Dino

Tampak dalam Museum Dino dengan patung replika Dinosaurus

Sesaat setelah melewati pintu masuk, hal pertama yang akan sobat tiket temukan adalah area Kerangka Dino. Di sini kamu akan melihat berbagai patung spesies Dinosaurus berukuran besar yang tampak seperti nyata. Terdapat berbagai spesies yang berbeda mulai dari Triceratops hingga Tyranosaurus atau biasa dikenal dengan sebutan T-Rex.

Kerangka fosil dan informasi spesiesnya di Museum Dino

Masih dalam area yang sama, sobat tiket juga bisa melihat berbagai susunan fosil-fosil dinosaurus besar. Pada setiap replika yang ada, kamu akan menemukan papan informasi yang menjelaskan spesies dinosaurus beserta kehidupannya pada jaman dahulu. Banyak sekali pengetahuan yang bisa kamu temukan di sini mengenai asal usul para dinosaurus, lho!

Mengenal Zaman Dinosaurus di Wahana Jelajah 5 Zaman

Wahana menjelajah era Dinosaurus di Jelajah 5 Zaman

Selain Museum Dinosaurus, perjalanan kamu mengenal hewan-hewan purba ini berlanjut ke wahanan Jelajah 5 Zaman. Apa itu? Di sini, kamu akan menaiki sebuah kereta besar berkapasitas hingga 48 orang menjelajah zaman dinosaurus yang berbeda. Pengunjung akan diperlihatkan sebuah film singkat mengenai sejarah para hewan purba ini mulai dari awal hingga akhir kepunahannya. 

Patung T-Rex serta gerbang besar dengan tulisan zaman dinosaurus

Setelah itu, kereta baru akan mulai berjalan melewati 5 zaman dinosaurus yang berbeda mulai dari Permian, Triassic, Jurassic, Cretaceous hingga Ice Age. Para pengunjung akan melewati tiap zaman yang berbeda dan melihat spesies dinosaurus yang hidup pada era tersebut. Terdapat suara pemandu wahana yang menjelaskan informasi kepada para pengunjung selama perjalanan ini. 

Gerbang memasuki kawasan zaman es

Salah satu zaman yang menarik pada wahana ini adalah Zaman Ice Age atau yang biasa disebut dengan Jaman Es. Pada zaman ini, bumi memasuki musim dingin dalam jangka waktu panjang. Saat itu, hewan-hewan purba yang hidup mayoritas memiliki bulu tebal sebagai mekanisme tubuh untuk bertahan pada suhu dingin bumi. 

Patung hewan Mammoth dengan gading besarnya

Kamu akan menemukan berbagai spesies hewan berbulu tebal yang hidup pada zaman es sepanjang perjalanan. Mulai dari leluhur gajah yaitu Mammoth dengan gading besar dan bulu tebalnya hingga Sabertooth atau Harimau Bertaring Panjang. Suasana di zaman ini pun dihias dengan dinding batu es serta angin dingin yang berhembus ke pengunjung.

Melepas Lelah di Area Food Court

Area food court dino yang tersedia untuk pengunjung

Lelah berkeliling, kini saatnya kamu mengistirahatkan tenaga dan mengisi perutmu yang kosong. Tersedia area food court yang bisa didatangi oleh para pengunjung jika ingin berhentik sejenak mengelilingi Dino Park. Berbagai macam makanan dan minuman hingga kuliner khas Malang dijual di sini dengan harga yang cukup terjangkau. 

Suasana interior alam pada food court

Desain area yang diusung oleh area food court ini pun tak luput dari zaman purba. Fondasi bangunan tersusun oleh material kayu yang kokoh dan kuat. Meja makan serta kursi pun juga terbuat dari material kayu untuk menambah suasana unsur alam. Kedai-kedai yang ada juga dihiasi oleh hiasan batu-batu besar berwarna putih pada bagian depannya. 

Dinosaurus Bernuansa Timur Tengah di Dinotopia

Area Dinotopia dengan berbagai patung prajurit dan dinosaurus

Setelah selesai beristirahat, kini sobat tiket siap untuk melanjutkan kegiatan mengelilingi Dino Park. Area selanjutnya yang bisa kamu temukan tidak jauh dari food court adalah Dinotopia. Di sini kamu akan menemukan berbagai patung dinosaurus dengan nuansa ala Kerajaan Timur Tengah. Terdapat sebuah istana besar dengan pilar-pilar tinggi nya yang mengelilingi area serta para patung prajurit dengan dinosaurus. 

Air mancur dengan patung singa emas

Selangkah tidak jauh, sobat tiket juga akan menemukan sebuah area air mancur cantik di sini. Terdapat beberapa bangunan ala timur tengah dan beberapa rumput-rumput cantik yang menambah indah suasana di area ini. Pada bagian air mancur, terdapat patung singa berwarna emas yang mengeluarkan air ke dalam sebuah kuali emas. 

Spot foto keren untuk para pengunjung

Banyak spot-spot instagramable yang bisa kamu temukan untuk foto-foto. Salah satunya adalah spot dinosaurus dan meja catur. Kamu bisa foto seolah-olah sedang bermain catur bersama dengan seekor dinosaurus. Sungguh unik bukan, sobat tiket?

Mencoba Wahana Menarik Serba Dinosaurus

Pengunjung tengah asyik bermain Dino Cart

Tidak lengkap rasanya jika sudah mengunjungi sebuah taman hiburan kemudian tidak bermain wahana permainan yang ada. Pada Dino Park, terdapat beragam permainan asyik yang bisa dilakukan bersama keluarga. Mulai dari Dino Cart, yaitu permainan bumper car dengan mural dinosaurus pada setiap mobilnya.

Istana boneka lucu dengan tema dinosaurus

Bagi sobat tiket yang ingin bersantai, kamu bisa mencoba wahana Istana Boneka Family Fun Rides. Di sini kamu akan menaiki sebuah kereta jalan berkapasitas penumpang hingga 6 orang. Sepanjang permainan, kamu akan melihat berbagai pajangan boneka dinosaurus dengan tema yang berbeda-beda. Ditemani dengan sepoinya angin dari pendingin ruangan, kamu bisa santai sejenak di sini.

Wahana memacu adrenalin untuk pengunjung

Jika menginginkan wahana yang memacu adrenalin, maka kamu harus mengunjungi Dino Action Naga Cloning. Pada wahana ini kamu kembali akan menaiki sebuah kereta untuk mengelilingi area patung dinosaurus dengan berbagai tema. Berbeda dengan sebelumnya, tema-tema yang ada cukup menyeramkan seakan-akan dinosaurus mengambil alih dunia manusia.

 

Kereta turun dengan cepat menuju kolam besar

Setelah mengelilingi wahana, kamu akan menemukan sebuah tanjakan yang cukup terjal diiringi dengan suara lampu sirine yang mendebarkan jantung. Sesaat setelah sampai di atas, kereta yang kamu naiki akan perlahan-lahan melaju cepat menuruni trek kereta menuju sebuah kolam besar. Begitu turun, guyuran air deras akan menghampiri dan membuat bajumu sedikit basah. Asyik, bukan?

Berburu Oleh-oleh Serba Dinosaurus

Tersedia beragam oleh-oleh serba dinosaurus

Tidak terasa kamu telah banyak mengelilingi berbagai area di Dino Park, sobat tiket! Ketika kamu menuju pintu keluar, terdapat pusat oleh-oleh yang menawarkan berbagai jenis cindera mata. Mulai dari pakaian bergambar dinosaurus, boneka, hingga berbagai camilan khas Malang yang tentunya cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk kerabat di rumah.

Ayo Main ke Dino Park!

Seru bukan menjelajah dunia purba di Dino Park? Kamu bisa bermain sambil belajar dan merasakan bagaimana zaman ketika Dinosaurus menguasai kehidupan di bumi ini. Selain Dino Park, ada museum lain yang bisa membuatmu merasakan pengalaman keliling dunia dalam sehari yaitu Museum Angkut.

Mau pesan tiket pesawat ke Malang? Pakai aplikasi tiket.com saja! Kamu bisa menemukan berbagai maskapai dan promo-promo menarik untuk liburanmu. Jadi, ayo pergi liburan sekarang, sobat tiket!

*harga saat artikel ditulis