,

Malang Series: Keliling Dunia dalam 1 Hari di Museum Angkut

Pernahkah sobat tiket menonton film berjudul Around The World in 80 Days? Dalam film itu bercerita dua tokoh utama yang melakukan perjalanan mengelilingi dunia selama 80 hari menggunakan balon udara. Tapi bagaimana ceritanya kalau kamu bisa melakukan hal ini hanya dalam sehari? Penasaran, kan? Baca terus ya!

Tempat Wisata Museum Angkut

Objek wisata satu ini seketika menjadi idola bagi masyarakat dari dalam dan luar kota Malang. Bagaimana tidak? Kamu bisa melihat banyak sekali koleksi kendaraan dari berbagai era di tempat yang memiliki luas hingga 3,8 hektar. Tidak heran, tempat ini mendapat gelar sebagai museum transportasi terbesar pertama di Asia. 

Terletak di Kota Batu, Jawa Timur, sobat tiket akan menempuh kurang lebih sekitar 20 km dari pusat kota Malang. Supaya tidak pusing mencari transportasi umum, ada baiknya kamu menggunakan fasilitas sewa mobil untuk memudahkan perjalanan. Museum Angkut ini diresmikan pada 9 Maret 2014 dan dikelola oleh Jawa Timur Park Group.

Harga tiket masuk yang ditawarkan di museum ini seharga 70 ribu rupiah pada hari biasa (Senin-Jumat) dan 100 ribu rupiah pada akhir pekan (Sabtu-Minggu). Bagi pengunjung anak-anak yang memiliki tinggi di bawah 85 cm tidak akan dikenakan biaya tiket masuk. Perlu diperhatikan, bagi sobat tiket yang membawa kamera sendiri akan dikenakan biaya tambahan senilai 30 ribu rupiah per orangnya.

Melihat Berbagai Kendaraan Klasik

Koleksi kendaraan antik Indonesia

Sesaat setelah sobat tiket masuk, kamu akan disambut dengan banyaknya kendaraan klasik berjejer di depan mata. Terdapat berbagai jenis kendaraan klasik yang bisa dilihat di area ini. Salah satunya adalah model mobil dan helikopter yang digunakan oleh Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Wah keren banget ya?

Papan informasi sejarah mobil era Presiden Ir.Soekarno

Selain itu, di sini juga tersedia penjelasan pada setiap kendaraan klasik yang diperlihatkan di Museum Angkut. Jadi, para pengunjung bisa jalan-jalan sambil menambah pengetahuan mengenai sejarah dari sebuah kendaraan. Museum ini cocok bagi sobat tiket yang ingin mengajak keluarga untuk liburan sambil belajar bersama anak-anak.

Area kendaraan khusus produsen otomotif Ford

Ada satu area yang menarik di sini bernama Ford Corner. Pasti kamu sudah mengenal dong dengan produsen otomotif kenamaan asal Amerika Serikat ini? Bagi sobat tiket yang gemar dengan otomotif, kamu bisa melihat koleksi kendaraan klasik produksi Ford dari tahun ke tahun. Selain itu, sobat tiket juga akan menemukan miniatur mobil yang ditaruh dalam sebuah lemari kaca besar. Menarik, kan? 

Mencoba Menjadi Pembalap Formula 1

Area menarik Formula 1 di Museum Angkut

Setelah melewati koleksi kendaraan antik, kamu akan melanjutkan perjalanan naik ke lantai dua menuju area formula 1. Siapa yang tidak kenal olahraga balap mobil cepat yang satu ini? Beberapa pembalap profesional seperti Michael Schumacher, Jim Clark, Jackie Stewart, berpacu mengendarai mobil super cepat pada olahraga balap mobil ini. 

Permainan video game simulator Formula 1

Bagi sobat tiket yang ingin merasakan seperti pembalap formula 1, tersedia permainan virtual yang bisa dicoba. Kamu akan memegang kendali setir, gas serta rem layaknya mengendarai mobil formula one yang sesungguhnya. Karena mengasyikkan, jangan kaget jika sobat tiket akan melihat antrian terutama anak-anak di sini ya!

Tempat penyewasaan kostum ala pembalap Formula 1

Nah, ada lagi cara untuk pengunjung yang ingin merasakan pengalaman seperti pembalap formula 1. Di sini, tersedia kaos ala pembalap formula 1 yang disewakan untuk pengunjung. Terdapat berbagai macam ukuran untuk orang dewasa dan anak kecil, sobat tiket hanya perlu membayar sebesar 20 ribu rupiah. 

Serasa di Kawasan Pecinan dan Jakarta Tempo Dulu

Area pecinan dan Jakarta tempo dulu

Selesai melihat berbagai koleksi kendaraan, perjalanan keliling dunia sobat tiket pun dimulai. Kawasan pertama yang akan kamu kunjungi adalah area pecinan dan Jakarta tempo dulu. Hiasan lampion serta deretan arsitektur rumah bergaya khas Negeri Tiongkok, membawa kamu bagaikan berada di Cina. 

Dominasi bangunan berwarna merah

Warna merah mendominasi setiap bangunan yang ada di area pecinan ini. Lengkap dengan tulisan mandarin dan berbagai peralatan berbahan logam, setiap detil yang ada disusun secara apik. Karena cocok menjadi latar foto, maka tidak heran kamu akan melihat banyak pengunjung yang asyik berfoto-foto. 

Sisi bangunan Jakarta tempo dulu
Kedai jajanan dengan desain khas Betawi

Saling berhadapan dengan rumah pecinan, kamu akan melihat berbagai bangunan dengan gaya Jakarta tempo dulu. Kental dengan budaya betawi dengan adanya delman, spanduk bertuliskan bahasa betawi serta transportasi bemo. Jika ingin membeli cemilan khas seperti kerak telor, di sini tersedia kafe yang didesain tradisional layaknya rumah betawi.

Suasana ala Mafia di Gangster Town

Area bernuansa mafia di Museum Angkut

Perjalanan kamu mengelilingi dunia belum berakhir nih, sobat tiket! Sekarang kamu akan memasuki kawasan Gangster Town. Di sini kamu akan merasakan suasana layaknya di film-film mafia contohnya The Godfather. Mayoritas bangunan di sini memiliki desain yang seolah-seolah tersusun dari tumpukan batu. Tidak lupa, ada juga mobil antik hingga mobil polisi yang siap mengangkut para mafia. 

Asyik merias diri berpenampilan ala Mafia

Mau berpenampilan layaknya mafia dan foto-foto keren di area ini? Oh tentu bisa dong, sobat tiket! Kamu akan menemukan sebuah barbershop yang menawarkan potongan rambut ala mafia-mafia Amerika lho! Tidak hanya itu, terdapat juga penyewaan kostum ala gangster yang akan membuat penampilan kamu semakin keren. Setelan jas lengkap dengan topi nya akan membuat foto sobat tiket semakin terlihat tangguh dan gagah!

Indahnya Menyusuri Area Benua Eropa

1. Area Italia

Area Italia yang indah

Selesai dengan area Gangster Town, kini perjalanan kamu menuju benua Eropa akan dimulai. Negara pertama yang akan sobat tiket kunjungi adalah Italia. Terkenal memiliki kuliner khas mendunianya seperti pizza hingga spaghetti, masuk ke area ini kamu akan disambut dengan lagu-lagu berbahasa Italia. 

Replika hiasan rumah ala negeri Italia

Bangunan yang bisa kamu lihat di sini memiliki warna tembok yang cerah serta hiasan tanaman gantung di dinding. Selain itu, tidak lupa kamu akan menemukan mobil-mobil keren yang diproduksi oleh pabrik otomotif asal Italia seperti Ferrari hingga Alfa Romeo. Jangan lupa untuk mengambil foto di depan dinding mural besar yang menggambarkan suasana kota Italia. 

2. Area Perancis

Replika Menara Eiffel di area Perancis

Siapa yang tidak kenal dengan negara yang satu ini? Memiliki menara tinggi yang masuk ke dalam salah satu tujuh keajaiban dunia dan diidentikkan dengan negeri cinta. Ya benar sekali, Perancis! Pada area ini, sobat tiket akan memasuki area yang di desain layaknya kota Paris. Terdapat mural yang menggambarkan sudut-sudut kota, bunga-bunga indah di toko bunga, hingga deretan lukisan artistik menghiasi. 

Kafe kecil mirip seperti di Paris

Selain foto-foto, kamu bisa mendatangi Café de Paris yang menawarkan berbagai kuliner ala Perancis ini. Salah satu makanan yang bisa sobat tiket beli sambal jalan-jalan di sini dengan leluasa adalah croissant atau roti renyah khas Perancis. Sambil duduk di kafe menikmati makanan manis dan minum kopi, bisa membuat kamu serasa di kota Paris yang sesungguhnya.

3. Area Jerman

Mural monumen peristiwa runtuhnya Tembok Berlin

Puas merasakan suasana indah di Paris, kini negara selanjutnya yang akan kamu kunjungi adalah Jerman. Tahukah sobat tiket dengan peristiwa runtuhnya Tembok Berlin? Ya, peristiwa bersejarah yang menggabungkan negara Jerman Barat dan Jerman timur ini merupakan salah satu momen penting dalam sejarah dunia. Hal ini pun bisa sobat tiket lihat ketika melalui replika Tembok Jerman yang ada di sini. 

Kafe berkonsep negara Jerman

Sama seperti area-area sebelumnya, di sini juga tersedia kafe yang menawarkan suasana khas dari negara-negara di Eropa. Jerman terkenal dengan minuman alkohol khasnya yaitu, Bir. Bahkan ada festival bir yang selalu dilakukan setiap bulan Oktober oleh masyarakat Jerman biasa dikenal dengan Oktoberfest. 

4. Area Britania Raya

Mural bergambarkan semua serba Britania Raya

Negara Eropa terakhir yang akan sobat tiket lalui di Museum Angkut ini adalah Inggris yang memiliki ibukota di London. Terkenal sebagai salah satu negara yang memiliki beragam etnis masyarakat dan budaya pop yang mendunia, tidak heran Inggris menjadi destinasi favorit untuk liburan para turis dari seluruh dunia. Tidak usah khawatir, kamu bisa merasakan sedikit suasana kota London di Museum Angkut ini kok!

Megahnya Istana Kerajaan Britania Raya

Selain suasana kota London, kamu juga bisa menikmati kemegahan bangunan Istana Kerajaan Britania Raya yaitu Buckingham Palace. Replika istana putih besar di sini bisa membuat para pengunjung merasakan layaknya masuk ke dalam kompleks kerajaan indah. Terdapat air mancur dengan patung emas menghiasi di bagian tengah istana. Kamu bisa juga berfoto di sekitar taman yang dipenuhi bunga cantik serta kereta kuda putih yang menambah cantik suasana di sini. 

Punya Rencana Datang Ke Sini?

Bagaimana? Puas bukan keliling dunia lewat Museum Angkut? Masih banyak area yang bisa kamu temukan ketika datang ke sini, sobat tiket! Masih banyak beberapa museum di Indonesia yang tidak kalah kerennya untuk kamu kunjungi seperti menyelami Museum Kata Andrea Hirata di Bangka Belitung. Nah tunggu apalagi? Ayo rencanakan liburanmu sekarang ya!