,

Jalan-jalan ke Kota Pahlawan ala Ransel

Surabaya punya cerita besar untuk Indonesia. Arek-arek Suroboyo dengan gagah berani membela kemerdekaan Indonesia. Salah satu peristiwa terkenal adalah penyobekan bendera Belanda dari merah-putih-biru menjadi merah putih di Hotel Yamato, atau yang sekarang bernama Hotel Majapahit.

Semangat arek Suroboyo yang membara ini membakar jiwa bela negara di daerah lain di Indonesia. Tak heran, Surabaya dijuluki sebagai Kota Pahlawan.

Di Surabaya kini berdiri megah sebuah monumen yang dinamakan Tugu Pahlawan, untuk mengenang para pejuang yang gugur membela Tanah Airnya. Hotel Yamato atau juga pada zaman Hindia Belanda disebut Hotel Oranje yang menjadi saksi sejarah perjuangan melawan penjajah juga masih berdiri tegak.

Tiang Bendera yang menjadi pusat peristiwa heroik perobekan bendera Belanda masih tegak berdiri di atap hotel. Kamar No. 33 yang menjadi markas Sekutu pada saat itu juga masih dipertahankan. Selain itu, foto-foto Surabaya masa itu juga menambah daya tarik hotel yang menjadi cagar budaya ini.

Itu hanya satu daya tarik Kota Pahlawan. Masih banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi di Surabaya. Dengan perhitungan yang tepat, jalan-jalan ke Surabaya tidak perlu mahal, kok!

Dari Jakarta, transportasi yang paling pas, ya naik kereta api ekonomi Stasiun Pasar Senen-Stasiun Turi, yang memakan waktu sekitar 15 jam. Yang paling murah, naik Kereta Api Kertajaya kelas Ekonomi seharga Rp 50.000. Kalau mau sedikit nyaman, bisa naik Kereta Api Gumarang kelas Ekonomi seharga Rp 300.000. Tips: cari keberangkatan pada siang hari, supaya bisa sampai Surabaya esok paginya.

Di sekitar situ, ada beberapa hotel yang terjangkau. Salah satunya adalah Andalus Hotel Surabaya yang berjarak sekitar 10 menit dari Stasiun Pasar Turi. Harga kamarnya mulai dari Rp 141.000 per malam. Anda bisa beristirahat sejenak sebelum lanjut menjelajah Surabaya.

Untuk urusan transportasi, ada satu alternatif hemat, yaitu sewa motor. Ada satu perusahaan penyedia layanan sewa motor, yaitu Route 031 Motorcycle Rent yang menyewakan motor dengan harga sewa Rp 75.000 per 24 jam untuk pemakaian dalam kota, termasuk dua helm dan jas hujan.

Masalah perut, jangan khawatir, di Surabaya banyak penjaja kuliner murah meriah tersebar di mana-mana. Dengan makanan seharga mulai dari Rp 10.000 termasuk minum, sudah kenyang.

Beberapa tempat wisata populer di Surabaya, seperti jembatan Suramadu, Monumen Kapal Selam, Masjid Cheng Hoo yang bergaya perpaduan arsitektur Arab, China, Jawa, dan Belanda, Makam Sunan Ampel, Kota Tua Surabaya dengan Surabaya Heritage Track-nya, dan juga bersantai di sekitaran Tugu Pahlawan.

Menjelang malam, Taman Bungkul menjadi destinasi yang tepat. Banyak komunitas yang meramaikan taman tersebut. Beberapa penjual jajanan juga alternatif jitu mengisi perut.

Untuk belanja, tinggal datang ke Pasar Turi. Di sana, Anda bisa belanja mulai dari kebutuhan sehari-hari sampai cinderamata untuk oleh-oleh. Berbagai makanan, produk fesyen, dan banyak lagi. Saran, tentukan dulu apa yang ingin dibeli dan bujet belanja, jangan sampai uang terkuras karena gelap mata.