Green Hotel

,

Apa Itu Green Hotel? Ayo, Cari Tahu dan Kenali Cirinya di Sini!

Green Hotel – Sobat tiket sudah pernah dengan belum soal Green Hotel atau hotel eco friendly? Kalau belum, tiket.com akan membahas mengenai green hotel yang ternyata memiliki dampak bagus untuk lingkungan lho.

Menggunakan konsep go green memang sangat diperlukan oleh bumi yang semakin tua dan mulai banyak mengalami kerusakan. Oleh karena itu, mulai banyak bidang yang menerapkan konsep go green untuk melestarikan lingkungan. Salah satunya adalah green hotel yang akan kita bahas ini nih, sobat tiket.

Di Indonesia sendiri, sudah terdapat beberapa hotel yang memiliki sertifikasi green hotel lho. Nah, kalau kamu masih belum paham seperti apa hotel eco friendly itu, kenali beberapa cirinya ini ya, sobat tiket!

Kenali Ciri Green Hotel, Hotel dengan Konsep Eco Friendly

Sobat tiket yang masih belum familiar dengan nama green hotel ini, maka penting untuk mengetahui beberapa ciri nya nih. Berikut ini 5 dari 12 ciri hotel hijau berdasarkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

1. Bahan Baku dan Produk Ramah Lingkungan

Konsep go green atau eco friendly memang tidak terlepas dari penggunaan bahan baku atau produk yang ramah lingkungan. Dalam hal hotel hijau ini, penggunaan produk ramah lingkungan bisa dimulai dari perlengkapan seperti furniture yang terbuat dari kayu daur ulang, ataupun bahan-bahan yang tidak akan meninggalkan limbah.

Selain itu, bahan seperti perlengkapan mandi berupa sabun, shampoo, hingga handuk yang menganduk dari material go green.

2. Bebas dari Asap Rokok

Hotel yang mendapatkan sertifikasi green hotel adalah hotel yang sama sekali tidak ada asap rokok lho, sobat tiket. Selain membuat pengalaman jadi lebih nyaman, tentu terasa sehat dan asri kan, apabila kamu memilih hotel ini sebagai akomodasi penginapan kamu.

Green Hotel - Bebas Asap Rokok

Hal ini dikarenakan rokok merupakan termasuk dalam limbah karbon. Jadi, siap-siap kamu akan menerima teguran ya, sobat tiket, apabila merokok di area hotel.

3. Menggunakan Lampu Hemat Energi

Lampu penerangan memang menjadi aspek penting dari sebuah hotel. Namun, hotel yang termasuk dalam eco friendly adalah hotel yang mengusung hemat energi. Agar bisa mengimbanginya, maka menggunakan lampu LED adalah cara terbaik untuk tetap bisa memberikan penerangan yang dibutuhkan dan tetap hemat energi.

Bahkan, tidak hanya soal lampu saja lho, sobat tiket. Untuk beberapa hotel, ada yang menerapkan penggunaan AC yang bisa mengatur suhu ruangan secara otomatis. Dimana saat ruangan kosong, maka AC tersebut akan mati secara otomatis.

4. Sistem Pengelolaan Air yang Baik

Sistem pengelolaan air tidak hanya berupa hemat dalam penggunaannya saja lho, sobat tiket. Namun juga bisa dilihat dari pengolahan limbah air yang baik, seperti recycle. Jadi, limbah air tersebut tidak mencemari lingkungan sekitar.

Bahkan, St. Regis Bali Resort menjadikan air laut yang bisa dikonsumsi untuk sehari-hari lho. Pemanfaatan dan pengolahan air yang baik ini menjadikannya sebagai hotel yang bersertifikasi Green Hotel.

5. Pengendalian Polusi Suara

Selain memiliki aliran udara yang baik, pengendalian polusi suara menjadi salah satu ciri dari hotel hijau lho, sobat tiket. Jadi, hotel-hotel ini memiliki lokasi yang sangat baik dan jauh dari kebisingan yang mungkin akan mengganggu tamu yang menginap.

Jadi, saat kamu menginap di hotel dengan konsep hotel hijau, sudah dipastikan kamu tidak akan terganggu deh dengan kebisingan atau polusi suara. Cocok kalau sobat tiket ingin staycation dan jauh dari keramaian.

Nginep Nyaman, Pesan Hotel di tiket.com

Di era yang serba canggih, tentu apapun terasa lebih mudah. Termasuk saat kamu ingin memesan kamar hotel yang kamu butuhkan. Dengan instal aplikasi tiket.com di smartphone kamu, maka pesan kamar hotel di tiket.com bisa kamu lakukan kapanpun dan dimanapun. Butuh referensi hotel yang nyaman? Kenali dulu klasifikasi hotel berdasarkan bintang ini ya, sobat tiket.