Etika Menggunakan di Toilet Pesawat

, ,

Etika Menggunakan di Toilet Pesawat

Pergi beratus-ratus bahkan ribuan kilo jauhnya menggunakan pesawat tentunya membuat Anda tidak akan lepas dari rutinitas menggunakan toilet. Berbagi toilet di pesawat dengan puluhan atau ratusan penumpang lainnya tentu butuh etika. Apa saja etika yang wajib Anda ketahui saat berbagi toilet dengan penumpang pesawat lainnya, berikut ini daftarnya.

  1. Jangan sampai lupa mengunci pintu

Sepele namun ternyata banyak yang lupa untuk mengunci pintu toilet pesawat. Hal ini bisa terjadi karena jenis pintu yang berbeda dari pintu toilet kebanyakan. Pintu toilet pesawat akan tertutup rapat sekali Anda sudah menutupnya, tapi itu tidak terkunci. Salah satu indikator yang bisa jadi acuan Anda jika pintu toilet sudah terkunci atau belum dengan meihat apakah lampu toilet sudah menyala.

  1. Waktu yang dilarang

Menggunakan toilet bandara jauh lebih nyaman jika dibandingkan dengan toilet pesawat. Namun jika Anda terpaksa menggunakan toilet selama di pesawat, pastikan masuk pada saat yang tepat. Saat lepas landas dan mendarat adalah waktu larangan untuk ke toilet. Jadi, hindari pergi ke toilet menjelang dua waktu tersebut.

  1. Jangan berdandan di toilet

Tidak ingin mendapatkan tatapan sinis dari penumpang lainnya karena terlalu lama berada di dalam toilet? Jangan berdandan di toilet. Jumlah toilet yang tidak sebanding dengan jumlah penumpang adalah alasan yang melarang Anda untuk lama-lama berdandan di toilet. Jika ingin berdandn atau menyisir dan sejenisnya, lakukan saja di kursi Anda.

  1. Tenang saat mengantre

Satu jam setelah waktu makan, adalah waktu di mana toilet menjadi salah satu tempat favorit. Secara serempak banyak penumpang yang ingin menggunakan toilet. Tidak heran jika Anda harus mengantre saat ingin menggunakan. Sabar adalah kunci untuk membuat Anda dan penumpang lainnya merasa nyaman saat mengantre.

  1. Jaga kebersihan toilet

Tidak ingin menggunakan toilet pesawat yang kotor? Sebelum meminta orang lain menjaga kebersihan toilet pesawat, pastikan terlebih dahulu Anda telah melakukannya dengan baik. Pastikan Anda sudah memencet tombol flush sebelum keluar. Pastikan juga Anda sudah membuang semua tisu di tempat sampah. Tidak ingin dicap jorok oleh penumpang lainnya kan.

Itulah beberapa etika yang bisa Anda perhatikan saat menggunakan toilet di pesawat. Selamat berlibur.