Cungkring Khas Bogor

,

Cungkring Khas Bogor, Menu Sarapan yang Melegenda

Cungkring Khas Bogor – Ayo, Sobat Tiket, apa nih pertama kali yang terlintas ketika mendengar nama Bogor? Istana Negara dengan kumpulan kijang dan kancil di dalamnya, atau kerumunan commuters di pagi hari yang hendak berangkat kerja ke Jakarta?

Sebagai salah satu kota satelit di pinggir Kota Jakarta, Bogor memang punya banyak cerita dan sepertinya masih menjadi tempat tinggal yang cukup ideal bagi kebanyakan orang. Apalagi, selain punya tempat wisata yang oke, Bogor juga punya banyak lokasi untuk wisata kuliner, setuju kan Sobat Tiket? Mulai dari menu sarapan kaki lima, fancy dinner, hingga kuliner khas Bogor sebagai oleh-oleh ini bisa kamu temui di berbagai lokasi dari kota ini.

Ngomongin soal kuliner khas Bogor, kota ini juga punya kuliner khas yang cocok banget untuk dijadikan menu sarapan, lho. Namanya adalah cungkring, sebuah kuliner sarapan yang kabarnya cukup melegenda di Kota Bogor. Kira-kira apa sih cungkring khas Bogor itu? Kenapa bisa sampai begitu terkenalnya ya?

Cungkring Khas Bogor yang Melegenda

Kuliner Olahan Kaki Sapi yang Legendaris

Kalau kamu hendak pergi liburan ke Kota Bogor, entah dengan melakukan sewa mobil dari Jakarta atau menggunakan kereta api, rasanya kuliner satu ini patut untuk dicoba deh, Sobat Tiket. Pada dasarnya, cungkring khas Bogor adalah kuliner berbumbu kacang yang dibuat dari bahan-bahan olahan dari kaki sapi. Seperti olahan kikil, damrat, kulit, hingga urat sapi. Di antara keempat bahan tersebut, urat sapi menjadi pilihan yang paling disukai dalam olahan kuliner cungkring khas Bogor ini. Alasannya sih karena tekstur dari urat sapi yang lebih mirip dengan daging sapi. Cungkring khas Bogor ini disajikan dengan lontong, bumbu kacang, bumbu kuning sejenis kunyit, dan juga cabai lho, Sobat Tiket.

Cungkring Bogor
Sumber

Kuliner cungkring khas Bogor sendiri memang sudah dikenal oleh masyarakat Bogor sejak 41 tahun lalu. Kala itu, Cungkring Pak Jumat adalah salah satu pedagang cungkring yang paling terkenal di kalangan masyarakat Bogor. Namun sayangnya, saat ini Cungkring Pak Jumat sudah cukup jarang untuk ditemui. Meskipun cukup jarang ditemui, kamu masih bisa menemukan kuliner cungkring Pak Jumat ini melalui Kang Deden yang berjualan di sekitar Jalan Suryakencana, tepatnya di dekat perempatan Gang Aut, di kawasan puncak kok, Sobat Tiket.

Cungkring yang Asli Itu Enggak Ditusuk Seperti Sate

Seiring berkembangnya jaman, interpretasi akan makanan cungkring khas Bogor pun semakin bervariasi nih, Sobat Tiket. Kini, kamu bisa menemui beberapa variasi cungkring. Beberapa warung sate sapi di Bogor pun banyak yang menyajikan sate kulit sapi dengan nama cungkring. Meskipun menurut Kang Deden, hal itu kurang tepat karena sejak dulu, yang namanya cungkring itu ya tidak ditusuk seperti sate.

Cungkring Bogor Pak Jumat
Sumber: KOMPAS.com / Muhammad Irzal Adiakurnia

Nah, Sobat Tiket, gimana nih? Kira-kira kamu berminat untuk mencicipi kuliner legendaris khas Kota Bogor ini nggak? Untuk semua kelezatan ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 15 ribu aja, loh. Murah banget kan? Dan satu lagi, cungkring Kang Deden ini hanya ada sejak pukul 07.00-08.30 pagi. Memang waktu yang tepat untuk sarapan deh, Sobat Tiket.

Baca juga artikel makanan halal di Bali yang bisa kamu cicipi saat berkunjung ke sana.

Jalan-jalan ke Bogor naik Kereta Api? Jangan lupa pesan tiket kereta api online di tiket.com ya!

Mau ke mana? Ke mana pun, tiket.com aja!