,

Mengintip Meriahnya Perayaan Imlek Langsung dari China

Dalam jutaan orang Tionghoa yang ada di dunia ini, ternyata yang mengetahui sejarah dan asal usul Tahun Baru Imlek memang tidak banyak. Biasanya mereka hanya merayakannya dari tahun ke tahun bila kalender penanggalan Imlek telah menunjukan tanggal satu bulan satu. Jenis dan cara merayakannya pun bisa berbeda dari satu suku dengan yang lain.

Hal ini dikarenakan luasnya daratan Tiongkok dengan beraneka ragamnya kondisi alam, lingkungan baik secara geografis maupun demografis, belum lagi secara etnis. Ada yang dimulai dengan sembahyang kepada Thian dan para Dewa, serta leluhur, ada pula yang dimulai dengan makan ronde, maupun kebiasaan-kebiasaan lain sebelum saling berkunjung antar sanak saudara sambil tidak lupa membagi-bagi “Ang Pau” untuk anak-anak, yang tentu saja menerimanya dengan penuh kegembiraan.

Sebenarnya penanggalan Tionghoa dipengaruhi oleh 2 system kalender, yaitu sistem Gregorian dan sistem Bulan-Matahari, dimana satu tahun terbagi rata menjadi 12 bulan sehingga tiap bulannya terdiri dari 29 ½ hari. Penanggalan ini masih dilengkapi dengan pembagian 24 musim yang amat erat hubungannya dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada alam, sehingga pembagian musim ini terbukti amat berguna bagi pertanian dalam menentukan saat tanam maupun saat panen.

Dalam penanggalan Tionghoa juga dikenal istilah Tian Gan dan Di Zhi yang merupakan cara unik dalam membagi tahun-tahun dalam hitungan siklus 60 tahunan. Masih ada lagi hitungan siklus 12 tahunan, yang kita kenal dengan “Shio”, yaitu Tikus, Sapi, Macan, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing, Babi.

Kesimpulannya, penanggalan Tionghoa tidak hanya mengikuti satu sistem saja, tetapi juga ada beberapa unsur yang mempengaruhi, yaitu musim, 5 unsur, angka langit, shio, dll. Walaupun demikian, semua perhitungan hari ini dapat terangkum dengan baik menjadi satu sistem “Penanggalan Tionghoa” yang baik, lengkap dan harmonis bahkan hampir bisa dikatakan sempurna karena sudah mencakup “Koreksi” -nya juga, sebagai contoh adalah “Lun Gwe”, merupakan bulan untuk mengkoreksi setelah satu periode tertentu.

Perayaan Tahun Baru Imlek merupakan sebuah perayaan besar bagi masyarakat Tionghoa. Menggantung lentera merah, membunyikan petasan dan menyembunyikan sapu adalah salah satu keunikan dari perayaan ini. Disamping itu, masyarakat Tionghoa juga akan mulai menempel gambar Dewa Penjaga Pintu pada hari-hari perayaan ini.

Mengintip Meriahnya Perayaan Imlek Langsung dari China

BEIJING – Namanya saja Tahun Baru China. Sudah pasti, Negeri Tirai Bambu ini paling ramai merayakannya. Seperti apa kehebohannya?
Lebih dari semiliar orang China merayakan Tahun Baru atau Festival Musim Semi yang akan berlangsung selama dua pekan, dengan puncak terjadi pada bulan purnama pertama di hari ke-15.

Hamparan warna merah dan emas di banyak ornamen siap menyambut keceriaan di tahun kuda kayu ini. Tentu dengan berbagai harapan dan doa yang dipanjatkan. Berikut gambaran suasana imlek di China dan Hong Kong.

Kembang api di Hong Kong

image

Di daerah istimewa China ini, anggota keluarga yang biasanya terpisah jauh karena tuntutan pekerjaan, menggunakan kesempatan imlek untuk kembali berkumpul dan bersantai. Kembang api meramaikan suasana dengan suara yang terdengar bersahutan dari segala penjuru. ICC, gedung tertinggi di Hong Kong, biasanya akan menggelar pesta kembang api pukul 20.00 waktu setempat. Sementara Gray Line Tours menawarkan pesiar kembang api.

Jika kebetulan Anda sedang berada di kota ini, maka malam hari nya pukul 20.00 waktu setempat akan digelar Cathay Pacific International Chinese New Year Night Parade di Tsim Sha Tsui, Kowloon.

Bazar di beberapa kuil di Beijing

image

Kuil-kuil dan taman di Beijing akan dibuka saat Festival Musim Semi. Berbagai acara sosial yang menyenangkan sekaligus bermakna spiritual akan digelar. Misalnya Kuil Dongyue. Kuil yang telah ada sejak jaman Dinasti Yuan ini, akan ‘berpesta’ selama lima hari. Kegembiraan karnaval juga akan terlihat di Ditan Park Temple Fair, yang akan dibuka untuk umum. Namun, untuk menikmatinya, pengunjung akan dikenakan biaya masuk.

 Festival Salju dan Es di Harbin

image

Kota yang terletak di China Utara ini memanfaatkan cuaca dingin untuk meramaikan Tahun Baru. Mereka membekukan air dalam ember untuk membuat lampion es.

Tradisi mengukir es ini disebut-sebut berasal dari para nelayan ratusan tahun silam. Kini, orang China kian kreatif. Berbagai bentuk pahatan es terlihat berdiri megah. Mulai dari tiruan Menara Eiffel hingga Istana Potala di Lhasa, Tibet. Meski dingin, cuaca tak menghalangi kegembiraan masyarakat bermain di miniatur Tembok China.

Festival Salju dan Es di Harbin berlangsung setiap hari, mulai 5 Januari lalu hingga es mulai meleleh pada akhir Februari. Pengunjung dikenakan biaya masuk untuk menikmati pahatan-pahatan es luar biasa.

Festival Lampion Shanghai

image

Biasanya, festival lampion dilakukan pada hari-hari akhir perayaan Imlek, dengan menikmati makanan khas China. Nantikan Mushu, naga yang muncul di film kartun ‘Mulan’, yang akan tampil saat pembukaan Disneyland Shanghai, 2016 mendatang.

Festival Lampion akan dilakukan pada hari ke-15 kalender China. Seperti event-event Tahun baru lainnya, animo masyarakat diperkirakan cukup besar, sehingga antrian event ini hanya boleh untuk para pemegang tiket saja.

image

Pacuan kuda di Hong Kong Pertama kali diperkenalkan orang Inggris pada 1840-an, pacuan kuda menjadi olahraga utama masyarakat Hong Kong. Pacuan kuda Imlek akan dimulai pada hari ketiga. Mereka yang bertaruh akan berkumpul di Sha Tin Racecourse di New Territories, Kowloon Utara.

Tahun ini, mereka berharap menjadi salah satu dari seribu pengunjung yang akan memenangkan plat emas 24 karat yang disebut ‘fortune horse. Tentunya, tempat pacuan kuda dimanapun sudah dihiasai dengan ornamen-ornamen merah khas Tahun Baru.

Meriahnya Imlek yang akan hadir pada 31 Januari 2014 menjadi hal yang menarik bukan hanya untuk warga keturunan tionghoa, namun juga mempunyai kesan yang cukup mendalam bagi warga pribumi dan turis asing yang turut suka cita dengan perayaan Tahun baru China.

Happy Chinese New Year 2565