Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan

, ,

9 Cara Mencegah dan Mengatasi Mabuk Perjalanan, Bikin Perjalanan Jadi Nyaman

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan – Diantara sobat tiket, ada nggak nih yang sering terkena serangan mabuk perjalanan? Hem, kalau untuk kamu yang hobi jalan-jalan, tapi sering mengalami mabuk perjalanan, tentu rasanya mengganggu sekali ya, sobat?

Mabuk perjalanan sendiri ditimbulkan oleh banyak faktor, dan juga terbagi kedalam beberapa jenis.

Untuk faktor mabuk perjalanan sendiri sih biasanya karena posisi duduk yang tepat di area sering terjadinya guncangan, tidak cocok dengan aroma pendingin kendaraan, hingga aktivitas yang kamu lakukan sebelum dan selama perjalanan.

Kalau sobat tiket seringkali mengalami mabuk perjalanan, baik itu perjalanan darat, laut, dan udara. Berikut ini ada cara mengatasi mabuk perjalanan yang bisa kamu lakukan.

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan, Agar Perjalananmu Tetap Menyenangkan

Mengalami mabuk perjalanan memang sangat tidak menyenangkan. Selain membuat diri kamu merasa tersiksa, perjalanan yang kamu lakukan tentu menjadi tidak menyenangkan. Namun, ada cara yang bisa kamu lakukan kok untuk mencegah dan mengatasi mabuk perjalanan. Ini dia selengkapnya!

1. Hindari Makan yang Terlalu Kenyang

Hal penting yang perlu kamu perhatikan sebelum memulai perjalanan adalah kondisi perut. Mengisi perut sebelum perjalanan memang perlu banget nih, sobat tiket. Namun, jangan sampai berlebihan dan membuat kamu jadi kekenyangan ya.

Karena, guncangan dari kendaraan biasanya bisa membuat kamu merasa mual dan pusing. Sehingga mabuk perjalanan bisa kamu alami, dan membuat perjalanan yang kamu lakukan terasa tidak menyenangkan.

Apalagi kalau kamu akan pergi untuk berlibur. Tentu bisa menjadi hal pemicu liburan kamu jadi kurang berkesan.

2. Minum Obat Anti Mual/Anti Mabuk Perjalanan

Kamu tentu lebih memahami diri kamu sendiri dong, sobat tiket? Jadi, kalau kamu merasa sering mengalami mabuk perjalanan, maka cara mengatasi mabuk perjalanan yang utama adalah dengan meminum obat anti mual atau anti mabuk.

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan - Minum Obat Anti Mabuk Perjalanan

Dengan begitu, selama perjalanan kamu akan tertidur dan tidak merasakan mabuk perjalanan. Sedangkan untuk kamu yang jarang sekali mengalami mabuk perjalanan, siapkan obat anti mabuk bisa menjadi cara terbaik, siapa tau kejadian ini akan kamu alami saat di perjalanan,

3. Makan Makanan Ringan

Apabila kamu mual dan muntah saat di perjalanan, maka mengkonsumsi air mineral jangan sampai terlupa ya, sobat tiket. Karena setelah muntah, tubuh kamu akan kekurangan cairan dan bisa berakibat dehidrasi. Dengan meminum air mineral dengan cukup, maka bisa mengembalikan kondisi tubuh kamu.

Makan makanan ringan juga bisa membantu kamu untuk mengisi kembali perut yang kosong dan tidak memicu mual atau muntah kembali.

4. Pejamkan Mata, dan Istirahat Sejenak

Cara mengatasi mabuk perjalanan ketika kamu sudah merasakan mual dan pusing, maka memejamkan mata dan istirahat sejenak menjadi cara terbaik untuk menguranginya. Pastikan posisi kepala berada di posisi stabil agar tidak membuat kamu semakin pusing ya, sobat tiket.

5. Makan Permen

Mengkonsumsi permen selama perjalanan tentu dapat membantu kamu mengurangi rasa mual. Hal ini dikarenakan permen dapat menekan produksi asam lambung dan rasa mual yang diakibatkan oleh mabuk perjalanan.

Kamu bisa memilih jenis permen dengan rasa mint ataupun buah-buahan seperti jeruk, lemon, atau stroberi. Cara mengatasi mabuk perjalanan dengan memakan permen ini cukup ampuh lho, sobat tiket.

Cara Mencegah Mabuk Perjalanan

Disamping mengatasi mabuk perjalanan, tentu ada cara mencegah mabuk perjalanan yang bisa kamu lakukan ya, sobat tiket. Mabuk perjalanan seringkali terjadi apabila kamu melakukan perjalanan laut.

Seperti misalnya saat kamu ingin pergi menuju obyek wisata di Labuan Bajo yang harus menggunakan kapal laut sebagai transportasinya.

Maka, hal-hal dibawah ini penting sekali untuk kamu perhatikan agar tidak terjadi mabuk perjalanan.

1. Pastikan Perut Sudah Terisi

Sebelum memulai perjalanan, ada baiknya untuk kamu mengisi perut dahulu nih, sobat tiket. Waktu terbaik adalah 30 menit hingga 1 jam sebelum keberangkatan. Dengan begitu, bisa mengurangi kemungkinan terjadinya mabuk perjalanan saat kamu di perjalanan.

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan - Pastikan Perut Terisi

Namun, jangan sampai perut kamu kekenyangan juga ya. Karena bisa berakibat mual dan kemungkinan terburuknya bisa membuat kamu muntah.

2. Membawa Aromaterapi atau Minyak Angin

Penting banget, membawa aromaterapi atau minyak angin menjadi senjata ampuh untuk kamu yang sering mengalami mabuk perjalanan. Cara mencegah mabuk perjalanan satu ini cocok untuk kamu yang tidak terbiasa dengan AC di mobil atau dengan aroma parfum mobil yang tidak sesuai dengan kamu.

Dengan menghirup aromaterapi bisa membuat kamu merasa lebih rileks. Fungsi minyak angin juga bisa menjadi obat ampuh untuk mengurangi rasa mual dan pusing. Kamu bisa membaluri minyak angin di sekitar perut dan pusar, atau di kening.

3. Melihat ke Luar Jendela

Melihat keluar jendela memang bisa membuat kamu merasa lebih rileks, dibandingkan membaca atau melihat gadget dalam jangka waktu lama. Dengan melihat ke arah luar jendela, kamu bisa melihat pemandangan yang membuat mata terasa lebih rileks.

Kamu juga bisa kok melakukan kegiatan ini sambil mendengarkan musik kesukaan kamu melalui gadget yang kamu bawa. Jika memungkinkan, kamu bisa mencari teman untuk mengobrol agar perjalanan tidak terasa membosankan dan teras begitu lama.

4. Hindari Bermain Gadget Terlalu Lama

Kita seringkali merasa bahwa bermain gadget selama perjalanan bisa membuat waktu terasa lebih singkat. Padahal, dengan bermain gadget terlalu lama selama perjalanan bisa membuat kamu merasa pusing dan mual lho. Untuk itu, gunakan gadget seperlunya saja, dan cari cara lain untuk mengikis waktu perjalanan panjang kamu agar terasa lebih singkat.

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan - Hindari Bermain gadget terlalu lama

Istirahat bisa menjadi pilihan terbaik agar tubuh kamu merasa lebih rileks akibat perjalanan panjang yang kamu tempuh. Mengobrol juga ampuh loh dijadikan sebagai cara mencegah mabuk perjalanan.

Tidak hanya mabuk perjalanan, namun mabuk saat berkendara juga seringkali terjadi lho, sobat tiket. Namun, kamu bisa mencegah mabuk saat berkendara dengan pesan sewa mobil di tiket.com, beserta fasilitas termasuk supir.

Jadi, perjalanan kamu akan terasa lebih santai dan menyenangkan!