, ,

Barang yang Wajib Dibawa Kalau Kamu Liburan ke Tempat Dingin

Pergi liburan ke luar negeri memang seru banget. Kamu bisa rasain sensasi berbeda dari kota yang kamu kunjungi mulai dari suasananya, kebudayaannya, hingga kulinernya. Satu hal lagi yang mungkin berbeda dan harus kamu pertimbangkan adalah musim di negara itu.

Kalau sobat tiket belum pernah berhadapan dengan musim dingin sebelumnya, apalagi jika suhunya hingga 0 derajat Celcius atau lebih dingin, maka ini bisa jadi suatu tantangan tersendiri karena kamu harus tahu apa aja yang perlu dipersiapkan.

Nyatanya, bawa baju tebal saja masih kurang cukup, lho, sobat tiket. Baju berlapis-lapis juga bisa bikin koper kamu penuh dan berat. Belum lagi beberapa tempat menyediakan penghangat ruangan yang bisa bikin kamu makin ribet kalau harus melepas semua pakaianmu ketika sedang berada di dalam ruangan.

Hindari Kesalahan Packing untuk Liburan Musim Dingin di Luar Negeri

Tapi sobat tiket nggak perlu khawatir karena tiket.com mau kasih beberapa tips biar persiapanmu untuk liburan musim dingin di luar negeri semakin matang. Beberapa barang di bawah ini wajib masuk ke dalam koper kamu untuk dibawa liburan ke luar negeri saat musim dingin.

1. Pakaian Berbahan Wol

Pakaian berbahan katun memang sangat nyaman untuk dikenakan setiap saat. Tapi sayangnya bahan ini tidak cocok kamu gunakan saat menghadapi musim dingin. Kain katun cenderung menyerap lembab dan keringat sehingga kamu malah bisa semakin merasa kedinginan.

Untuk mengakali udara dingin yang menusuk tulang, sobat tiket bisa kenakan pakaian berbahan wol merino. Bahan ini lebih bagus jika dibandingkan wol biasa karena tidak bikin gatal dan bisa menghangatkan badan.

2. Penutup Kepala

Kepala juga jadi salah satu prioritas yang harus sobat tiket lindungi dari udara dingin. Bagian tubuh yang tidak tertutup bisa membuat tubuh kamu kehilangan suhu panas yang dihasilkan oleh badan dengan signifikan. Oleh karena itu jangan sampai lupa untuk membawa penutup kepala.

Penutup kepala yang cocok untuk udara dingin antara lain adalah kupluk beanie yang terbuat dari bahan wol. Selain hangat, beanie juga bisa bikin kamu tetap tampil keren untuk foto-foto dan diposting di media sosial kesayanganmu.

3. Kacamata Hitam

Mungkin sobat tiket penasaran kenapa di musim dingin kamu tetap harus membawa kacamata hitam sedangkan kamu bukan ingin liburan ke pantai. Meskipun dingin, cahaya matahari masih bisa bersinar terang, jadi pastikan bawa kacamata hitam untuk berjaga-jaga.

Bawa kacamata hitam yang bisa dilipat menjadi kecil juga bisa jadi ide bagus agar tidak terlalu banyak memakan tempat di dalam tas kamu. Kacamata hitam juga bisa jadi opsi untuk membuat penampilanmu makin menarik, lho.

4. Jaket Tebal

Sebelum kamu membeli atau membawa jaket tebal milikmu, ada baiknya jika kamu melakukan riset terlebih dahulu mengenai seberapa dingin suhu dari negara yang ingin kamu kunjungi. Kamu pastinya tidak ingin juga kepanasan karena mengenakan jaket yang terlalu tebal pada suhu yang tak terlalu dingin.

Selain itu tentukan juga aktivitas apa saja yang akan kamu lakukan selama di sana. Apakah kamu akan banyak berjalan kaki atau aktivitas berat lainnya. Kepanasan dan berkeringat di dalam jaket tebal bisa bikin kamu risih, lho. Jadi sesuaikan ketebalan jaket dengan suhu udara rata-rata di sana.

5. Jaket Windproof

Kalau ternyata udara dingin di sana tidak terlalu ekstrem tapi kamu masih harus berhadapan dengan angin yang kencang, kamu sebaiknya membawa lapisan pakaian windproof. Idealnya, kamu menggunakan pakaian dasar, ditambah dengan lapisan yang menghangatkan, dan jaket yang tahan angin di paling luarnya.

6. Pakaian yang Bisa Digunakan Berkali-Kali

Baju hangat biasanya akan memakan banyak tempat di dalam koper kamu karena ketebalannya. Agar bawaanmu tidak semakin banyak, kamu bisa masukkan beberapa item yang bisa dikenakan beberapa kali seperti celana jeans atau baju hangat tipis.

7. Sarung Tangan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika cuaca sedang tidak bersahabat atau mungkin hingga turun salju, usahakan tidak ada anggota tubuh yang tidak tertutup. Sarung tangan juga wajib masuk ke dalam tas kamu untuk melindungi tangan dari udara dingin.

Sarung tangan biasa bisa bikin kamu repot karena kamu akan sering melepasnya ketika ingin menggunakan smartphone. Untuk itu kamu bisa membeli sarung tangan yang juga berfungsi untuk mengoperasikan layar sentuh di smartphone kamu sehingga kamu tetap bisa mengambil foto dan mengunggahnya ke media sosial.

8. Sepatu Boots

Pemilihan sepatu untuk musim dingin adalah sebuah tantangan tersendiri. Kamu bukan hanya butuh sepatu yang tertutup, tahan air, dan hangat, namun juga tidak licin kalau kamu harus berjalan di atas jalan yang tertutup es.

Di kondisi seperti ini, sepatu sneaker kurang bisa direkomendasikan untuk kamu gunakan. Kamu perlu menggunakan sepatu boots yang memang didesain untuk musim dingin. Sepatu ini bisa langsung kamu gunakan sejak keberangkatan untuk mengantisipasi barang bawaan yang terlalu banyak di dalam tas atau koper.

9. Obat-Obatan yang Diperlukan

Barang terakhir namun sering dilupakan adalah obat-obatan. Kalau kamu mudah terserang flu, demam, atau alergi terhadap cuaca dingin, jangan lupa untuk memasukkan obat-obatan yang kamu perlukan agar liburanmu tidak terganggu.

Bawa beberapa obat tambahan juga untuk mengatasi beberapa penyakit yang mungkin bisa muncul ketika suhu semakin turun seperti nyeri sendi, radang tenggorokan, dan kulit kering. Kamu bisa beli wadah kecil yang bisa memuat semua obat yang kamu butuhkan dalam satu tempat.

Badan Hangat, Liburan Jadi Makin Seru

Itu dia beberapa barang yang wajib kamu bawa kalau kamu berencana buat liburan ke luar negeri saat musim dingin. Pastikan kamu membuat daftar lengkapnya dan jangan sampai ada yang ketinggalan supaya liburanmu tidak terganggu oleh suhu dingin. Butuh promo buat pesan tiket pesawat ke luar negeri? Cek langsung halaman promo di tiket.com, ya! Jangan lupa buat itinerary liburan supaya bisa makin maksimal serunya!