tiket pesawat

,

Kenapa Kebanyakan Badan Pesawat Terbang itu Berwarna Putih?

Sobat Tiket, setuju nggak sih, kalau kita bicara soal naik pesawat untuk bepergian ke mana saja, apalagi kalau soal liburan, rasanya sih udah bukan lagi barang mewah, yah. Rasanya pernyataan ini bisa bener banget. Hal itu karena kini harga tiket pesawat memang nggak semahal 10 atau 20 tahun lalu. Bahkan, kini pesan tiket pesawat online semakin mudah dan murah dengan kehadiran Online Travel Agent seperti tiket.com.

Iya, hal ini juga yang mau nggak mau bisa membuat kita jadi familiar sama yang namanya pesawat terbang. Nggak perlu lagi deh tuh rajin-rajin baca majalah info penerbangan, atau nonton video dan acara TV soal pesawat terbang, karena kita pun dengan mudah bisa ikut terbang dengan pesawat. Lihat langsung pun juga gampang banget.

tiket pesawat
Photo by: Go Rhy Yan, Via Unsplash

Iya deh, kita sering banget lihat pesawat terbang. Tapi, pernah terbersit nggak sih di pikiran kalian, kenapa badan pesawat terbang itu kebanyakan berwarna putih? Hal ini pasti pernah kalian pikirkan.
Terus, kira-kira kenapa yah? Berikut beberapa alasannya.

 

1. Permasalahan Termal
Alasan pertama kenapa badan pesawat terbang itu kebanyakan warna putih adalah karena sifatnya yang lebih ke soal pengendalian termal. Ya, warna putih itu dianggap lebih bisa merefleksikan sinar matahari. Hal itu kemudian berpengaruh pada tingkat suhu pada badan pesawat. Menurut para ahli, warna putih bisa membuat badan pesawat menjadi tidak terlalu panas.

2. Inspeksi Lebih Gampang
Yang namanya industri transportasi, apapun itu, pasti butuh banget yang namanya inspeksi rutin. Hal ini terkait dengan kualitas pesawat dan keamanan penerbangan. Nah, bicara soal inspeksi, warna putih juga banyak dipilih dengan alasan kemudahan dalam soal inspeksi keadaan pesawat. Dengan badan pesawat yang berwarna putih, keretakan atau kerusakan yang terjadi pada badan pesawat akan lebih mudah terlihat.

3. Ngecat itu Butuh Biaya
Iya lah, hari gini nggak ada yang gratis, bro! Semua hal pasti butuh biaya, apalagi soal pewarnaan badan pesawat. Mewarnai badan pesawat dengan banyak warna itu butuh banyak biaya. Kebayang dong badan pesawat yang segede itu, pasti butuh banyak cat untuk mewarnai. Biaya perawatanya aja mahal, apalagi ngecat badan pesawat seutuhnya.

4. Nilai Jual Kembali yang Tinggi
Kabarnya, warna putih juga berpengaruh pada nilai jual kembali. Berbeda dengan pesawat yang punya banyak warna, pesawat dengan badan berwarna putih itu punya nilai jual yang lebih tinggi jika dijual kembali, ketimbang badan pesawat yang berwarna-warni. Hal ini berkaitan dengan biaya untuk mengembalikan kondisi pesawat ke keadaan netral. Jangankan pesawat, mobil bekas taksi aja kadang bisa dijual dengan lebih murah.

5. Putih itu Bukan Cuma Suci, Tapi Awet
Kita semua pasti tahu banget tuh kalau warna putih itu biasa dipakai sebagai lambang kesucian. Warna bendera negara kita aja, bagian putihnya melambangkan kesucian. Nah, tahukah kamu, tidak hanya sebagai lambang kesucian, warna putih dalam badan pesawat juga dianggap lebih awet. Pada saat ketinggian tertentu, warna badan pesawat yang berwarna-warni cenderung akan lebih memudar. Namun, warna putih tidak mudah memudar dan cenderung lebih awet dalam keadaan apapun, dan tidak mudah memudar. Hal ini tentunya akan jauh lebih hemat dari segi perawatan.