,

Bersantai di Alun-Alun Kota Bandung, Wisata Murah di Tengah Kota

Setiap daerah pasti punya ikon kebanggaan, tak terkecuali Bandung. Alun-Alun Kota Bandung merupakan salah satu landmark kebanggaan Kota Bandung. Setiap harinya lokasi ini selalu dipenuhi hilir mudik para pengunjung.

Bila suatu hari kamu datang ke Bandung, luangkanlah waktumu untuk menikmati suasana Alun-Alun Kota Bandung dengan segala pesonanya. Penasaran seperti apa daya tariknya? Berikut informasinya

Cara Menuju Alun-Alun Kota Bandung

Sumber: Shutterstock

Alun-Alun Kota Bandung berlokasi strategis di pusat Kota Bandung. Jaraknya pun nggak begitu jauh dengan fasilitas umum di Bandung seperti stasiun, terminal, dan bandara. Kalau datang dari arah Stasiun Bandung, lokasi Alun-Alun Kota Bandung berada sekitar 19 menit berkendara ke arah Jl. Asia-Afrika.

Sementara itu, bila kamu datang dari arah Terminal Leuwipanjang, waktu yang diperlukan untuk tiba di lokasi adalah sekitar 15 menit via Jl. Leuwi Panjang dan Jl. Moch. Toha. Sedikit lebih jauh, dibutuhkan kurang lebih 21 menit berkendara dari Bandara Husein Sastranegara ke Alun-Alun Kota Bandung via Jl. Penjajaran. 

Tampil Cantik dengan Rumput Sintetis

Sumber: Shutterstock

Pada tahun 2014, Alun-Alun Kota Bandung mengalami revitalisasi dan kemudian areanya dipasang rumput sintetis. Kalau diperhatikan tampilannya sekilas mirip lapangan sepak bola. Begitu hijau.

Kamu pasti bertanya-tanya kenapa memilih rumput sintetis bukannya rumput asli? Jadi, walaupun harga rumput sintetis lebih mahal, tapi kualitasnya lebih baik daripada rumput alami.

Sekarang coba deh bayangin semisal Alun-Alun Kota Bandung menggunakan rumput asli. Kalau terinjak-injak oleh banyak orang pasti bakal cepat rusak, kan. Inilah salah satu alasan mengapa rumput sintetis dipilih, karena lebih awet sekalipun diduduki oleh banyak pengunjung.

Tahun 2018 lalu, rumput sintetis di Alun-Alun Kota Bandung telah diganti dengan rumput yang baru. Selain pola yang berbeda, kabarnya kualitas rumput sintetis yang baru lebih lembut karena didatangkan dari Jepang. Keren, ya!

Menariknya, di bawah Alun-Alun Kota Bandung telah dipasang sistem drainase, sehingga ketika hujan deras mengguyur permukaan lapangan, maka air hujan nggak akan menggenang terlalu lama di atas rumput sintetis.  

Di satu sisi, terdapat taman bunga berwarna-warni yang makin mempercantik penampilan Alun-Alun Kota Bandung. Dengan desain yang begitu keren, Alun-Alun Kota Bandung juga bisa dijadikan spot foto yang oke. Apalagi bila sudutnya diambil dari ketinggian. Instagramable banget!

Lokasi yang Tepat untuk Quality Time Bareng Keluarga

Sumber: Shutterstock

Dulu kawasan ini dipenuhi oleh pedagang kaki lima. Setelah renovasi besar-besaran, kini Alun-Alun Kota Bandung dikenal sebagai lokasi nongkrong yang asyik dan nyaman karena para penjual yang sebelumnya memenuhi alun-alun telah dipindahkan ke tempat lain.

Para pengunjung yang datang tampak tak mengenal usia, mulai anak-anak, remaja, hingga lansia terlihat menikmati waktu bersantainya di sini. Tidur-tiduran, berlari, foto-foto, atau sekadar mengobrol menjadi ragam aktivitas yang bakal kamu temukan di Alun-Alun Kota Bandung.

Bagi sobat tiket yang mencari tempat wisata murah di tengah Kota Bandung, datang ke alun-alun adalah pilihan terbaik. Kamu pun bisa mengajak serta keluarga bersama.

Bila kamu memiliki buah hati, mereka bisa bebas berlarian dan bermain di sini. Ayunan, perosotan, dan jungkat-jungkit yang ada di taman bermain, semuanya bisa dinikmati secara bebas. Sambil mengawasi si kecil menikmati waktunya, kamu bisa duduk-duduk santai menikmati udara segar atau berbincang dengan anggota keluarga lainnya.

Memasuki bulan ramadan, Alun-Alun Kota Bandung bisa menjadi lokasi terbaik buat ngabuburit bareng keluarga atau teman. Apalagi Alun-Alun Kota Bandung berada di area yang sama dengan Masjid Raya Bandung.

Oh iya, saat memasuki area rumput sintetis kamu diwajibkan untuk melepas alas kaki. Selanjutnya, alas kakimu bisa disimpan di tempat penitipan yang ada di sekitar Alun-Alun Kota Bandung. 

Tips buat kamu dan keluarga yang ingin berkunjung ke Alun-Alun Kota Bandung, waktu terbaik untuk datang ke sini adalah pagi atau malam hari, sebab bila siang hari cuacanya sangat menyengat.  

Kemegahan Masjid Raya Bandung di Alun-Alun Kota Bandung

Karena berada di satu area, selagi jalan-jalan di Alun-Alun Kota Bandung sekalian mampir ke Masjid Raya Bandung, kuy! Masjid ini punya menara kembar di mana kamu bisa naik ke puncaknya dan menikmati pemandangan Bandung dengan sudut 360 derajat. Ada yang sudah ke sana?

Kalau belum, kamu wajib banget mencobanya. Dengan membayar sejumlah uang sebagai tiket masuk, kamu sudah bisa naik ke puncak menara yang tingginya setara dengan gedung 19 lantai.

Setibanya di puncak, kamu bisa melihat indahnya pemandangan Bandung dari ketinggian. Kalau cuaca sedang cerah, kamu bisa melihat panorama gunung yang menghiasi Kota Bandung. Jangan lupa abadikan momen lewat jepretan kamera saat di sini, ya!

Menurut kabar, harusnya menara masjid bisa lebih tinggi dari yang sekarang. Dulu rencananya menara akan dibangun setinggi 99 meter, namun ukurannya diubah menjadi 81 meter untuk menjaga keselamatan penerbangan pesawat yang akan mendarat di Bandara Husein Sastranegara.

Berlokasi Dekat dengan Kawasan Legendaris

Puas bersantai di Alun-Alun Kota Bandung, kalau mau kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju dua kawasan legendaris yang lokasinya nggak jauh dari alun-alun. Dua tempat yang dimaksud yaitu:  

1. Jalan Asia-Afrika

Setiap masyarakat Bandung pasti tahu bila mendengar nama Jalan Asia-Afrika. Benar, ini dia salah satu kawasan legendaris di Kota Bandung. Deretan bangunan klasik bertema art deco menjadi pemandangan utama kawasan ini.

Untuk menuju ke kawasan ini, dari Alun-Alun Bandung hanya berjarak sekitar 5 menit jalan kaki. Nggak begitu jauh, kan?

Di antara banyak bangunan di Jalan Asia-Afrika, Gedung Merdeka lah yang paling mencuri perhatian. Berkat arsitektur lama yang masih dipertahankan hingga saat ini, Gedung Merdeka kerap menjadi lokasi pemotretan untuk keperluan majalah sampai prewedding. Kalau kamu mau selfie buat kenang-kenangan juga bisa, lho.

Sementara itu, bagian dalamnya menyimpan banyak informasi seputar masa lalu. Bila sobat tiket merupakan penikmat wisata sejarah, Gedung Merdeka bisa masuk ke daftar perjalananmu selama di Bandung.

Bukan hanya penikmat sejarah yang akan dimanjakan, di sepanjang Jalan Asia-Afrika kamu bakal menemukan banyak pertunjukan cosplayer. Karakter yang diperankan pun beragam, mulai karakter lucu seperti Hello Kitty sampai karakter hantu seperti Valak dan pocong.

Suasana unik seperti ini tentunya menarik para penikmat selfie untuk berfoto. Silakan pilih mana karakter favoritmu dan selamat berburu foto!

2. Jalan Braga

Tempat legendaris selanjutnya adalah Jalan Braga. Lokasinya berada sekitar 5 menit berkendara dari Alun-Alun Kota Bandung. Nggak jauh berbeda dengan Jalan Asia-Afrika, daya tarik utama dari tempat ini ialah deretan gedung bergaya Eropa kuno.

Nuansa vintage yang menyeruak membuat Jalan Braga cukup populer di kalangan para pencinta selfie dan calon pengantin yang membutuhkan lokasi foto prewedding. Selain berfoto, di sini kamu juga bisa berburu salah satu kuliner legendaris di Bandung, yaitu Kopi Purnama.

Menu andalan dari kedai ini adalah sajian kopi susu dan roti selai srikaya yang homemade. Penasaran dengan kelezatannya? Jangan lupa mampir ke sini kalau main ke Bandung. 

Ajak Keluarga Main ke Bandung, Kuy!

Sebagai salah satu ikon Kota Bandung, alun-alun bisa menjadi rekomendasi buat kamu yang ingin berlibur dengan biaya terbatas. Ngomong-ngomong soal liburan murah, selama di Bandung kamu bisa pesan hotel bujet lewat tiket.com. Selain pilihan hotelnya yang beragam, promo menarik pun menantimu!