,

7 Air Terjun Terindah di Bali yang Pasti Bikin Kamu Terpukau

Berbicara soal wisata air di Bali, enggak akan ada habisnya. Selama ini, Bali terkenal dengan pantai-pantai cantiknya. Tapi bukan cuma pantai, Bali juga punya sederet air terjun yang indah.

Kalau biasanya kamu berpindah dari satu pantai ke pantai lain di Bali, kali ini coba kuy main ke air terjunnya. Kamu pasti enggak bakal kecewa deh. Tapi kamu belum punya gambaran tentang wisata air terjun di Bali? Tenang, tiket.com punya nih beberapa rekomendasi air terjun paling indah di Bali.

Air Terjun di Bali yang Sayang Dilewatkan

Kamu mungkin membayangkan perjuangan menuruni tangga atau bukit untuk sampai di air terjun. Memang sih, pasti melelahkan. Tapi percaya deh, kamu enggak akan nyesel ketika udah melihat air terjunnya. Siap-siap aja mendengar suara air yang jatuh dan merasakan cipratan air yang menyegarkan. Semuanya bisa kamu dapat lho dengan berwisata ke air terjun berikut.

1. Tukad Cepung, Air Terjun yang Ngumpet

Sumber: Shutterstock.com

Butuh sedikit usaha untuk menikmati air terjun yang tengah ngetren ini. Sobat tiket harus menuruni tebing yang sempit dan curam. Soalnya air terjun setinggi 15 meter ini tersembunyi di antara tebing-tebing besar.

Tapi, posisinya yang tersembunyi ini enggak bikin wisatawan kapok untuk mampir. Pemandangan paling indah adalah saat matahari memancarkan sinar ke air terjun.

Teriknya matahari akan terobati dengan air terjun yang segar. Jangan lupa berfoto ria ya. Ambil foto dari jarak yang jauh sehingga tebing-tebing tinggi dengan air yang turun tampak jelas dan memesona.

Tiket masuk: Rp10 ribu*

Lokasi: Jl. Tembuku, Dusun Penida Kelod, Bangli.

Cara ke sini: sekitar 24 kilometer jika berkendara dari kabupaten Bangli.

2. Meluncur dari Air Terjun Aling-aling

Sobat tiket yang katanya suka tantangan, wajib menjajal kegiatan ekstrem di sini. Kamu bisa meluncur dari air terjun setinggi belasan meter atau melompat dari tebing.

Ada beberapa tebing dengan ketinggian berbeda yang bisa dipilih. Untuk melakukan kegiatan ekstrem ini, kamu harus menggunakan jasa pemandu dan dilengkapi pengaman.

Jangan sembarang melompat atau meluncur apalagi jika kamu belum paham lokasinya dan belum mengerti posisi yang benar.

Meskipun terdengar menyeramkan, banyak pengunjung yang tertarik menguji adrenalin mereka. Salah satunya, pasti berkat pemandangan asri dan air segar yang membasahi tubuh saat mendarat.

Kamu yang mencobanya, silakan bergaya sekeren mungkin ya ketika melompat. Tapi harus tetap berhati-hati dan mengikuti arahan pemandu.

Tiket masuk: Rp20ribu, olahraga air sekitar Rp125 ribu*

Lokasi: Jl. Raya Desa Sambangan, Buleleng.

Cara ke sini: sekitar 8,5 kilometer berkendara dari kota Singaraja.

3. Derasnya Air Terjun Nungnung

Sumber: Shutterstock.com

Sobat tiket yang suka trekking, boleh dong berkunjung ke air terjun Nungnung. Sebelum tiba di dasar air terjun setinggi 50 meter, pengunjung harus menuruni ratusan anak tangga.

Tapi tenang, ada beberapa tempat istirahat untuk melepas lelah. Ditambah lagi dengan pemandangan asri sepanjang perjalanan yang bikin kamu tetap semangat.

Rasa lelah pasti berganti rasa senang saat melihat langsung air terjun yang sangat deras. Puaskan diri bermain air ya sebelum siap-siap mendaki anak tangga lagi.

Tiket masuk: dewasa Rp10 ribu dan anak – anak Rp5 ribu*

Lokasi: Desa Pelaga, Badung.

Cara ke sini: berkendara dari Denpasar dengan menempuh jarak sekitar 45 kilometer ke arah utara.

4. Uniknya Air Terjun Peguyangan

Kalau sedang berkunjung ke Pulau Nusa Penida, singgahlah sejenak di air terjun Peguyangan. Kamu dijamin akan betah dan enggak mau pulang.

Air terjun indah ini berada di pinggir tebing yang mengalir langsung ke lautan. Sumber airnya berasal dari karang di sekitarnya. Pengunjung bisa berendam sembari memandang laut lepas dengan harga yang sangat terjangkau tentunya.

Tapi kumpulkan tenaga dulu karena kamu harus menuruni anak tangga di pinggir tebing yang curam. Pokoknya, jangan sampai nyalimu ciut ya. Sambil menuruni tangga, kamu bisa menghirup udara segar dan mengintip pemandangan laut lepas.

Tiket masuk: Rp15 ribu*

Lokasi: Pulau Nusa Penida.

Cara ke sini: menyeberang dari Pelabuhan Padang Bai atau Pantai Sanur dengan speed boat mulai dari Rp100 ribu per orang*

5. Terpikat Si Kembar, Air Terjun Tibumana

Sumber: Shutterstock.com

Kalau satu air terjun tak cukup untuk kamu, silakan datang ke air terjun Tibumana. Ada dua air terjun di sini atau banyak orang menjulukinya sebagai air terjun kembar.

Uniknya, debit air terjun kembar ini tak menentu. Terkadang bisa deras, terkadang bisa melambat. Kamu yang mau kemari, tak perlu khawatir. Sudah ada akses tangga permanen yang dibangun di lokasi ini.

Banyak wisatawan yang memuji air terjun ini sangat bersih dan asri. Jadi pastikan kamu tetap menjaga kebersihan dan kelestariannya, ya.

Tiket masuk: Rp10 ribu*

Lokasi: Desa Apuan, Bangli.

Cara ke sini: sekitar 32 kilometer jika berkendara dari Denpasar.

6. Berenang di Kolam Air Terjun Banyumala

Masih mencari air terjun instagrammable? Langsung aja bergegas ke air terjun Banyumala. Air terjun ini tampak terbagi menjadi beberapa bagian dengan ukuran yang bervariasi. Puncak air terjun tertinggi sekitar 20 meter.

Di bawahnya tampak kolam yang cukup besar, menampung air yang jatuh. Menariknya lagi, kolam ini cukup dalam. Maka enggak heran banyak wisatawan yang memanfaatkannya untuk berenang.

Pastikan membawa baju ganti ya. Sobat tiket yang membawa anak kecil, tetap waspada karena air kolam yang cukup dalam.

Tiket masuk: Rp10 ribu*

Lokasi: Desa Wanagiri, Buleleng.

Cara ke sini: sekitar 65 kilometer jika berkendara dari Denpasar.

7. Berfoto Cantik di Air Terjun Tegenungan

Sumber: Shutterstock.com

Setiap kali berkunjung ke air terjun, rasanya ingin cepat-cepat sampai di dasarnya. Tapi berbeda dengan air terjun Tegenungan.

Di sini, ada beberapa spot khusus yang disediakan untuk berfoto seperti ayunan besar. Pengunjung bisa berpose di ayunan dengan latar air terjun setinggi 15 meter ini.

Kamu yang liburan bareng pasangan, juga bisa selfie di depan spot bergambar hati. Jika ingin berenang, sebaiknya kamu datang saat musim panas. Karena airnya sangat jernih dan segar.

Tiket masuk: Rp15 ribu*

Lokasi: Jl. Ir. Sutami, Desa Kemenuh, Gianyar.

Cara ke sini: berkendara dari Ubud dengan menempuh jarak sekitar 11 kilometer atau 20 kilometer jika berangkat dari Denpasar.

Menjelajahi Air Terjun di Bali

Setelah tahu Bali punya air terjun yang kece banget, rasanya kaki pengen langsung melangkah ke sana. Setuju enggak? Kalau iya, langsung aja pesan tiket pesawat di tiket.com. Hanya dengan beberapa klik, tiket sudah di tangan kamu. Selanjutnya, tinggal pertimbangin akomodasi. Pilih aja hotel terdekat dari air terjun yang mau didatangi. Nanti biar gampang menuju air terjunnya, bisa sewa mobil di tiket.com. Kenapa sewa mobil? Soalnya jalanan menuju air terjun biasanya enggak dilewati langsung transportasi umum. Kan lebih enak menggunakan transportasi yang langsung tiba di tempat tujuan, kan?

*keterangan harga saat artikel dibuat