,

Panorama Keindahan 9  Air Terjun di Palembang Ini Bakal Bikin Kamu Terpesona!

Palembang merupakan ibu kota dari Provinsi Sumatera Selatan. Kota yang terkenal dengan Jembatan Ampera nya yang ikonik ini menyimpan banyak tempat wisata eksotis yang sayang banget untuk dilewatkan. Bahkan, kamu juga bisa menjumpai sejumlah tempat wisata budaya dan sejarah lho, sobat tiket.

Namun, kali ini tiket.com nggak bakal ngebahas wisata budaya dan sejarah di Palembang, nih. Melainkan akan membahas mengenai salah satu destinasi favorit para wisatawan, yaitu air terjun yang eksotis.

Keindahan Air Terjun di Palembang yang Menyejukkan

Saat mengunjungi Palembang, wisata apa sih yang mau sobat tiket kunjungi pertama kali? Palembang yang jadi bagian dari Sumatera Selatan ini terkenal dengan keindahan alamnya, lho. Salah satu yang menarik buat dikunjungi adalah deretan wisata alam air terjunnya yang sangat indah. Penasaran ada apa aja? Yuk simak pembahasannya di bawah ini!

1. Niagara Mini dari Lubuk Linggau: Air Terjun Temam

air terjun palembang
Sumber: shutterstock.com

Pernah dengar soal air terjun Niagara nggak nih? Air terjun Temam ini memiliki visual dan pemandangan yang mirip dengan air terjun legendaris tersebut. Meski hanya memiliki tinggi sekitar 12 meter dan lebar 26 meter, kecantikan air terjun ini akan mencuri hati kamu.

Di bawah air terjun, terdapat kolam alami dengan kedalaman 4 meter. Kolam ini biasanya digunakan anak-anak yang tinggal di sekitar sana untuk loncat dari atas jembatan. Air terjun ini juga berada di aliran sungai Temam. Di atasnya terdapat sebuah jembatan gantung yang melintang 100 meter, jadi para pengunjung bisa melihat air terjun dari sini. Tentunya dengan sudut pandang yang mengagumkan.  

Menariknya air terjun ini pertama kali dikenalkan oleh orang Belanda tahun 20-an. Hal ini dikarenakan area tersebut dahulu menjadi lokasi favorit orang Belanda untuk berlibur, lho.

Air terjun ini berlokasi di Kelurahan Rahma Kecamatan Lubuk Linggau Selatan I, Kota Lubuk Linggau Sumatera Selatan. Jarak dari kota Lubuklinggau sendiri menuju air terjun berjarak 11 kilometer, bisa ditempuh dengan waktu 35 menit berkendara. Sedangkan dari Palembang, jaraknya 7 jam berkendara dan dari Bengkulu 4 jam berkendara.

2. Perpaduan Sempurna Indahnya Kebun Teh dan Air Terjun di Cughup Embun

Cughup embun ini lokasinya nggak jauh dari Kota Pagaralam. Kesejukannya akan makin terasa karena berada tepat di kaki gunung dempo, lho. Lokasi tepatnya, Cughup ini berada di Kelurahan Curup Jare, Kecamatan Pagaralam Utara.

Saat mengunjungi wisata air terjun ini, kamu akan disambut dengan indahnya panorama perkebunan teh yang berpadu sempurna dengan eksotisme air terjun. Kecantikan Cughup Embun makin paripurna dengan rimbun pepohonan tinggi kehijauan yang menambah suasana makin asri.

3. Keunikan Cughup Maung dan Aliran Airnya yang Cantik

air terjun palembang
Sumber: shutterstock.com

Cughup Maung menjadi salah satu destinasi wisata air terjun yang memiliki keunikan. Air terjun dengan ketinggian hampir 80 meter ini memiliki aliran air yang terbagi-bagi oleh dinding jurang dan rerumputan hijau.

Hal ini yang menjadikan Cughup Maung terlihat indah dengan deras aliran air yang berbeda dari air terjun kebanyakan. Nggak heran, air terjun ini menjadi destinasi favorit wisatawan. Cughup Maung sendiri berlokasi di Kabupaten Lahat, Kecamatan Gumay Ulu.

4. Menikmati Kecantikan Air Terjun dan Kupu-Kupu Kuning di Cughup Tujuh Kenangan

Selanjutnya, ada Cughup Tujuh Kenangan yang juga nggak kalah menawarkan keindahan memesona. Salah satu hal yang menarik dari air terjun ini adalah kolam berair jernih dan perosotan dari batuan alam yang selalu dialiri air. Oh iya, kamu juga bisa menikmati kecantikan kupu-kupu kuning yang beterbangan di sekitar air terjun.

Cughup Tujuh Kenangan berlokasi di Kelurahan Dempo Makmur, Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagaralam. Nantinya, kamu harus jalan sejauh 500 meter dan melewati area perkebunan kopi agar sampai di air terjun ini.

5. Berkeliling Air Terjun Sambil Melihat Hewan Langka di Sekitar Cughup Panjang

Masih berlokasi di Kabupaten Lahat, kali ini ada Cughup Panjang yang juga menarik buat dikunjungi. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 50-60 meter. Kecantikannya makin memesona degan pepohonan rimbun dan besar yang mengelilingi aliran air terjun.

Menariknya, di sini kamu bisa menemui berbagai hewan langka seperti siamang, kalong, simpai, burung Enggang yang jadi penghuni hutan yang mengelilingi air terjun ini. Kalau tertarik ke sini, Cughup Panjang berlokasi di Kabupaten Lahar, berjarak 2 kilometer dari Desa Tanjung Sirih, Kecamatan Pulau Pinang.

6. Air Terjun dengan Kontur Unik di Cughup Buloh

Cughup Buloh jadi destinasi air terjun berikutnya yang juga nggak boleh dilewatkan. Jika biasanya air terjun hanya memiliki satu atau dua aliran air, Cughup Buloh memiliki perbedaan. Aliran airnya mengalir deras pada undakan-undakan batu. Hal ini membuatnya terlihat sangat indah, lho. Suasana asri dari pepohonan rindang di sekelilingnya juga menambah keindahan makin sempurna.

Air terjun ini berlokasi di Desa Lubuk Selo, Kecamatan Gumay Ulu, Kota Lahat. Waktu tempuh dari Kota Lahat ke Desa Lubuk Selo sendiri sekitar 50 menit. Kamu bisa menempuhnya dengan kendaraan motor atau mobil pribadi. Setelah sampai di desa, kamu bakal membutuhkan waktu 20 – 25 menit menelusuri kebun warga dan trekking mencapai air terjun.

7. Air Terjun Bedugung: Air Terjun dengan Ketinggian Luar Biasa

air terjun palembang
Sumber: shutterstock.com

Air terjun ini termasuk salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 99 meter, lho. Pemandangan alamnya yang ditawarkan air terjun Bedugung ini juga begitu memukau. Keunikan dari air terjun ini adalah aliran airnya yang berasal dari celah bukit yang nggak pernah kering. Di bagian bawah, aliran air ini membentuk sungai kecil yang diselingi batuan besar.

Air Terjun Bedegung berlokasi di Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim. Kamu akan menempuh 1,5 – 2 jam perjalanan dengan jarak 177 km menuju lokasi ini dari Palembang. Jalan darat menuju obyek wisata ini bisa dilewati bus ataupun kendaraan pribadi.

8. Cughup Lematang Indah, Destinasi Populer di Kalangan Wisatawan

Cughup Lematang Indah merupakan salah satu destinasi air terjun yang populer di kalangan masyarakat sekitar dan wisatawan. Air terjun ini sudah dikelola menjadi objek wisata dengan fasilitas cukup lengkap. Keindahan air terjun dengan ketinggian 100 meter ini nggak perlu diragukan lagi deh!

Berada di Kelurahan Perahudipo, Lokasinya juga sangat strategis, sekitar 200 meter dari jalan raya Pagaralam-Lahat. Menariknya, aliran air terjun yang cukup deras di Cughup Lematang Indah seringali dimanfaatkan untuk olahraga arung jeram, lho.

9. Niagara Palembang Lainnya, Cughup Selingsing

Cughup selingsing juga memiliki bentuk air terjun melintang, mirip dengan Niagara. Bedanya dengan air terjun Temam, air terjun ini terlihat lebih pendek. Air terjun ini juga jadi favorit wisatawan. Nama Selingsing ini diambil dari perkebunan karet yang ada di wilayah Sungai Selingsing. Sumber air dari cughup ini juga berasal dari sungai tersebut.

Air terjun ini berlokasi di Dusun III, Desa Tanjung Agung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muaraenim. Akses menuju air terjun ini juga nggak susah kok, sobat tiket!

Menjelajahi Wisata Air Terjun di Palembang Ternyata Seru!

Terkenal akan keindahan pesona alamnya, air terjun di Palembang jadi wisata primadona yang digemari. Ada banyak deretan air terjun indah yang harus dikunjungi. Selain wisata alam seperti air terjun, kamu juga bisa mengunjungi wisata budaya Palembang ini, lho!

Agar bisa mengunjungi berbagai tempat wisata menarik yang ada di Palembang, lebih efisien jika kamu sewa mobil di Palembang di tiket.com lho, sobat tiket. Jadi, bisa di pastikan tidak akan ada tempat wisata yang tertinggal untuk kamu kunjungi karena permasalahan jarak dan transportasi.