,

5 Tips Travelling Saat Berpuasa

#TravelTips : Berpuasa merupakan kewajiban umat muslim yang harus dilakukan saat bulan Ramadan tiba. Namun, bagaimana ketika Anda harus melakukan perjalanan jauh, apakah Anda akan tetap berpuasa?

Disusun Tiket.com, berikut tips agar kegiatan travelling Anda tetap lancar meskipun berpuasa.

  1. Konsumsi makanan bergizi lengkap saat sahur. Usahakan untuk tidak melewatkan makan sahur Anda. Perbanyak konsumsi sayur dan makanan yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi Anda. Kemudian diseimbangi dengan minum air putih yang banyak, karena tubuh kita membutuhkan pasokan air yang cukup agar tidak menjadi lemas. Dan yang terpenting, jangan lupa mengkonsumsi vitamin agar stamina Anda tetap kuat saat travelling.
  2. Pilih waktu travelling dengan tepat. Pilih waktu travelling Anda dengan baik. Hindari bepergian pada saat matahari sedang bersinar dengan teriknya karena dapat menimbulkan dehidrasi. Pilih waktu di pagi hari atau di sore hari agar perjalanan Anda lebih menyenangkan. Persiapkan bekal bagi yang travelling sore hari untuk persiapan buka puasa di perjalanan
  3. Siapkan segala kebutuhan pribadi Anda untuk travelling. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan pribadi Anda seperti Al Quran, sarung dan mukena. Sehingga Anda tetap dapat menjalankan ibadah selama travelling. Sediakan pula air mineral untuk persiapan buka puasa ketika terpaksa harus berbuka puasa saat perjalanan.
  4. Pilih destinasi yang tepat untuk travelling. Pilihan destinasi travelling yang terlalu jauh akan membuat energi terbuang lebih banyak dan rasa lelah lebih cepat muncul.  Penting untuk memilih destinasi yang berada di dalam ruangan karena dapat menghemat energi Anda. Minimalkan penggunaan tenaga fisik Anda untuk tidak melakukan kegiatan yang mengeluarkan banyak keringat.
  5. Tetap lakukan aktivitas yang mendukung ibadah saat travelling. Travelling bukan menjadi penghalang bagi Anda untuk tetap melakukan kegiatan yang mendukung ibadah seperti bersedekah, membaca Al Quran saat di perjalanan, menahan amarah dan menghindari hal-hal negatif yang dapat terjadi ketika dalam perjalanan. Kunjungi masjid-masjid setempat dan shalat Tarawih di sana untuk lebih mengenal kebiasaan dan budaya yang mungkin berbeda dari keseharian di masjid dekat rumah Anda.

Nah, berpuasa bukan berarti Anda harus berdiam diri di rumah dan menghentikan segala aktivitas Anda. Semoga tips ini bermanfaat dan hasrat untuk travelling terpenuhi meskipun sedang berpuasa 🙂

(ME)