,

5 Tips Mendapatkan Foto Terbaik Saat Liburan

Serunya mendaki gunung Bromo, menikmati indahnya sunset di Pulau Dewata, dan melihat megahnya candi-candi di Bodobudur. Setiap perjalanan memiliki cerita tersendiri yang tidak mudah dilupakan. Belum lengkap rasanya jika Anda belum berfoto saat liburan. Berikut adalah 5 tips mendapatkan foto terbaik saat liburan.

  1. Survei LokasiCarilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai destinasi liburan Anda dengan melakukan browsing dari internet atau membaca majalah travel. Melalui internet, Anda akan mendapatkan banyak informasi melalui blog atau forum yang sudah dibahas oleh para traveller yang sudah berpengalaman, seperti lokasi yang rumit dalam pengambilan foto dan waktu yang tepat untuk berpergian.
  2. Mengenal “Golden Hour”Cahaya yang paling baik untuk mengambil foto adalah ketika ‘golden hours’. Satu jam setelah matahari terbit (sunrise) dan satu jam sebelum matahari terbenam (sunset). Dalam kurun waktu tersebut, Anda mendapatkan kualitas cahaya terbaik saat memotret. Ketika ingin menghasilkan siluet, setelah mengatur komposisi cobalah untuk mengukur cahaya dengan latar belakang yang paling terang. Ketika turis yang lain masih tidur, Anda harus bangun lebih awal untuk mendapatkan foto yang terbaik.
  3. Pengambilan Sudut Foto (Angle)Gunakanlah sudut pengambilan foto yang tepat agar menghasilkan sebuah foto yang enak dilihat. Jangan terlalu terburu-buru untuk menjepret foto Anda, agar foto yang dihasilkan menjadi bagus dan jernih. Mulailah dari yang paling mudah (sejajar dengan objek), kemudian cobalah dengan berbagai sudut pandang yang lebih rumit seperti dari atas, bawah, samping sampai kepada sudut yang ekstrim.
  4. Hindari Penggunaan FlashPenggunaan flash pada sebuah foto akan menghasilkan gambar yang terlihat kurang natural, sebisa mungkin hindarilah pemakaian flash pada ponsel atau kamera Anda saat liburan, manfaatkan pencahayaan yang sudah ada dengan natural.
  5. Pencahayaan yang BaikBacklight seringkali menjadi masalah dalam mengambil foto di tempat terbuka. Untuk menghindari hal tersebut Anda harus menempatkan diri di arah yang sama dengan cahaya yang datang, maka cahaya tersebut akan menyorot Anda secara langsung dan membuat background terlihat lebih cerah. Cara yang kedua adalah Anda bisa membelakangi datangnya sinar matahari namun harus ada atap atau sesuatu yang menggantung di atas Anda, maka Anda akan mendapatkan open shade dimana pencahayaan untuk wajah Anda akan lebih terlihat lembut dan background akan terlihat lebih cerah.

Yuk, Jadikan Lebih Unik dan Personal!

Setelah mengikuti tips di atas tentunya Anda akan menghasilkan foto yang bagus. Mencetak momen liburan dalam bentuk foto tentu sudah biasa Anda lakukan. Namun bagaimana jika foto Anda dapat dijadikan photo books, canvas art, magnet kulkas, bantal, dan aneka pernik lainnya hanya dengan menggunakan personal computer atau gadget Anda?