, ,

5 Tips Ketika Menghadiri Prosesi Waisak

Prosesi Waisak selalu memiliki daya tariknya sendiri. Ibadah puncak yang diadakan di komplek Candi Borobodur ditutup dengan pelepasan 1.000 lampion. Khidmat sekaligus memukau setiap mata yang tertuju pada perayaan tersebut. Momen yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat setiap tahunnya membuat Anda penasaran untuk melihat bagaimana prosesi ini berlangsung. Namun ada baiknya sebelum melihat prosesi perayaan Waisak, Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Cari Informasi

Cari tahu sebanyak-banyaknya tentang informasi perayaan Waisak. Anda dapat memulainya dengan prosesi perayaan Waisak, tata cara melihat prosesi Waisak, rundown prosesi Waisak serta apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama melihat porsesi Waisak. Informasi ini juga berguna bagi Anda untuk menyusun itenerary perjalanan serta membuat fisik dan mental lebih siap dalam mengikuti prosesi Waisak.

  1. Pilih Transportasi

Kereta Api. Malas bawa kendaraan pribadi, Anda dapat menggunakan kereta api sebagai pilihan transportasi darat. Selain lebih nyaman, dengan menggunakan kereta api Anda dapat menyimpan tenaga untuk mengikuti prosesi Waisak. Banyak berbagai pilihan kelas kereta api yang sesuai dengan keinginan Anda.

Pesawat. Tidak sempat melakukan pemesanan kereta api, bukan berarti Anda tidak dapat ikut melihat prosesi perayaan waisak. Pesawat terbang bisa jadi pilihan transportasi terbaik. Meski di Magelang tidak ada bandara, Anda dapat memanfaatkan Bandara Adi Sucipto yang berada di Yogyakarta. Ada banyak berbagai pilhan penerbangan lokal yang tersedia bagi Anda yang ada di luar Pulau Jawa.

Sewa mobil. Sudah sampai Yogyakarta, Anda dapat menyewa mobil untuk melanjutkan perjalanan ke lokasi perayaan Waisak. Bagi Anda yang pergi bersama beberapa teman, menyewa mobil untuk perjalanan dari Yogyakarta ke Magelang bisa jadi pilihan yang tepat. Lokasi perayaan yang tersebar di beberapa titik serta kenyamanan berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain bisa menjadi pertimbangan.

  1. Pilih Penginapan.

Ada banyak penginapan yang bisa dipilih di Yogyakarta dan Magelang. Memilih penginapan di Magelang berarti Anda lebih dekat dengan tempat perayaan dan waktu yang dimiliki  untuk beristirahat juga lebih banyak. Namun tidak ada salahnya jika memilih penginapan di Yogyakarta, Anda jadi memiliki banyak pilihan tempat wisata untuk dijelajahi.

  1. Gunakan Tas Ransel

Ada banyak keuntungan menggunakan tas ransel selain lebih ringkas, tas ransel juga dapat diisi dengan berbagai barang seperti  baju ganti, kamera, obat-obatan dan berbagai hal lainnya. Jangan lupa bawa payung atau jas hujan untuk jaga-jaga. Buat Anda yang ingin mengabadikan momen tersebut, baterai kamera cadangan sangat membantu. Usahakan perbekalan dapat dibawa dalam 1 tas saja, agar lebih memudahkan Anda.

  1. Jaga Sikap Anda

Waisak adalah sebuah prosesi keagamaan, posisikan diri Anda sebagai umat bukan sebagai turis yang sedang melihat sebuah atraksi. Jaga sopan santun dan sikap Anda selama prosesi waisak berlangsung. Anda dapat memulainya dengan menggunakan pakaian yang sopan. Selanjutnya, pastikan Anda tidak menghalangi akses jalan yang akan dilalui oleh rombongan biksu dan umat yang akan beribadah. Tidak kalah penting, jangan menggunakan flash saat mengambil foto. Selain tidak sopan, menggunakan flash akan sangat mengganggu para biksu yang sedang berdoa.

Itulah beberapa hal yang bisa diperhatikan saat akan mengikuti prosesi Waisak. Anda memiliki pengalaman saat mengikuti prosesi Waisak? Ayo berbagi tips dan pengalaman Anda lewat komen dibawah ini.