makanan khas semarang

,

5 Makanan Khas Semarang yang Enak & Ngangenin

Makanan Khas Semarang – Siapa yang suka jalan-jalan ke Semarang? Sebagai pusat pemerintahan dan ibu kota dari Propinsi Jawa Tengah, Semarang memang telah lama menjadi tujuan wisata bagi banyak orang. Entah untuk singgah lama atau sekedar numpang lewat, Semarang memang selalu saja ramai dikunjungi. Bahkan, meskipun dianggap sebagai salah satu kota modern di Jawa Tengah, Semarang tetap punya pesona tersendiri lewat berbagai kuliner khas Semarang dan berbagai lanskap serta tujuan wisata di dalamnya.

Eh, bicara soal pesona Kota Semarang, kalau kamu mau jalan-jalan ke Semarang, jangan lupa juga untuk wisata kuliner sambil mencicipi berbagai makanan khas Semarang yang ada di kota eksotik ini. Ya, Semarang itu punya banyak jajanan dan kuliner enak, loh. Jadi, jalan-jalan ke Semarang pasti belum lengkap kalau belum wisata kuliner ke berbagai tempat ini.

Apa saja sih makanan khas Semarang yang harus kamu coba kalau datang ke ibukota Jawa Tengah ini? Yuk cek daftar makanan khas Semarang yang wajib kamu cobain di kota ini, Sobat Tiket!

Daftar Makanan Khas Semarang yang Enak & Ngangenin

1. Lumpia Gang Lombok

Ngomongin soal makanan khas Semarang nggak bakal lengkap kalau belum menyebut nama lumpia. Memang bener sih, Sobat Tiket. Kalau soal cemilan khas, ingat Semarang pasti ingat juga sama lumpia. Nah, bicara soal lumpia, jangan tanggung-tanggung, kamu harus sekalian coba lumpia legendarisnya. Makanan khas Semarang ini pasti bisa bikin kamu kangen buat balik terus ke Semarang.

Makanan Khas Semarang - Lumpia gang Lombok
Sumber

Lumpia Gang Lombok adalah satu dari beberapa kedai lumpia Semarang yang perlu kamu coba. Lumpia Gang Lombok memang legendaris banget dan terkenal seantero Semarang (dan mungkin se-Jawa). Kalau kamu belum pernah mencoba lumpia sama sekali dan ingin mencoba rasa asli lumpia, maka kamu wajib banget nyobain Lumpia Gang Lombok ini. Di sini, kamu akan menemukan dua jenis lumpia, basah dan goreng. Penasaran? Langsung kunjungi saja warungnya, di dekat Klenteng Tay Kak Sie, di sekitar Pasar Johar. Mau mencicipi makanan khas Semarang yang satu ini?

2. Mie Kopyok Pak Dhuwur
Semarang memang surganya makanan enak. Ini nih makanan khas Semarang selanjutnya yang harus kamu coba. Selain punya berbagai kuliner tradisional khas Jawa, Semarang juga dikenal sebagai gudangnya berbagai kuliner berbahan dasar mie. Jika kamu suka banget sama berbagai kuliner mie, maka Kota Semarang bisa jadi tujuan jalan-jalan yang pas, Sobat Tiket.

Makanan Khas Semarang - mie kopyok pak dhuwur
Sumber

Salah satu kuliner mie yang perlu kamu cicipi ketika berkunjung ke Semarang adalah Mie Kopyok Pak Dhuwur. Terletak di Jalan Tanjung No. 18, Mie Kopyok Pak Dhuwur menyajikan cita rasa legendaris dari sebuah mie rebus. Rasakan nikmatnya mie rebus dengan cita rasa pedas yang dicampur dengan bumbu kacang dan bahan lainnya seperti telur. Nikmat! Mau mencicipi makanan khas Semarang yang satu ini nggak, Sobat Tiket?

3. Rumah Makan Kampung Laut
Jalan bersama pasangan, atau sedang berbulan madu di Semarang dan sekitarnya? Kalau begitu kalian patut berkunjung ke rumah makan yang satu ini. Tempatnya cocok dan romantis banget untuk makan malam bersama pasangan.

makanan khas Semarang
Sumber

Ya, nama tempatnya Rumah Makan Kampung Laut. Sesuai dengan namanya, rumah makan ini memang berada terapung di permukaan air. Selain romantis, rumah makan ini juga punya berbagai menu kuliner seafood yang menggugah selera. Dan yang paling kerennya lagi, sambil menikmati pemandangan yang keren dan menyantap hidangan terbaik, kamu juga bisa memancing di rumah makan ini, loh.

4. Waroeng Semawis
Enggak bisa tidur dan ingin keluyuran tengah malam sambil wisata kuliner? Di Semarang, semua itu bisa banget kamu lakukan. Berkunjung aja ke Waroeng Semawis.

Makanan Khas Semarang - Waroeng Semawis
Sumber

Waroeng Semawis, atau yang biasa dikenal dengan nama warung tengah malam, memang punya banyak kuliner yang enak disantap saat lapar tengah malam. Di sini, ada berbagai warung tenda yang menyajikan beragam menu favorit, mulai dari menu oriental, hingga menu nusantara. Tempatnya juga enak untuk dijadikan tempat berkumpul bersama teman.

5. Soto Bangkong
Membahas kuliner nusantara itu rasanya belum lengkap jika belum membahas soal soto. Indonesia itu memang gudangnya soto. Dari ujung barat ke ujung timur, pasti punya berbagai menu soto yang khas. Salah satunya adalah soto bangkong di Kota Semarang.

Makanan Khas Semarang - soto bangkong
Sumber

Jika kamu sedang jalan-jalan ke Kota Semarang, soto bangkong memang salah satu menu wajib yang perlu kamu cicipi. Kuliner soto yang sudah ada sejak tahun 1950-an ini memang populer banget dan punya cita rasa yang khas. Bahkan, soto bangkong punya bumbu rahasia yang tidak semua orang tahu. Wah, bikin makin penasaran kan?

Itu dia 5 makanan khas Semarang yang sangat direkomendasikan untuk kamu cicipi pas jalan-jalan ke Semarang. Jangan cuma mencari makanan khas Semarang aja, terusin juga perjalananmu buat mencari oleh-oleh khas Jogja kekinian yang ngehits abis.

Kalau kamu mau jalan-jalan ke Semarang, pesan tiket pesawat ke Semarang di tiket.com. Banyak hotel murah dan nyaman yang bisa kamu pilih sebagai tempat menginapmu.

Mau ke mana? Ke mana pun, tiket.com aja!