Oleh-Oleh Khas Jogja Kekinian

,

14 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Jogja Kekinian, Enaknya Nagih Banget!

Oleh-Oleh Khas Jogja Kekinian – Sobat tiket, kamu pasti nggak akan nolak dong, kalau diajak liburan ke Kota Jogja? Bener kan? Apalagi kalau liburannya bareng teman-teman dan punya kesempatan buat mengunjungi tempat wisata paling seru di sekitar Kota Pelajar ini. 

Sepulangnya dari Jogja, tentunya kamu harus bawa oleh-oleh dari Jogja buat keluarga di rumah. Hal ini udah identik banget deh pokoknya! Kalau kamu bingung apa oleh-oleh Jogja kekinian yang bisa kamu, lebih baik simak daftar oleh-oleh khas Jogja kekinian di bawah ini, nih.

Oleh-Oleh Khas Jogja Kekinian, Wajib Kamu Beli!

1. Brownies Ubi Ungu

Kalau main ke Jogja, jangan lupa buat bawa oleh-oleh khas Jogja kekinian yang disebut brownies ubi ungu. Oleh-oleh Jogja kekinian yang satu ini pas banget loh buat kamu yang gemar makan kue basah. 

Oleh-Oleh Khas Jogja - brownies ubi

Ubi ungu atau dalam Bahasa Jawa disebut telo ungu ini juga memiliki rasa yang lezat dan tentunya… mengenyangkan! Nggak hanya sobat tiket, tapi orang-orang yang nyicipin brownies ini juga akan ketagihan deh!

2. Keripik Tempe Sagu

Oleh-oleh keripik tempe adalah salah satu makanan ringan khas Jogja yang klasik banget dan pastinya sudah dikenal oleh banyak orang. Namun, jangan salah, sobat tiket. Sekarang udah ada inovasi baru dari keripik tempe yaitu keripik tempe sagu yang kriuk dan renyah abis.

Oleh-Oleh Khas Jogja - keripik tempe sagu

Nah, kamu bisa banget nih bawa oleh-oleh khas Jogja kekinian yang satu ini, sebagai buah tangan spesial buat keluarga di rumah. Dijamin mereka pasti suka kok dengan keripik tempe sagu ini.

3. Peyek Mbok Tumpuk

Emang paling enak kalau bengong sambil ngemil peyek yang gurih. Kalau ke Jogja, kamu jangan lupa buat beli camilan peyek Mbok Tumpuk sebagai buah tangan, ya. Oleh-oleh khas Jogja kekinian ini dibuat dari tepung beras dan kacang tanah yang enak banget.

Oleh-Oleh Khas Jogja - peyek mbok tumpuk

Makanya, kamu harus bawa oleh-oleh Jogja kekinian yang satu ini biar nggak pulang dengan tangan kosong setelah liburan ke Jogja.

4. Pai Apel

Nih, oleh-oleh khas Jogja kekinian lainnya yang bisa bikin kamu punya alasan terus buat pergi ke Jogja. Yang spesial dari kue apel sebagai oleh-oleh khas Jogja kekinian ini, citarasa apelnya dibuat langsung dari buah apel segar, lho.

Oleh-Oleh Khas Jogja - pie apel

Jadi, pembuatan topping pai apelnya gak dibuat dari olesan selai apel aja. Makanya, citarasa pai apel yang satu ini bisa bikin kamu merem melek saking lezatnya. Mau coba?

5. Wader Crispy

Ada lagi nih oleh-oleh khas Jogja kekinian yang ngehits abis. Jogja punya makanan ringan berupa keripik ikan kecil-kecil yang digoreng dengan balutan tepung. Rasa dari olahan ikan wader ini sangat gurih dan crispy karena diolah dengan bumbu pilihan yang berkualitas. 

Kamu bisa bawa nih olahan wader crispy sebagai salah satu alternatif oleh-oleh khas Jogja terbaru buat keluarga di rumah.

6. Gudeg Kaleng

Ke Jogja tanpa makan gudeg pasti rasanya ada yang kurang kan, sobat tiket? Bahkan, kamu mungkin aja pengen sekalian bawa olahan gudeg buat dibawa ke rumah. Namun, karena gudeg adalah makanan basah, bisa aja gudeg yang kamu bawa malah tumpah atau berceceran ke mana-mana.

Gudeg kaleng

Nah, sekarang udah ada inovasi baru kemasan gudeg dalam kaleng. Oleh-oleh khas Jogja kekinian terbaru yang satu ini pastinya bisa bikin seluruh keluarga yang menantimu di rumah bisa ikut merasakan lezatnya gudeg yang kamu bawa dari Jogja, sobat tiket.

7. Bakpia

Oke, oke. Belum lengkap namanya kalau bicara tentang oleh-oleh khas Jogja paling enak tapi belum menyebut nama oleh-oleh khas Jogja yang paling legendaris ini. Yap, betul banget, sobat tiket! Dari waktu ke waktu, popularitas bakpia memang belum terkalahkan. 

Oleh-Oleh Khas Jogja - bakpia

Apalagi sekarang sudah banyak banget variasi rasa bakpia khas Jogja yang bisa kamu pilih sesuai selera. Makin mantap, deh!

8. Jogja Scrummy

Kalau yang satu ini adalah oleh-oleh khas Jogja kekinian terbaru yang digagas oleh seorang aktor ternama ibukota yaitu Dude Harlino. Oleh-oleh khas Jogja kekinian yang diberi nama Jogja Scrummy adalah perpaduan yang pas banget dari brownies kukus dan puff pastry.

Jogja scrummy
Source: https://jogjascrummy.com/

Aneka pilihan rasa yang bisa kamu pilih, diantaranya adalah coklat, kacang, cheese original, frosting cheese, taro, dan caramel. Mau nyobain Jogja Scrummy ini juga nggak, Sobat Tiket?

9. Geplak

geplak

Jangan lupa bawa geplak kalau pulang liburan dari Jogja. Geplak adalah oleh-oleh enak Jogja yang nggak bakal lekang dimakan zaman. Makanan ringan legendaris khas Jogja ini dibuat dari parutan kelapa dan gula. Rasanya jangan ditanya… manis banget kayak senyuman kamu!

10. Bakpia Princess Cake

Buat kamu yang demen makan bakpia khas Jogja, kamu bisa mencicipi inovasi baru bakpia yang disebut Bakpia Princess Cake. Oleh-oleh khas Jogja kekinian terbaru ini dibuka gerainya oleh Princess Syahrini yang pastinya udah kamu kenal karena gaya cetarnya. 

Bakpia princess cake

Bakpia Princess Cake ini berukuran besar dan bisa kamu nikmati rame-rame, lho. Ada juga varian rasa yang maknyus abis seperti durian, double cheese, strawberry, red bean, dan choco banana. Legit abis!

11. Bakpia Kukus Tugu Jogja

Selain bakpia pathok, Jogja juga terkenal dengan bakpia kukus nya lho, sobat tiket. Bakpia kukus Tugu Jogja menjadi oleh-oleh khas Jogja kekinian yang bisa kamu bawa sebagai buah tangan untuk keluarga dan kolega.

Bakpia Kukus Tugu Jogja

Dengan adonan lembut dan berbagai macam varian rasa seperti coklat, kacang hijau, kacang merah, dan keju, rasa makanan ini bisa bikin kamu ketagihan deh!

12. Yangko

Oleh-oleh khas Jogja satu ini merupakan jenis makanan yang terbuat dari olahan tepung ketan. Mungkin sobat tiket akan teringat Mochi saat makan makanan yang satu ini. Meskipun hampir mirip dengan mochi, namun dari segi tekstur Yangko lebih padat ya, sobat tiket.

Dengan bentuknya yang kotak dan dibaluri tepung ketan, makanan dengan isian kacang ini juga memiliki varian rasa yang bisa kamu pilih lho. Seperti rasa buah-buahan berupa stroberi, melon, durian, dan sebagainya.

13. Tasuba (Tahu Susu Bakso)

Untuk sobat tiket yang berasal dari luar Jogja, tentunya nama makanan satu ini masih asing untuk kamu kan? Namun, berbeda dengan kota asalnya ini. Tasuba menjadi oleh-oleh khas Jogja kekinian yang wajib kamu beli saat pergi ke kota Yogyakarta.

Tahu susu yang diisi dengan bakso ini memang menjadi makanan yang paling nikmat untuk disantap bersama keluarga. Jadi, jangan lupa ya untuk membawakan Tasuba yang lembut dan gurih ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

14. Keripik belut

Sobat tiket pastinya sudah hafal banget deh, kalau ke Jogja tentu keripik belut menjadi andalan untuk dibawa sebagai oleh-oleh. Rasanya yang gurih dan garing memang menjadikan camilan satu ini sebagai oleh-oleh yang tepat ketika kamu bingung untuk menentukan pilihan.

Liburan ke Jogja dengan Promo tiket.com Jadi Lebih Murah!

Nah, sekarang pastinya kamu udah tahu dong mau bawa oleh-oleh apa dari Jogja? Jangan lupa, kunjungi 6 tempat wisata alam di Jogja ini saat kamu liburan di Kota Gudeg ini. Butuh rekomendasi kamar hotel yang murah dan nyaman? Buruan, cek dan pesan hotel di Jogja hanya di tiket.com!