tari kecak uluwatu

,

5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Menonton Tari Kecak

Bali memang masih punya segudang pesona buat dikunjungi. Bahkan saking banyaknya, Bali itu masih menjadi tujuan yang tidak pernah terasa bosan. Mulai dari tarian, tempat wisata, hingga kuliner, Bali punya banyak pilihan untuk mengisi waktu liburan. Salah satu budaya yang populer dan wajib untuk dikunjungi di Bali adalah Tari Kecak Uluwatu.

Siapa sih yang tidak tahu tentang kesenian asli Bali ini? Kita sih yakin kalau Sobat Tiket pasti sudah tidak asing sama Tari Kecak Uluwatu ini. Namun, meskipun kamu semua sudah paham dan mengerti soal tarian khas ini, ternyata ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum menonton Tari Kecak Uluwatu. Dan sayangnya, masih banyak di antara kita yang belum tahu atau melupakan hal-hal ini.

Berikut beberapa hal yang perlu kamu tahu sebelum menonton Tari Kecak Uluwatu

1. Datang Sebelum Jam 4 Sore
Coba tanya ke teman di sekitarmu yang pernah ke Uluwatu namun gagal menonton Tari Kecak. Pasti kebanyakan dari mereka memiliki kendala kehabisan tiket.

Ya, seperti kebanyakan pengunjung atau wisatawan lainnya, kehabisan tiket memang menjadi faktor terbesar gagalnya seseorang menonton Tari Kecak Uluwatu. Untuk menghindari hal ini, ada baiknya kamu datang lebih awal sebelum loket tiket dibuka. Biasanya, loket tiket dibuka pukul 17.00 WITA dan antreannya cukup kacau. Maka dari itu, datang dan stand by dari jam 4 sore adalah waktu yang tepat.

2. Menggunakan Kain Khusus
Pada saat mengunjungi Pura Uluwatu yang menjadi lokasi Tari Kecak, kita akan melihat sebuah kotak besar berisi dua jenis kain, berwarna ungu dan kuning (atau jingga).

Sebagai pengunjung Pura Uluwatu, kita diwajibkan untuk menggunakan kain ini saat masuk ke lokasi. Jangan sampai kamu lupa untuk memakainya yah. Warna ungu diperuntukkan untuk mereka yang menggunakan celana pendek atau rok pendek. Sedangkan kain berwarna kuning atau jingga diperuntukkan untuk mereka yang menggunakan celana atau rok panjang.

3. Menyimpan Barang-Barang Berharga
Saat mengunjungi Pura Uluwatu, pasti kamu sering mendengar pengumuman untuk menyimpan barang-barang berharga. Sebenarnya untuk apa sih?

Jawabannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menghindari diri kita dari gangguan para monyet-monyet di sekitar kawasan Pura Uluwatu. Ya, monyet-monyet ini sangat suka dengan barang-barang yang berkilau dan terlihat mahal seperti perhiasan, gadget, dan bahkan kaca mata. Dan satu hal yang perlu kamu tahu, monyet-monyet ini sangat cerdas. Jadi kalau kamu pikir kamu menyimpan barangmu dengan sekadarnya sudah membantu, lebih baik pikir lagi deh.

4. Dua Pintu Masuk
Ada beberapa hal yang sepertinya tidak banyak diketahui oleh para pengunjung Pura Uluwatu, terutama bagi mereka yang ingin pergi menonton Tari Kecak Uluwatu. Salah satunya adalah pintu masuk.

Kebanyakan dari kita, yang pergi sendiri dan baru pertama kali menginjakkan kaki di Pura Uluwatu, pasti kita akan diarahkan ke pintu sebelah utara Pura yang berada di sisi kanan parkir. Padahal, jika tujuanmu adalah untuk menonton Tari Kecak Uluwatu, kamu bisa langsung masuk ke pintu sebelah selatan. Jalur di pintu ini lebih dekat ke arena tari kecak dan loket tiketnya. Selain itu, jalurnya juga lebih aman dari terjangan monyet-monyet.

5. Waktu yang Tepat untuk Mencari Tempat Duduk
Oke, akhirnya setelah mengantre tiket yang super padat dan ramai, kamu pun mendapatkan tiket Tari Kecak yang sangat kamu ingin tonton. Terus, kapan nih waktu yang tepat untuk mencari tempat duduk?

Saat menonton Tari Kecak Uluwatu, posisi yang pas untuk melihat sunset dengan angle foto terbaik ya tentu saja berada di tribun penonton yang tidak terlalu depan. Untuk mendapatkan posisi ini, tentu saja jangan terlalu mepet datangnya. Sekadar informasi, tarian akan dimulai pada pukul 18.00 WITA, jadi datang 30 menit sebelum acara dimulai akan sangat menolong.