Tempat Wisata di Palembang

,

10 Tempat Wisata di Palembang, Tuan Rumah Asian Games 2018

Tempat Wisata di Palembang – Hal pertama yang akan kita cari saat mengunjungi kota atau daerah baru tentunya adalah tempat wisata. Kali ini, kita akan bahas tempat wisata di Palembang nih, Sobat Tiket. Kamu lagi di Palembang dan butuh referensi tempat wisata selama disana? Berarti kamu wajib banget baca artikel ini sampai habis. Di jamin nggak akan nyesel deh!

Palembang yang dikenal sebagai kota pempek ini punya banyak tempat wisata yang nggak kalah seru dan kece nya lho dengan kota-kota besar lainnya. Mulai dari wisata pantai palembang, tempat kekinian di Palembang, sampai tempat-tempat bersejarah yang sekalian menjadi tempat wisata edukasi.

Selain itu, kamu pastinya tau dong kalau Palembang ini menjadi tuan rumah dari Asian Games 2018 ini? Yap, itu karena Kota Palembang memiliki salah satu stadion olahraga terbesar ketiga di Indonesia dengan fasilitas olahraga yang lengkap juga. Nah, sekalian aja yuk kita kenalan sama tempat wisata di kota Palembang yang pada 18 Agustus – 2 September nanti menjadi tuan rumahnya Asian Games 2018.

Mau tau apa aja tempat wisata di Palembang yang keren, hits, dan bikin liburan jadi semakin asik? Simak ulasan berikut ini ya, Sobat Tiket!

Tempat Wisata di Palembang Terbaru 2018

  1. Jembatan Ampera & Sungai Musi

Pertama, kita akan bahas tempat wisata di Palembang yang ikonik banget ini ya, Sobat Tiket. Kamu pasti tau kan, kalau Jembatan Ampera dan Sungai Musi itu hal yang terkenal selain Pempek dari Kota Palembang ini? Jembatan penghubung antara dua daratan di Kota Palembang, yaitu seberang Ulu dan Seberang Ilir ini memiliki panjang sekitar 1.177 meter dan lebar 22 meter.

Bismillah semoga betah di kota orang #ampera#kotapalembang

A post shared by arfiyanto (@poetra_plaksana) on

Jembatan ini menjadi perhatian para turis yang datang ke Kota Palembang karena melambangkan ikon dari kota ini. Selain ikon jembatan, kamu juga bisa lho mengunjungi pasar yang jaraknya tidak jauh dari jembatan Ampera ini untuk membeli berbagai souvenir atau kuliner khas Palembang. Pokoknya, kamu wajib coba ke tempat hits satu ini ya.

  1. Palembang Bird Park

Tempat wisata di Palembang ini cocok banget untuk kamu yang ingin pergi berwisata dengan keluarga. Palembang Bird Park tentunya menyediakan beragam jenis burung yang bisa kamu lihat dan juga ajak berinterakasi. Bird Park ini memang tidak memiliki banyak jenis burung langka seperti Bird Park lainnya, tapi kamu tetap bisa kok melihat beberapa jenis burung langka di tempat ini.

Selain burung, tempat wisata di Palembang satu ini juga menyediakan beberapa jenis hewan lainnya lho. Seperti kelinci, rusa, monyet, kuda poni, domba, kura-kura, ular piton, ikan, dan beberapa jenis hewan lainnya. Gimana, tertarik untuk datang ke Bird Park ini?

  1. OPI Water Fun Jakabaring

OPI water fun adalah salah satu destinasi keluarga yang memiliki konsep permainan air. Tempat wisata di Palembang satu ini bisa kamu andalkan untuk jadi destinasi wisata bersama keluarga lho, Sobat Tiket. Berenang di wahana ini pastinya mengasyikkan deh, karena kamu bisa mencoba beberapa macam fasilitas berenang seperti boom blazer dan smash down. Perosotan dengan ketinggian 12 meter ini bisa membawa kamu pada sensasi berselancar dengan kecepatan tinggi yang pastinya sangat asik. Sedangkan smash down perosotan air yang terbagi menjadi 3 dan pastinya bisa kamu nikmati bersama dengan keluarga atau teman dalam waktu yang bersamaan.

  1. Pulau Kemaro

Pulau yang terletak tidak jauh dari Jembatan Ampera ini menjadi tempat wisata di Palembang yang wajib untuk kamu kunjungi. Selain memiliki banyak spot foto yang instagramable banget, tempat ini juga memiliki sejarah dan bukti bahwa budaya Tionghoa pernah tumbuh dan berkembang di Palembang. Banyaknya anak-anak muda yang berkunjung dan mengabadikan momen mereka dalam sebuah gambar, menjadikan Pulau Kemaro sebagai tempat kekinian di Kota Palembang.

A post shared by Laely Nurhidayah (@laely) on

Jika kamu mengunjungi tempat ini, maka kamu akan menemukan beberapa macam ikon yang sangat khas dan melekat dengan budaya Tionghoa. Seperti patung Dewa Rejeki, Pagoda 9 lantai, hingga Kuil atau Klenteng yang masih aktif digunakan masyarakat sekitar.

  1. Masjid Ceng Ho

Masjid yang didirikan dengan nuansa 3 budaya, yaitu Tionghoa, Arab dan Palembang, menjadi destinasi wisata religi yang wajib kamu kunjungi di Palembang. Didominasi oleh warna merah dan hijau, tempat wisata di Palembang satu ini berada di sekitar komplek perumahan yang dapat memberikan suasana nyaman dan tenang. Nggak Cuma bisa berwisata dan berfoto aja, kamu juga bisa lho sekalian beribadah di Masjid Ceng Ho ini.

  1. Al-Qur’an Raksasa

Kota Palembang memang terkenal dengan wisata religi nya. Jadi, tidak heran kalau kamu akan menemukan banyak tempat wisata di Palembang yang bernuansa ke-Islam-an, seperti yang satu ini. Museum Al-Qur’an Al Akbar, atau yang juga dikenal sebagai Museum Al-Qur’an Raksasa menjadi destinasi wisata favorit warga sekitar dan juga para turis.

Pahatan Ayat Suci Al-Qur’an di atas Kayu Ulin ini memang sangat menakjubkan. Apalagi, proses pembuatannya yang memakan waktu selama 7 tahun ini diresmikan langsung oleh Mantan Presiden RI SBY lho, Sobat Tiket. Penasaran seperti apa sih isi dari Museum ini, buruan deh dateng ke tempat wisata di Palembang satu ini!

  1. Kuto Besak Theater Restaurant

Untuk anak-anak muda yang sedang liburan di Kota Palembang, kamu wajib banget mengnjungi tempat kekinian di Palembang satu ini. Kuto Besak Theater Restaurant atau KBTR ini menjadi resto yang sangat digemari karena memberikan desain interior yang super instagramable! Memasuki resto ini, mata akan dimanjakan dengan keindahan ornament bernuansa klasik modern. Bak berada di era kolonial Belanda bercampur dengan nuansa modern Eropa, dijamin kamu akan betah berada di resto ini. Kamu juga bisa lho menikmati alunan live music di bagian outdoor resto ini. Pokoknya, worth to try deh, Sobat Tiket!

  1. Museum Balaputra Dewa

Sesuai dengan namanya, yaitu Museum. Berkunjung ke tempat ini akan membawa kamu pada masa Pra-Sejarah dengan berbagai macam koleksi peninggalan-peninggalannya. Menjadi tempat wisata keluarga yang cocok banget nih, Sobat Tiket, untuk kamu yang berlibur bersama keluarga. Tidak hanya mendapatkan momen liburannya saja, tapi kamu juga akan mendapatkan ilmu baru mengenai masa peninggalan pra-sejarah, zaman Kerajaan Sriwijaya, hingga zaman Kesultanan Palembang.

Museum ini dibuka setiap hari, kecuali hari Senin dan hanya dikenakan biaya sebesar Rp.1000,- hingga Rp.2.000,- saja lho, Sobat Tiket. Ayo, ajak keluarga dan teman-teman kamu mengunjungi Museum ini untuk memahami kembali  betapa pentingnya sejarah kebudayaan ini.

  1. Wisata Alam Air Terjun Bidadari

Wisata pantai Palembang memang cukup sulit untuk ditemui. Tapi, ada alternative lain nih, Sobat Tiket, kalau kamu ingin berlibur dengan susana air dan alam di kota pempek ini. Salah satunya adalah Wisata Alam Air Terjun Bidadari, terletak di Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Tempat wisata di Palembang satu ini menjadi destinasi yang cukup digemari oleh para pelancong lho.

Air Terjun Bidadari ini dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai tempat mandinya para Bidadari, oleh karena itu tercetus lah nama Air Terjun Bidadari. Tapi, terlepas dari itu semua, wisata alam satu ini cukup menarik dan indah lho untuk dikunjungi.

  1. Arung Jeram Sungai Manna

Satu lagi pengganti wisata pantai Palembang yang wajib kamu coba jika berkunjung ke kota ini. Arung jeram Sungai Manna ini termasuk ke dalam 1 dari 10 destinasi wisata Arung Jeram yang ada di Indonesia lho, Sobat Tiket. Lokasi destinasi wisata ini terletak di Kecamatan Tanjung Sakti, Kabupaten Pagar Alam, Propinsi Sumatera Selatan.

Meskipun untuk bisa menikmati permainan ini kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp.300.000,- per orang dengan minimal 5 orang. Tapi tetap terasa worth it kok, Sobat Tiket, mencoba wahana ekstrem satu ini saat berkunjung di Kota Palembang.

Itu dia rekomendasi tempat wisata di Palembang yang bisa Sobat Tiket pilih saat berlibur di Kota Palembang. Mulai dari tempat kekinian di Palembang, sampai pengganti wisata pantai di Palembang yang bisa Sobat Tiket kunjungi.

Baca juga Ngetrip ke Palembang dengan budget terbatas berikut ini ya.

Jangan lupa, kalau mau jalan-jalan ke Palembang, pesan tiket pesawat online cuma di tiket.com.

Mau ke mana? Ke mana pun, tiket.com aja!