Itinerary
Itinerary

, , ,

Yuk Susun Itinerary Perjalanan Sendiri!

Tidak mau dong, liburan yang sudah diimpikan dan didambakan tidak sesuai eskpetasi yang diharapkan. Apalagi jika Anda sudah menabung, pesan hotel dan beli tiket pesawat dari jauh-jauh hari. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi ada baiknya Anda menyusun itinerary berlibur terlebih dahulu, dengan begitu liburan jadi lebih terorganisir dengan baik dan waktu berlibur Anda tidak tebuang sia-sia. Inilah beberapa tips untuk menyusun itinerary.

  1. Buat daftar destinasi

Jika lokasi berlibur telah ditentukan, kini saatnya mengumpulkan informasi tempat wisaya yang terkait dengan destinasi berlibur. Ada banyak situs perjalanan yang dapat Anda gunakan untuk mencari informasi tersebut. Destinasinya pun beragam, mulai dari wisata budaya, alam makanan, belanja hingga sejarah, tengantung keinginan Anda. Gabungkan destinasi yang sudah populer dan destinasi wisata alternatif atau baru agar liburan menjadi lebih berwarna. Jika Anda telah mengunjungi daerah tersebut, tidak ada salahnya untuk mencoba destinasi yang berbeda.

  1. Pelajari peta destinasi

Sudah mempunyai daftar destinasi wisatanya, kini saatnya mempelajari peta lokasinya. Gunakan aplikasi peta yang sudah ada di gawai Anda. Tandai lokasi mana saja yang akan dikunjungi serta perhatikan beberapa tempat yang bisa jadi ancer-ancer lokasi tujuan. Tidak hanya lokasi wisata, Anda juga akan mengetahui dimana letak stasiun, bandara, hotel tempat menginap, lokasi makan enak hingga tempat belanja murah. Tandai juga lokasi-lokasi penting seperti rumah sakit, kantor polisi hingga kantor-kantor penting lainnya.

  1. Susun urutan destinasi

Hal yang dapat dilakukan berikutnya adalah menyusun urutan destinasinya. Mengurutkan destinasi membuat Anda tidak muter-muter dan perjalanan juga lebih efesien. Anda dapat menghemat banyak waktu dan menghemat biaya dengan mengurutkan destinasi wisata yang ingin dituju. Idealnya peta perjalanan dapat Anda tempuh dengan sekali jalan. Jika ada banyak destinasi yang berbeda, Anda dapat mengelompokkannya ke dalam beberapa wilayah. Misal, wisata kota dan wisata pinggir kota.

  1. Pilih transportasinya

Transportasi yang tepat adalah salah satu hal yang Anda butuhkan untuk mencapai objek wisaya yang telah ditentukan. Ada dua pilihan, menaiki kendaraan umum atau menyewa kendaraan. Jika memilih kendaraan umum seperti bis, kereta komuter dan becak, Anda harus mencari tahu informasi lokasi pemberhentiannya, jam keberangkatan hingga biaya yang dikeluarkan. Sedangkan untuk sewa kendaraan, ada baiknya Anda memesannya sekaligus bersamaan dengan hotel, kereta, atau pesawat jadi pengeluarannya dapat ditentukan di awal.

  1. Realistis

Terakhir, susunlah itinerary dengan realistis. Pahami kekuatan diri, sejauh apa Anda sanggup berkeliling dalam satu hari. Jika Anda pergi sendiri mungkin 5-6 destinasi dapat ditempuh dalam satu hari. Namun jika pergi bersama anak, ada baiknya hanya 3 tempat dalam satu hari. Lokasi ini juga dapat dirundingkan dengan teman perjalanan Anda agar tidak terjadi kesalahpahaman tentang destinasi yang akan dikunjungi.

Di samping hal yang telah disebutkan. Anda juga harus memiliki rencana candangan jika terjadi kondisi-kondisi tertentu seperti hujan, ada yang sakit, atau destinasi wisata yang dituju tutup. Tidak ada salahnya mengubah sedikit itinerary yang telah dibuat agar liburan dapat tetap berjalan. Selamat berlibur!