Tinggalkan Rumah Saat Mudik

, , ,

Tinggalkan Rumah Saat Mudik, Simak Beberapa Tips Berikut Ini

Lebaran beberapa hari lagi. Bagi sebagian orang ini adalah waktu yang tepat untuk mudik, mungkin Anda adalah salah satunya. Tiga hari sampai satu minggu adalah jangka waktu yang biasa diambil untuk mudik. Namun sebelum pulang ke kampung halaman, ada baiknya Anda meninggalkan rumah dalam keadaaan aman. Ya, hal ini harus Anda perhatikan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Apa saja sih yang harus diperhatikan sebelum mudik? Inilah lima tips yang bisa diperhatikan sebelum meninggalkan rumah untuk pulang ke kampung halaman.

1. Simpan Semua Barang Berharga

Hal pertama yang dapat Anda dapat laukan pertama kali saat akan pergi mudik adalah menyimpan semua barang berharga di tempat yang paling aman dan terkunci rapat. Jika merasa perlu, Anda dapat mengunakan brankas agar barang-barang berhaga Anda lebih aman. Anda juga dapat menyimpan barang berharga tersebut di bank atau titipkan ke orang yang dipercaya.

2. Cabut Listrik dan Gas

Cek semua kabel dan stop kontak yang ada di rumah. Pastikan semuanya sudah dalam keadaan mati. Anda bisa cukup menyalakan lampu teras atau lampu halaman saja. Jangan lupa untuk mencabut gas yang menyambung ke kompor. Pastikan tidak ada barang atau benda yang bisa memicu kebakaran atau korsleting listrik.

3. Bereskan Rumah dan Buang Semua Sampah

Ada baiknya, sebelum meninggalkan rumah Anda sudah membereskan dan sampah sudah dibuang semua. Sehingga nantinya ketika pulang, Anda tak lagi berurusan dengan sampah-sampah ini. Selain itu Anda juga harus mengosongkan tempat penampungan air seperti bak mandi atau bak caci. Dua hal ini baik dilakukan agar tidak ada biak jentik-jentik nyamuk yang berkembang di rumah.

4. Kunci Pintu dan Jendela

Sebelum berangkat, pastikan pintu dan jendela benar-benar dalam keadaan terkunci. Kemudian, jangan menyimpan kunci cadangan di bawah keset, pot bunga atau “tempat tersembunyi” di rumah,. Lebih baik titipkan kepada tetangga untuk jaga-jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Pastikan semua pintu dan jendela sudah tertutup dan terkunci rapat sebelum Anda mudik agar nanti tidak ada hewan atau kotoran yang masuk ke dalam rumah

5. Menitip Pesan pada Tetangga atau Melapor ke Ketua RT/RW

Titip pesan pada tetangga yang paling dekat dan Anda percayai. Beri kabar berapa lama Anda akan mudik. Selain itu, Anda tidak boleh lupa untuk Melapor ke Ketua RT/RW setempat. Jangan lupa berikan nomor ponsel Anda yang bisa dengan mudah dihubungi. Jika terjadi sesuatu pada rumah Anda, pihak yang berwenang bisa dengan mudah menghubungi Anda.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebelum berangkat mudik. Semoga perjalanan Anda nyaman dan selamat sampai tujuan, Tiket Mania!