, ,

Ternyata, Destinasi Liburan Karyawan Bisa Dilihat Dari Ekspresi Saat Terima Gaji!

Tidak terasa bulan ini sudah memasuki pekan keempat. Itu artinya, waktu gajian yang dinantikan sudah tiba! Ya, bagi sebagian karyawan, terutama mereka yang bekerja di perusahaan swasta, tanggal 25-30 di setiap bulan adalah masa yang paling membahagiakan. Selain masa tersebut adalah masa dimana pundi tabungan bertambah, masa tersebut juga sebagai penanda kabar baik akan kejelasan rencanamu. Apapun rencanamu, termasuk soal pergi liburan.

Sebagai manusia, setiap dari kita pasti punya impian dan cita-cita. Begitu juga dengan para karyawan. Khusus soal impian atau rencana liburan, terkadang kita enggan membicarakan rencana pergi liburan ini ke orang lain secara spontan. Biasanya, obrolan ini terucap saat topiknya sedang ke arah sana saja. Namun, tanpa menunggu mereka membahasnya, ternyata destinasi liburan para karyawan bisa kita tebak dari ekspresi mereka saat gajian, lho!

1. Ekspresi Senang Cenderung Agresif
Di suatu pagi yang cerah menjelang jam makan siang, tiba-tiba temanmu datang ke meja dengan wajah sumringah. Senyum lebar terpampang jelas sambil sesekali tangannya mengoyak gemas seluruh badanmu. Risih? Bisa jadi. Apalagi dia pun bercerita sambil setengah tertawa.

Ekspresi jenis ini, biasanya dia sedang merencakan liburan yang hampir mustahil, dan akhirnya tercapai karena gaji yang dia terima bulan ini mencukupi segala rencananya. Destinasi yang dituju bisa jadi suatu tempat yang cukup jauh dan mahal. Seperti Jepang, Korea, atau mungkin Raja Ampat. Atau, bisa jadi karena gaji bulan ini, dia akhirnya bisa pergi berlibur yang jauh bersama gadis pujaannya yang sudah bertahun-tahun dia kagumi. Makanya dia senang banget.

2. Senyum Kalem Penuh Tanda Tanya
Kata orang, senyum itu bisa mengandung banyak makna dan misteri. Apalagi jika dia setiap hari hanya memberikan senyum setiap kali disapa. Ketika waktu bekerja dimulai, dia pun hadir menyapa setiap orang dengan senyum penuh tanda tanya. Lebih lepas dari biasanya, namu tetap kalem.

Tipe ekspresi yang seperti ini, biasanya dia adalah tipe orang yang pemalu dan cukup sering asik sendiri. Dia tidak ingin rencananya diketahui banyak orang di sekitarnya. Atau, bisa jadi, sebenarnya dia punya rencana pergi berlibur yang menurutnya sangat langka, tapi sebenarnya biasa saja bagi banyak orang. Seperti pergi ke Bali untuk bermain waterbom, misalnya.

3. Biasa Saja
Tiga hari sebelum gajian, kamu melihat wajahnya datar. Kamu pun berpikir bahwa kondisi keuangannya sedang tidak baik, alias bokek. Namun ternyata, saat hari gajian tiba, kamu masih menemukannya datang ke kantor dengan ekspresi yang sama; tanpa ekspresi. Rasanya tidak ada hal yang begitu spesial terjadi hari itu. Padahal seluruh isi kantor sedang riang gembira.

Tipe seperti ini biasanya memiliki dua kemungkinan. Pertama, dia memang bukan tipe orang yang ekspresif. Kedua, ya mungkin memang semua hari menurut dia biasa saja. Dan sepertinya dia tidak punya rencana liburan. Atau mungkin tujuan liburannya hanya sebatas pergi ke kebun binatang dekat rumah.

4. Mengeluh.
Di manapun dia berada, kapan pun kamu bertemu dia, dia selalu memasang wajah muram sambil menggerutu. Rasanya tidak ada satu sudutpun yang lepas dari keluhannya. Seperti tidak pernah ada puasnya, dia selalu saja mengeluh. Padahal bisa dibilang, jumlah gajinya lebih besar dari rata-rata karyawan yang ada.

Jika bertemu orang dengan ekspresi seperti ini saat gajian, bisa jadi dia sudah memiliki rencana liburan yang matang. Tur Bali-Lombok-Flores sudah dia rencanakan dengan cukup baik. Namun, apa daya, jatah cutinya tidak disetujui. Atau, bisa jadi rencana berlibur dengan pasangan terpaksa kandas karena sang pasangan meminta putus di detik-detik terakhir menjelang pergi liburan. Pahit memang.

Sobat Tiket, semua ekspresi di atas bisa saja berbeda dengan kenyataan yang kamu alami sehari-hari. Ya, namanya juga tebakan. Nah, kira-kira ekspresi seperti apa yang lebih lekat padamu?