Tempat Wisata di Halmahera

,

6 Tempat Wisata di Halmahera, Keindahan Alamnya Bikin Jatuh Cinta Pandangan Pertama

Tempat Wisata di Halmahera – Sobat tiket hobi jalan-jalan? Suka menjelajah tempat baru, dengan pemandangan eksotis yang bikin nggak rela berkedip? Indonesia memang menjadi tempat yang tepat untuk memuaskan keinginan kamu akan tempat wisata tersebut.

Ada banyak pulau dan kota yang bisa kamu jelajah di negara kepulauan Indonesia ini. Tentunya, kamu akan menemukan ciri khas yang berbeda dari tempat wisata satu, dengan yang lainnya.

Pantai dan laut menjadi tempat wisata favorit kamu? Sudah pernah main ke Halmahera, dan menikmati keindahan alam pantai dan lautnya? Belum ya? Hmm, kalau gitu kamu wajib banget ke Halmahera dan jelajah setiap sudutnya yang bisa bikin kamu terkagum! Seperti berikut ini.

6 Tempat Wisata di Halmahera yang Bikin Kamu Susah Move On!

Halmahera merupakan sebuah pulau yang berada di Kepulauan Maluku. Pulau ini menjadi pulau terbesar yang ada di Kepulauan Maluku, dan termasuk dalam provinsi Maluku Utara. Ada banyak tempat wisata indah di pulau ini lho, sobat tiket. Wajib bnget deh kamu datang ke sini saat liburan.

1. Pulau Pogo-Pogo

Pulau Pogo-Pogo menjadi surganya para pecinta snorkeling dan keindahan alam bawah laut. Di pulau tak berpenghuni ini, kamu akan disuguhi dengan pemandangan laut berair biru kehijauan yang jernih dan memikat mata.

Selain snorkeling, kamu juga bisa lho mencoba aktivitas air lainnya, seperti berenang dan scuba diving. Keindahan bawah lautnya yang mempesona bikin kamu betah banget berlama-lama untuk menyelam dan menelusurinya.

Pulau Pogo-Pogo

Sedangkan untuk sobat tiket yang tidak ingin berenang atau menyelam, kamu bisa bermain di sepanjang pinggir pantai Pulau Pogo-Pogo ini, ataupun memancing dan menyantap hasil pancingan kamu. Hamparan luas pasir putih dan jernihnya air laut di pulau ini pastinya akan membuat kamu jatuh cinta deh!

Untuk bisa menuju Pulau Pogo-Pogo, kamu harus menyewa speedboat yang dibanderol dengan harga Rp1.500.000 (pulang-pergi). Waktu tempuh yang kamu butuhkan adalah sekitar 1 jam dari Pelabuhan Habibi, Labuhan.

2. Pantai Luari

Bukan hanya Pulau Pogo-Pogo yang sangat ideal untuk menjadi tempat wisata para pecinta snorkeling. Namun Pantai Luari juga menjadi pantai yang sangat digemari oleh para wisatawan untuk melakukan kegiatan Snorkeling atau berenang.

Bahkan, untuk sobat tiket pemburu sunset dan sunrise, tempat ini menjadi satu-satunya tempat yang memberikan keindahan panorama dari fenomena alam tersebut. Belum lagi letak pantai ini yang langsung menghadap ke Samudra Pasifik, dan membuat pemandangan birunya laut membentang sangat panjang.

Pantai Luari

Cocok banget deh untuk kamu yang ingin berlibur di tempat yang jauh dari keramaian, sunyi sepi, namun memiliki pemandangan alam yang indah banget.

Untuk menuju Pantai Luari ini tidak sulit kok, sobat tiket. Kamu bisa menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Jika kamu ingin menggunakan kendaraan umum, kamu bisa menggunakan angkot jurusan Tobelo-Galela dan bisa langsung turun di depan Pantai Luari ini.

3. Pulau Dodola

Tempat wisata di Halmahera yang tak kalah cantik berikutnya adalah Pulau Dodola. Saat ke Maluku Utara, tidak lengkap rasanya jika kamu melupakan tempat wisata yang menawan satu ini. Sama seperti pantai dan pulau lainnya, kamu bisa menikmati keindahan pantai di Pulau Dodola ini sambil menyelam atau berenang.

Bahkan, kamu juga bisa lho ikut bergabung dengan warga setempat untuk mencoba bermain bola voli pantai yang pastinya seru banget, dan sayang jika dilewatkan. Pulau Dodola yang terletak di wilayah Morotai, Maluku Utara ini terbagi menjadi dua lho, sobat tiket. Yakni Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil.

Tempat Wisata di Halmahera - Pulau Dodola

Keduanya memiliki keindahan pantai yang sama menakjubkannya. Uniknya, saat pantai sedang surut, kamu dapat melihat hamparan pasir putih yang menjadi penghubung dari kedua pulau ini. Seakan menjadi jembatan tersembunyi yang membuatnya terlihat semakin indah mempesona.

Untuk menuju Pulau Dodola, kamu bisa menempuh perjalanan dari Tobelo menuju Daruba. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan speedboat untuk menuju Pulau Dodola dengan waktu tempuh 20 menit. 

4. Air Terjun Sapoli

Sobat tiket mengaku penyuka tantangan? Kalau begitu, Air Terjun Sapoli ini bisa menjadi salah satu tempat wisata di Halmahera yang tepat untuk kamu kunjungi. Pasalnya, terbilang tidak mudah lho untuk bisa menyaksikan langsung keindahan di Air Terjun Sapoli ini.

Kamu perlu menempuh jarak sekitar 5 kilometer, dan dengan medan yang tidak gampang untuk dilalui pula. Jadi, untuk kamu yang mengaku sangat suka tantangan, buruan deh datang ke Air Terjun Sapoli yang berada di Halmahera Selatan ini.

Tempat Wisata di Halmahera - Air Terjun Sapoli

Meskipun kamu harus melalui medan berupa sungai, padang pasir, dan juga hutan belantara yang pastinya melelahkan. Namun keindahan air terjun ini akan terasa sangat ampuh menghilangkan rasa lelah kamu saat menuju tempat wisata yang satu ini.

Air Terjun Sapoli juga bisa menjadi salah satu opsi tempat wisata berbeda jika kamu bosan dengan pantai dan pulau. Berada di balik Desa Samuda, kamu akan menemukan air terjun dengan ketinggian 7 meter yang terlihat seperti kembar.

5. Pantai Kupa-Kupa

Kamu pasti setuju ya, sobat tiket, kalau pantai memang menjadi tempat yang cocok banget untuk melepas penat. Sehingga tidak heran jika tempat wisata yang satu ini menjadi favoritnya para wisatawan. Terlebih untuk kamu yang tinggal di wilayah perkotaan, dan sulit menemukan tempat wisata berupa pantai.

Pantai Kupa-Kupa menjadi salah satu destinasi wisata di Halmahera yang patut banget untuk kamu kunjungi untuk melepas penat. Terletak di Desa Kupa Kupa, Halmahera, Maluku Utara, kamu bisa berwisata seru di pantai yang memiliki air laut berwarna biru kehijauan yang jernih.

Pantai Kupa-Kupa

Banyak banget aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sini. Seperti diving, snorkeling, berenang, memancing, berjemur, hingga menyaksikan fenomena matahari terbenam yang indah.

Penasaran mau coba liburan di Pantai Kupa-Kupa ini? Kamu bisa menuju pantai ini dengan jarak tempuh sekitar 20 km dari kota Tobelo lho. Sobat tiket yang memilih untuk menggunakan kendaraan umum, kamu bisa memilih untuk menggunakan angkot dari terminal Wosia dan memilih jurusan Kao. Selanjutnya, kamu turun di pertigaan jalan masuk Pantai Kupa-Kupa yang dilanjut dengan menggunakan ojek sampai ke lokasi pantai.

6. Pulau Meti

Tempat wisata di Halmahera yang terakhir adalah Pulau Meti. Pulau Meti ini digadang-gadang sebagai surga tersembunyi yang dimiliki oleh Pulau Maluku. Menjadi pulau tersembunyi, pasti kamu bisa bayangkan dong, sobat tiket, betapa indahnya tempat yang belum banyak terjamah oleh para wisatawan.

Akomodasi penginapan di pulau ini lah yang menjadikan Pulau Meti semakin diminati dan mulai terdengar namanya di telinga wisatawan. Tidak hanya memiliki laut yang indah, Pulau Meti ini juga memiliki beberapa pulau kecil yang mengelilinginya.

Tempat Wisata di Halmahera - Pulau Meti

Keunikan lain dari Pulau Meti adalah terdapatnya wisata sejarah berupa sisa-sisa peninggalan PD II. Seperti meriam Jepang dan bangkai pesawat Jepang yang masih bisa dijumpai di dasar laut pulau ini.

Kamu yang ingin menuju tempat wisata ini, bisa menggunakan transportasi laut berupa Katinting atau perahu mesin dari desa Mawea selama 15 menit.

Pantai Terbaik di Halmahera yang Siap Memanjakan Kamu

Semakin penasaran kan dengan keindahan alam yang dimiliki Halmahera? Makanya sobat tiket, buruan deh pesan tiket pesawat ke Halmahera sekarang juga, dan nikmati liburan seru di sini.

Bukan hanya Halmahera aja yang patut kamu jelajahi untuk memuaskan hasrat berpetualang kamu. Ada 9 Tempat Wisata di Manokwari yang nggak kalah indahnya juga lho, dan sudah bersiap untuk kamu jelajahi.