,

7 Tempat Makan Legendaris di Bandung, Udah Tau Belum?

Kalau kamu liburan ke Bandung, pastinya kamu nggak ingin melewatkan wisata kulinernya. Karena ada banyak sekali tempat makan di kota ini yang bukan cuma menghidangkan masakan lezat, namun juga tempat yang nyaman dan keren.

Bandung adalah destinasi wisata yang sangat populer sebagai pilihan untuk liburan akhir pekan, khususnya untuk kawasan Jawa Barat. Tak heran jika di hari sabtu dan minggu kota ini sangat penuh dengan mobil-mobil dari daerah lain.

Kuliner Legendaris di Bandung

Kalau kamu lagi ke Bandung dan ingin wisata kulineran, maka ada referensi bagus nih buat kamu. Tempat makan legendaris di Bandung, di mana kamu bisa mencicipi makanan yang sangat terkenal hingga bisa mendapat predikat legendaris. Ayo simak daftarnya.

1. Sate Cimandiri

Di bali salah satu bangunan paling ikonik di Bandung, Gedung Sate, ada kuliner sate yang sangat terkenal dan menarik minat banyak wisatawan. Namanya adalah Sate Jando Cimandiri. Bahkan bisa dibilang kuliner yang satu ini udah jadi salah satu yang paling legendaris di Bandung.

Kenapa? Hampir mirip dengan hidangan sate pada umumnya, hanya saja Sate Cimandiri ini punya rasa lezat yang selalu bikin pengen nambah. Bahan satenya menggunakan gajih, bagian lemak susu dari sapi. Ditambah dengan bumbu kuning, pasti kamu tak kuasa menahan enaknya kuliner ini.

Lokasi Sate Cimandiri: Jalan Hayam Wuruk No. 30, Citarum, Bandung.

2. Batagor Riri

Mau nyicipin makanan khas Bandung yang endeus? Kamu bisa beli Batagor Riri. Bahkan makanan ini udah terkenal hingga ke berbagai kota lain di Indonesia sebagai kuliner yang legendaris di Bandung.

Kamu mungkin akan mengira bahwa seporsi batagor di sini akan terasa seperti batagor pada umumnya. Namun Batagor Riri menghidangkan seporsi tahu yang lembut, bumbu kacang yang nikmat, dan batagor yang rasanya akan selalu teringat di benak.

Lokasi Batagor Riri: Jalan Burangrang No. 41, Malabar, Bandung.

3. Warung Kopi Purnama

Ada banyak alasan kenapa kamu harus mampir ke Warung Kopi Purnama ketika kamu sedang berada di Bandung. Salah satunya adalah cita rasa lokal yang sudah dijaga sejak tahun 1930-an. Menu andalan di warung kopi ini adalah kopi susu dan roti selai srikaya hasil olahan sendiri.

Meskipun begitu, tempat ini bukan hanya dipenuhi oleh orang tua aja, melainkan milenial juga banyak yang datang ke sini. Daya tariknya ada pada desain bangunan tempo dulu yang membuatnya sangat instagramable.

Lokasi Warung Kopi Purnama: Jalan Alkateri No. 22, Braga, Bandung.

4. Roti Gempol

Setelah kamu berkeliling kota Bandung dan perut mulai keroncongan di sore hari, kamu bisa mengganjal perut dengan roti bakar yang legendaris. Kamu bisa melipir ke Roti Gempol yang berada di kawasan Citarum.

Karena banyak orang yang menceritakan pengalamannya mencicipi roti bakar di sini sepulang liburan di Bandung, akhirnya semakin banyak orang yang penasaran dan ingin mencoba mampir juga. Ada banyak menu roti yang bisa kamu pesan mulai dari roti bakar manis, asin, hingga spesial.

Lokasi Roti Gempol: Jalan Gempol Wetan No. 14, Citarum, Bandung.

5. Mie Naripan

Banyak orang yang pasti meluangkan waktunya untuk mampir ke Mie Naripan ketika mereka sedang berada di Bandung. Warung mie yang sudah ada sejak tahun 1965 ini mewariskan resep legendarisnya secara turun temurun hingga sekarang.

Di sini kamu bisa pesan mie kuah, yamin asin, yamin manis, atau bihun. Selain itu ada juga tambahan lain seperti bakso goreng, bakso ikan, pengsit rebus, dan pangsit goreng yang sayang kalau dilewatkan.

Lokasi Mie Naripan: Jalan Naripan No. 108, Bandung.

6. Sumber Hidangan

Kalau kebetulan kamu lagi jalan-jalan di jalan Braga Bandung, kamu bisa mampir ke satu tempat makan legendaris bernama Sumber Hidangan. Cocok banget buat kamu yang ingin penyejuk dengan hidangan dingin dan manis seperti es krim.

Tempat makan legendaris yang sudah ada sejak tahun 1929 ini memiliki desain bangunan yang bisa membawa kamu serasa seperti kembali ke masa lalu, dengan gaya khas Belanda. Bahkan masih ada menu yang ditulis menggunakan bahasa Belanda.

Lokasi Sumber Hidangan: Jalan Braga No. 20-22, Braga, Bandung.

7. Toko You

Bandung masih punya koleksi kuliner legendaris, salah satunya Toko You yang sudah ada sejak tahun 1947. Tempat ini jarang sekali sepi, khususnya bagi wisatawan dari luar kota seperti Jakarta, dan kebanyakan dari mereka datang bersama keluarga.

Bukan hanya hidangan makanannya saja yang lezat, namun tempat ini juga hadir dengan masih menjaga kesan tempo dulu. Menu primadona di Toko You ini adalah mie yamin yang rasanya bisa bikin kamu pengen balik lagi ke sini.

Lokasi Toko You: Jalan Hasanudin No. 12, Dago, Bandung.

Jangan Lewatkan Makan di Tempat yang Legendaris di Bandung

Bandung memang punya banyak sekali daya tarik yang bikin kita ingin kembali lagi ke sini, seperti tempat makan legendaris yang sudah disebutkan di atas. Jangan lupa sempatkan jadwalmu untuk mencicipi kuliner di atas selagi kamu berada di Bandung, ya. Kalau perut sudah kenyang dan siap bertualang kembali, kamu bisa kunjungi tempat wisata tempo dulu yang ada di Bandung. Udah siap berangkat? Ayo pesan tiket kereta ke Bandung di tiket.com!