, ,

Spot-Spot Snorkeling dan Diving yang Indahnya Luar Biasa di Sulawesi

Sudah sejak puluhan tahun silam, Sulawesi dikenal memiliki keindahan bawah laut yang tidak ada duanya. Di pulau yang terletak di Indonesia bagian timur ini, Sobat Tiket bisa menikmati banyak sekali titik atau spot snorkeling dan diving yang memesona. Aneka jenis terumbu karang warna-warni serta ikan aneka rupa yang indah dan menggemaskan.
Kalau kamu ingin menikmati liburan yang unik dan kekinian banget. Ceburkan diri kamu di laut-laut Sulawesi yang pesonanya benar-benar magnificent! Kamu harus mencoba semua spot snorkeling dan diving terbaik di sana paling tidak sekali seumur hidup. Sudah siap?

1. Bunaken
All hail Bunaken! Tidak bisa diragukan lagi kalau Bunaken merupakan salah satu spot penyelaman terbaik di Indonesia, bahkan dunia. Kawasan laut ini merupakan taman nasional yang 97% wilayahnya merupakan laut yang kaya akan terumbu karang dan biota laut seperti aneka kerang, ikan, dan udang yang warna-warni.

Bunaken
Bunaken. Via http://www.telusurindonesia.com/wp-content/uploads/2015/01/keindahan-bunaken.jpg

Menyelam di kawasan Bunaken itu seperti masuk ke surga dunia. Kamu akan mendapati pemandangan bawah laut yang super indah. Bahkan sejauh mata memandang hanya akan ada kekaguman yang tidak henti-hentinya kamu rapal. Menyelam dan snorkeling di Bunaken akan membuat hasratmu menjelajahi isi lautan terpenuhi dengan sempurna.

2. Sangihe Talaud
Spot penyelaman selanjutnya yang bisa dijelajahi ketika berada di Sulawesi, khususnya di area Manado adalah Sangihe Talaud. Berbeda dengan Bunaken yang bisa ditempuh dengan cepat, menuju Sangihe Talaud kamu membutuhkan waktu yang cukup panjang. Dengan jarak sekitar 200-an kilometer, kapal yang kamu naiki harus memakan waktu kurang lebih 11 jam.

Sangihe Talaud resize
Sangihe Talaud. Via http://static4.businessinsider.com/image/5612e60e9dd7cc1f008bf701/bunaken-is-a-tiny-coral-fringed-isle-in-north-sulawesi-that-offers-travelers-laid-back-beach-bliss-aside-from-its-relaxing-ambiance-most-people-come-to-bunaken-for-its-incredible-diving.jpg

Lamanya waktu menuju Sangihe Talaud akan terbayar lunas ketika kamu masuk ke dalam laut. Di sini kamu akan menemui hamparan terumbu karang yang beraneka jenis. Ikan kecil-kecil berkeliaran dan bergerombol sejauh mata memandang. Oh ya, kawasan Sangihe Talaud sebenarnya berada di atas gunung berapi aktif bawah laut, lho. Bakalan seru-seru ngeri ketika menyelam di sini.

3. Wakatobi
Selain Taman Nasional Laut Bunaken, Sulawesi masih memiliki satu lagi taman nasional laut yang tak kalah indah. Taman laut itu adalah Wakatobi yang terletak di Sulawesi Tenggara. Di kawasan ini kamu bisa menikmati setidaknya 90% total spesies terumbu karang yang ada di seluruh dunia. Bisa dibayangkan seperti apa keindahan dari Wakatobi yang memikat ini kan?

Wakatobi
Wakatobi. Via http://www.divephotoguide.com/images/photos/orig/1886_1287168237_1.jpg

Wakatobi memiliki sekitar 25 gugusan terumbu karang yang sangat besar. Di sini kamu bisa mencoba banyak sekali spot menyelam yang masing-masing memiliki ragam biota laut yang berbeda-beda. Wakatobi memiliki spesies ikan Napoleon, Pogo-pogo, Baronan, dan masih banyak lagi lainnya.

4. Bangka
Bangka adalah kawasan perairan yang memiliki banyak pulau-pulau kecil di dalamnya. Di sini kamu bisa menemui daratan eksotis seperti Pulau Kinabohutan, Gangga, Talise, dan Tindila yang di sekitarnya menyimpan pesona bawah laut yang memukau. Kalau kamu sedang berada di Manado, cobalah datang ke kawasan yang yang bisa ditempuh selama 3 jam menggunakan kapal dari Pelabuhan Manado.

Bangka
Bangka. Via @pepsmac – https://www.instagram.com/p/BDrHwXXwAvn/?taken-at=284662362

Kawasan di sekitar Bangka memiliki banyak sekali spot penyelaman dan snorkeling. Kamu bisa datang di kawasan Batu Mandi, Batu pendeta, dan Batu Gasoh. Di perairan ini banyak sekali terumbu karang, ikan keci warna-warni, dan yang paling unik adalah adanya ikan duyung atau dugong yang kerap menampakkan diri di sekitar penyelam.

5. Buton
Sulawesi Tenggara ternyata tidak mau kalah dengan kawasan utara. Selain Taman Nasional Wakatobi yang sangat memukau, kawasan ini memiliki satu lagi kawasan penyelaman dan snorkeling yang bernama Buton. Di kawasan ini, kamu akan menemui banyak sekali terumbu karang yang memukau serta gua-gua bawah laut yang keindahannya tak bisa dilewatkan.

Buton resize
Buton. Via https://teguhrasyid.files.wordpress.com/2015/03/dscn3570.jpg

Para diver yang datang ke kawasan Buton biasanya ingin berburu gua yang berisi stalaktit dan stalagmit serta biota bawah laut yang unik. Kalau kamu juga ingin menyelam di kawasan gua, usahakan untuk lebih berhati-hati atau membawa pemandu agar tidak terluka terkena batuan yang sangat keras dan tajam.

Inilah beberapa spot snorkeling dan diving di kawasan Sulawesi yang wajib kamu coba saat ini juga. Selagi masih masih muda, yuk menjelajahi perairan Indonesia yang indahnya tiada tara!