Spot Fotografi di Lombok
Sumber: Shutterstock

,

Suka Fotografi? Ini Dia 4 Spot Foto di Lombok yang Wajib Dikunjungi!

Spot fotografi di Lombok – Sebagai salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia, Lombok punya begitu banyak spot kekinian yang indah dan mempesona. Buat kamu yang suka bersantai di pantai, pulau ini pas dijadikan pilihan. Ada banyak spot yang menanti untuk dieksplorasi.

Seluruh wilayah Lombok baik Timur, Tengah, Barat, dan Utara mempunyai keunggulan destinasi yang berbeda. Sobat tiket tinggal pilih mau ke mana. Tapi sebelumnya, siapkan dulu itinerary untuk berwisata ke pulau yang berada di sebelah timur Bali ini.

4 Spot Fotografi di Lombok Terbaik

Lombok tak hanya diburu oleh penggemar snorkeling dan diving. Buat kamu yang hobi hiking dan fotografi, Lombok bisa banget dimasukkan ke dalam daftar destinasi. Seluruh dunia bahkan sudah mengakui keindahan laut dan pantai Lombok yang menakjubkan.

Saking indahnya, Lombok yang lokasinya berada di Nusa Tenggara Barat (NTB) ini juga telah menginspirasi banyak musisi lho, sobat tiket. Contohnya seperti ambience Gili Trawangan yang pesonanya memikat hati para wisatawan. Sampai-sampai lagunya pun menjadi hits dan disukai milenial.

Selain Gili Trawangan yang menentramkan, masih ada banyak spot lainnya yang sayang jika dilewatkan. Ada banyak opsi bagi sobat tiket yang ingin berlibur dan menenangkan pikiran.

Tak hanya pantai dan lautnya saja yang sunyi dan menawan hati. Untuk padang dan gunungnya pun tak kalah mengagumkan. Cocok banget bagi para milenial penyuka fotografi.

1. Pantai Sekotong

Sumber: Shutterstock.com

Terletak di Lombok Barat, Kecamatan Sekotong menjadi incaran para turis baik domestik maupun mancanegara. Kamu bisa kunjungi beberapa spot.

Semisal Pantai Mekaki, Gili Nanggu, Gili Gede, Gili Asahan, Dessert Point atau Bangko-Bangko, Pantai Elaq-Elaq, dan Pantai Nambung. Banyak banget, kan!

Yang unik dari Pantai Nambung adalah hamparan pasirnya yang indah dengan view bebatuan karang. Tambak rumput laut yang menghampar di sekitar pantai juga menambah kecantikan pantai yang berada di Dusun Pengantap, Desa Buwun Emas, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, NTB ini.

Ada satu hal lagi yang menambah eksotis pemandangannya karena pantai ini mempunyai air terjun asin yang foto-fotonya heboh di media sosial. Penggemar fotografi pasti betah berlama-lama berkunjung ke Pantai Sekotong ini.

Pantai Sekotong terletak di dekat Pelabuhan Lembar dan aksesnya pun mudah dijangkau lho. Dari ibukota Provinsi NTB, Mataram, jaraknya hanya sekitar 60 meter. Perjalanan dapat ditempuh selama kurang lebih 2 jam lewat jalur darat.

Alamat: Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

2. Gunung Rinjani

Sumber: Shutterstock.com

Berfoto di gunung berapi kedua yang paling tinggi di Indonesia ini juga bisa memeriahkan feed media sosial sobat tiket. Kecantikannya yang menjulang tinggi membuat banyak orang penasaran ingin berfoto di sana. Di samping itu, Gunung Rinjani juga dikenal dengan fenomena alam “topi awan” yang tersohor.

Gunung Rinjani juga pernah meletus 10 kali. Menapaki catatan sejarah, letusan terbesar dan parah terjadi di tahun 1944. Namun, letusan ini juga yang belakangan memunculkan sejumlah gunung kecil lain di kaki gunungnya.

Karena bertipe hutan hujan dan mempunyai padang savana seluas 40.000 hektar, kawasan Gunung Rinjani menjadi bagian dari Taman Nasional Rinjani (TNGR). Permadani hijau yang bikin rileks dan indah ini tentu cocok dijadikan lokasi berswafoto ria.

Tak kalah menarik, taman nasionalnya juga memiliki ribuan spesies flora dan fauna. Pemandangan memukau dari Gunung Rombongan dan Gunung Baru (Barujari) yang mengapit Rinjani juga menciptakan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang bertandang ke sana.

Bagaimana akses menuju ke sini? Setelah dari bandar udara International Lombok, gunakan bus Damri arah terminal Damri Kota Mataram. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 1 jam. Dari terminal tersebut, gunakan taksi atau jalan kaki ke Terminal Mandalika Mataram.

Setibanya di terminal Mandalika Mataram, sobat tiket bisa menaiki mobil engkel (sejenis elf) ke pasar Aikmel selama 1 jam. Dari pasar Aikmel, kamu bisa menaiki mobil pickup selama 2 jam untuk sampai ke Sembalun, lokasi Gunung Rinjani.

Alamat: Sembalun Lawang, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

3. Pantai Seger

Sumber: Shutterstock.com

Terletak di bagian selatan dalam kawasan Lombok Tengah, Pantai Seger juga menyuguhkan pemandangan indah yang patut diabadikan. Struktur alamnya yang memikat dengan gugusan bukit menjulang tampak megah dan mempesona.

Pasir putih yang memeluk laut serta batu karang dan ombak yang tenang membuat betah para surfer menjelajah.Banyak pendatang yang sengaja berlibur dalam durasi cukup lama di Pantai Seger demi menyatu dengan indahnya laut dan pegunungan yang memukau.

Konon, ada legenda yang menuturkan seorang putri cantik Mandalika menjelma menjadi cacing di sana. Cerita rakyat ini juga menimbulkan rasa ingin tahu para pendatang untuk menikmati objek wisata yang ada.

Deretan patung yang jadi destinasi wisata itu didirikan di pesisir pantai bagian utara. Di sana, arus ombak tampak lebih tenang. Monumen berupa patung tersebut tampak seperti seorang putri yang membebaskan diri dari tiga orang pria.

Menurut kearifan lokal setempat, di sanalah Putri Mandalika menenggelamkan diri. Legenda ini terus dilestarikan melalui gelaran Festival Bau Nyale yang digelar setiap tahunnya.

Selain merupakan spot yang tepat untuk bermain kano, snorkeling dan berenang, tempat ini juga cocok untuk berswafoto. Spot menawan lainnya bisa ditemui di Bukit Seger. 

Tak hanya ada undakan bukit yang indah, Pantai Seger memang diapit oleh persawahan kecil nan cantik. Para pengelola objek wisata setempat juga menyediakan sejumlah gazebo.

Dan biasanya, para wisatawan menyesap ambience laut yang indah sambil berteduh dan menikmati suasana pantai di sana.

Akses menuju pantai ini sangat mudah karena jaraknya hanya kurang lebih 15-30 menit dari Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (Bandar Udara Internasional Lombok).

Setelah melewati Pantai Kuta, 2 km kemudian kamu akan menemukan Pantai Seger ini. Jarak dari Pantai Seger ke Pantai Tanjung Aan hanya 200 m. Ketiga pantai ini memang berada pada satu garis pantai yang sama. Pantai Seger berada di antara Pantai Kuta danTanjung Aan.

Alamat: Desa Sukedane, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat, 83573.

4. Tanjung Ringgit

Spot Fotografi di Lombok - Tanjung Ringgit
Sumber: Shutterstock.com

Karena pemandangan alamnya yang luar biasa, Tanjung Ringgit dijuluki sebagai surganya ujung Timur Lombok. Tanjung Ringgit yang berada di Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru ini merupakan hutan lindung Kementerian Kehutanan Indonesia. 

Yang menarik, spot yang satu ini masih jarang diketahui banyak orang sehingga belum terjamah manusia. Selain itu, akses menuju Tanjung Ringgit pun masih terbatas. Akses jalanan yang terjal untuk tiba di lokasi hanya bisa dilalui oleh sepeda motor dan sepeda saja.

Keindahan tebingnya yang cadas namun luas biasa indah kerap dibanding-bandingkan dengan tebing Uluwatu di Bali. Jika sobat tiket tidak menginap di sekitar area wisata, disarankan untuk berkunjung di kisaran pukul 09.00 – 16.00 WITA.

Tak hanya sunset saja yang diincar para turis. Banyak juga yang menikmati sunrise di sini. Terutamanya penggemar fotografi, mereka kerap mengincar momen menyapa matahari pagi di Tanjung Ringgit.

Berada di ujung timurnya Lombok, sobat tiket bisa menuju ke sini dengan mengambil sejumlah rute. Jika dari Mataram, lanjutan ke Kota Praya, lalu Jerowaru hingga Desa Pamongkong danTanjung Ringgit.

Kalau dari Bandara Internasional Lombok, kamu bisa berkendara ke Kota Praya, Jerowaru, lalu Desa Pamongkong sampai ke Tanjung Ringgit.

Jika sobat tiket dari Pelabuhan Lembar, maka rute dapat ditempuh melalui Kota Gerung lalu By Pass Bandara Internasional Lombok, Penujak ke Kota Praya, hingga Jerowaru, Desa Pamongkong dan akhirnya tiba di Tanjung Ringgit.

Alamat:  Jl. Lingkok Siwaq, Sekaroh, Desa Pamongkong, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, 83672.

Berburu Foto Cantik di Pulau Lombok

Tak hanya alam yang segar dan menyejukkan, foto-foto yang dihasilkan di sini pasti akan membuat orang berdecak kagum. Namun agar dapat menikmati semua itu, kamu perlu berkemah di sekitar Mercusuar Utara.

Jadi jangan lupa bawa peralatan camping sendiri, ya! Pasalnya, hotel terdekat masih berjarak satu jam dari kawasan yang mengagumkan ini. Bawa juga bekal makanan dan minuman sendiri. Karena di sini tak tersedia warung.

Meskipun kondisinya cukup menantang, tapi keindahan alamnya yang hypnotizing sepadan dengan perjuangan untuk sampai ke sana. Apalagi jika mengingat di malam harinya kamu dan teman-teman bisa membuat api unggun bersama.

Sudah siap berangkat liburan? Agar perjalananmu menuju spot cantik di Lombok jadi lebih lancar dan menyenangkan, yuk pesan tiket pesawat pesawat di tiket.com sekarang juga!

Selain keempat spot tadi, masih ada salah satu spot tercantik lainnya yang ada di Lombok Timur, yakni Pantai Pink Lombok. Penasaran mau eksplor pantai cantik ini? Ini dia dua cara menuju Pantai Pink Lombok yang bisa menjadi referensi kamu, sobat tiket.