Singgahi 5 Desa Adat Ini Saat Ke Lombok

, ,

Singgahi 5 Desa Adat Ini Saat Ke Lombok

Lombok tidak hanya kaya akan keindahan bentang alamnya saja. Namun juga budaya yang tercermin dari setiap desa adat yang dapat Sobat Tiket singgahi saat berada di pulau ini. Desa-desa yang menjadi bukti perkembangan kebudayaan serta adat masyarakat yang hidup di dalamnya. Desa adat mana saja yang bisa Sobat Tiket singgahi saat berada di pulau 1000 masjid ini? Berikut daftarnya:

Sumber : http://id.lombokindonesia.org/
Sumber : http://id.lombokindonesia.org/
  1. Mengunjungi Desa “Tertua”, Desa Segenter

Inilah salah satu desa adat tertua di Lombok. Desa yang berada di Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara tepatnya di kaki Gunung di klaim sebagai desa yang tertua oleh penduduk asli desa tersebut. Layaknya bangunan adat di Lombok lainnya, bangunan di desa ini terbuat dari bambu dengan atap alang-alang. Uniknya, setiap dua rumah yang berhadapan terdapat 1 buah Berugaq sebagai balai tempat menerima tamu. Bertani dan berladang merupakan mata pencaharian penduduk di Desa Adat Segenter.

Sumber : http://travel.detik.com/
Sumber : http://travel.detik.com/
  1. Desa Ende, Desa Cantik Dekat Bandara

Kampung Ende berada di Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Ada total 30 rumah adat yang bisa diintip para wisatawan. Letaknya sendiri tidak terlalu jauh dari Bandara Internasional Lombok, hanya sekitar 20 menit saja.Kotoran sapi atau kerbau jadi salah satu daya tarik dari rumah adat yang bernama Bale Tani ini. Lantai rumah ini terbuat dari campuran tanah liat dan kotoran sapi atau kerbau. Yup, kotoran 2 hewan tersebut digunakan sebagai semen sebagai perekat seperti semen.

Sumber : wisatalombokaja.blogspot.com
Sumber : wisatalombokaja.blogspot.com
  1. Berburu Mutiara di Desa Sekarbela

Desa Sekarbela di Kelurahan Karang Pule, Mataram, Nusa Tenggara Barat, terkenal sebagai sentra produk perhiasan emas dan mutiara. Desa Sekarbela, yang dulunya merupakan kampung persawahan, kini telah berubah menjadi sebuah tempat yang ramai dikunjungi oleh orang-orang dari berbagai daerah dan negara. Melangkahkan kaki mulai dari jalan masuk desa, terlihat toko-toko kerajinan emas dan mutiara. Di desa ini Sobat Tiket dapat menemukan perhiasan dengan modifikasi seni ukir emas dan kilauan mutiara.

Sumber : lombokbulanmadu.com
Sumber : lombokbulanmadu.com
  1. Mengintip Pembuatan Kerajinan Gerabah Desa Banyumulek

Mau mengintip proses pembuatan kerajinan gerabah di Lombok? Desa Banyumulek lokasi yang Sobat Tiket wajib tuju. Di Desa Banyumulek Lombok, membuat gerabah merupakan sebuah kemampuan yang diturunkan dari generasi ke generasi. Keahlian tersebut akhirnya mampu mengangkat perekonomian desa, bahkan menarik pengunjung untuk menyaksikan dan berbelanja gerabah di desa ini. Kendhil Maling adalah gerabah unik penyimpan air yang wajib Sobat Tiket miliki saat berkunjung.

Sumber : travel.kompas.com
Sumber : travel.kompas.com
  1. Belajar Menenun di Desa Sukarara

Lombok memiliki kain  tenun yang unik dengan warna & motif khas. Kalau Sobat Tiket ingin mengetahui proses pembuatannya, cobalah melangkahkan kaki ke Desa Sukarara. Di desa yang beradad di Jonggat, Lombok Tengah tersebut, Sobat Tiket dapat bertemu wanita-wanita yang bekerja sebagai penenun. Temukan beberapa motif kain tenun mulai motif Keker, Serat Penginang, Cungklik, dan tidak ketinggalah motif Subahnala yang menjadi primadona saat berkunjung ke desa ini.

Mau berkunjung ke desa yang mana pun, satu hal yang wajib Sobat Tiket ingat. Jaga kebersihan dan kesopanan ya.