,

Wajib Baca! Tips dan Panduan Wisata Kuala Lumpur untuk Pemula

Sobat tiket pasti tahu Kuala Lumpur. Ibu kota sekaligus kota terbesar di Malaysia ini jadi salah satu tujuan luar negeri favorit orang Indonesia. Kenapa? Karena jaraknya yang dekat, bahasa yang mudah dipahami, dan biaya hidup di sana yang relatif murah.

Faktor-faktor yang disebutkan di atas, ditambah bermacam kuliner yang tidak jauh beda dengan yang sobat tiket temukan di kampung halaman, menjadi alasan mengapa Kuala Lumpur cocok menjadi destinasi untuk kamu yang baru pertama kali pergi ke luar negeri.

Kamu baru pertama kali ke luar negeri? Tenang, tiket.com akan berikan kamu tips dan panduan wisata Kuala Lumpur untuk pemula, dijamin lengkap banget!

Panduan Wisata Kuala Lumpur Untuk Pemula

Walaupun cuma ke negeri tetangga, pastinya sobat tiket masih membutuhkan panduan atau rencana agar liburan lebih menyenangkan dan berkesan. Nah, tiket.com punya tips dan informasi nih buat bekal jalan-jalan sobat tiket yang masih pemula.

Liburan ke Kuala Lumpur? Bisa On Budget, Kok!

Kuala Lumpur tergolong sebagai negara dengan biaya hidup murah. Ya, mungkin bisa dibilang biaya hidupnya mirip-mirip dengan Indonesia. Meskipun begitu sobat tiket tetap harus punya perencanaan matang untuk liburan ke Kuala Lumpur daripada kamu terlunta-lunta di negara orang. 

Nah, apa saja sih bujet yang perlu dipersiapkan untuk pergi ke Kuala Lumpur? 

  • Bujet penginapan: Kuala Lumpur punya banyak hostel atau hotel murah yang tarifnya mulai dari 100ribu rupiah per malam. Jadi kamu nggak akan keluar bujet besar untuk hotel
  • Bujet makan: Masalah ini tergantung sobat tiket sendiri. Kalau mau menikmati street food, tarif makananya berkisam RM 5 – RM 10 atau setara 15ribu hingga 35ribu rupiah saja. Lain lagi kalau sobat tiket mau makan di restoran atau cafe. Paling tidak sekali makan kamu harus merogoh kocek RM 15 atau setara 50ribu rupiah. Kalau kamu mau makan di restoran, salah satu tips dari tiket.com adalah mencari pake makan siang. Biasanya paket makan siang dibanderol dengan harga yang murah, lho! 
  • Bujet belanja: Lagi-lagi ini tergantung sobat tiket. Kalau memang ingin belanja murah, kamu bisa ke Central Market atau Petaling Steet. Tapi kalau mau belanja barang branded, sebaiknya kamu ke Pavilion Bukit Bintang. Ingat, belanja sesuai dengan bujet yang sudah kamu tentukan, ya. 
  • Bujet transportasi: Selama di Kuala Lumpur kamu bisa naik transportasi umum yang tarifnya berkisar RM 1 hingga RM 3 atau setara 3ribu rupiah hingga 10ribu rupiah. 
  • Bujet tempat wisata: Beberapa tempat wisata membutuhkan biaya untuk masuk. Cari tahu dulu sebelum berangkat berapa harga tiket masuknya. 

Tiket Pesawat Murah!

Siapa bilang tiket pesawat ke luar negeri mahal? Kalau kamu bisa menemukan tanggal yang tepat, pulang-pergi naik pesawat dari Jakarta ke Kuala Lumpur hanya perlu biaya kurang dari Rp. 1 juta saja. 

Tipsnya adalah pesan tiket dari jauh-jauh hari. Perlu diingat, ada baiknya sobat tiket juga sudah memesan tiket pulang kembali ke Indonesia ya. Buat jaga-jaga saja siapa tahu pihak imigrasi Kuala Lumpur mempertanyakan tiket kamu.

Janga lupa rajin-rajin lihat promo tiket pesawat ke Kuala Lumpur supaya jalan-jalan jadi lebih hemat!

Hotel dengan Harga Terjangkau

Karena jadi salah satu destinasi favorit, banyak penginapan dengan harga terjangkau di Kuala Lumpur yang bisa sobat tiket pilih. Mulai dari yang murah seperti guesthouse atau kamar dormitory di hostel hingga hotel bintang 5 seperti The Townhouse by Samadhi. 

Itinerary Wisata Kuala Lumpur untuk Pemula

Karena luas Kuala Lumpur yang tidak terlalu besar, menghabiskan waktu 3 hari 2 malam untuk mengunjungi beberapa destinasi menarik di sana sudah lebih dari cukup.

Hari 1 (Jakarta – Kuala Lumpur)

Ada baiknya sobat tiket mengambil penerbangan di pagi hari. Ini penting agar sobat tiket dapat memaksimalkan waktu yang terbatas saat berada di Kuala Lumpur. Usahakan memilih penerbangan yang akan membawa sobat tiket ke Kuala Lumpur sebelum jam makan siang. 

Saat sampai di bandara Kuala Lumpur, sobat tiket bisa naik KLIA Express yang akan mengantar kamu ke pusat kota. Kamu bisa check-in di hotel untuk beristirahat sejenak dan meninggalkan koper/tas.

Di hari pertama, kamu bisa menuju Jalan Petaling untuk mencicipi jajanan enak, murah, dan khas Malaysia. Setelah kenyang, kamu bisa mengunjungi Central Market. Pasar rakyat ini menyediakan banyak cinderamata dan karya seni unik yang bisa sobat tiket bawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh.

Di dekat Central Market terdapat Dataran Merdeka. Kamu bisa mengunjungi Gedung Sultan Abdul Samad yang sudah ada sejak abad 19. Gedung ini cocok buat kamu yang suka dan ingin mengetahui sejarah Malaysia.

Saat sore hari, kamu bisa mengunjungi Petronas Twin Tower yang terkenal. Tempat ini tampak lebih instagrammable saat sore/malam hari saat lampu-lampu gedungnya menyala. Puas mengambil foto untuk Instagram, kamu bisa kembali ke penginapan untuk beristirahat.

Hari 2 (Genting Highlands – Batu Caves – Bukit Bintang)

Genting Highlands terkenal akan suasana sejuk dan theme park-nya. Kamu bisa naik bus dari Pudu Sentral dan perjalanan akan menempuh waktu 1 jam. Jika sobat tiket lebih suka budaya dan bangunan-bangunan seperti kuil, maka Batu Caves bisa jadi pilihan yang tepat. 

Batu Caves adalah kuil hindu yang terletak di dalam gua. Kamu bisa naik KTM commuter ke Batu Caves yang akan memakan waktu kurang dari 30 menit. 

Setelah dari tujuan pilihan kamu, sobat tiket dapat menuju daerah Bukit Bintang untuk berbelanja di toko-toko di sana. Kamu bisa kembali ke hotel setelah puas berbelanja untuk beristirahat.

Hari 3 (Kuala Lumpur – Jakarta)

Sangat disarankan bagi sobat tiket untuk mengambil penerbangan kembali ke Indonesia pada sore atau malam hari. Kamu bisa menggunakan hari terakhir ini untuk berjalan-jalan di sekitar hotel, mengunjungi tempat yang belum sempat didatangi, atau membeli souvenir dan oleh-oleh bagi keluarga di rumah.

Kamu juga bisa mengunjungi Bangsar Village, daerah tempat tinggal expat di Kuala Lumpur. Di sana ada restoran India bernama Sri Nirwana Maju yang menyajikan Nasi Daun Pisang dengan banyak topping nikmat. Setelah itu, Naik KLIA Transit menuju bandara untuk terbang kembali ke Indonesia.

Transportasi Selama di Kuala Lumpur

Panduan wisata Kuala Lumpur yang paling penting untukmu adalah jenus-jenis transportasi selama di kota tersebut. Berkeliling Kuala Lumpur terbilang sangat mudah dengan majunya sistem transportasi publik di sana. 

  • Transportasi dari dan menuju bandara misalnya, sobat tiket bisa memakai bus dengan harga RM 12 atau setara 40ribu rupaiah. Atau kamu juga bisa menggunakan KLIA Express seharga RM 50 atau setara 187ribu rupiah. 
  • Untuk berkeliling kota, ada Mass Rapid Transit (MRT), Light Rapid Transit (LRT), Go-KL, Rapid-KL, taksi online dan takso konvensional, semuanya dengan harga yang terjangkau.

Kuala Lumpur Cocok untuk Wisata Keluarga

Gimana, lengkap kan panduan ke Kuala Lumpur dari tiket.com? Kalau begitu ayo buruan pesan tiket pesawat ke Kuala Lumpur. Ajak keluarga liburan singkat ke Malaysia dan menginap di hotel ramah anak serta main ke theme park di Kuala Lumpur. Dijamin seru dan menyenangkan!