Oleh-oleh Khas Batam

,

Oleh-Oleh Khas Batam, 10 Pilihan untuk Kamu Bawa Pulang

Oleh-oleh Khas Batam – Sebagai salah satu kota terbesar yang ada di Indonesia, Batam menawarkan banyak destinasi liburan yang seru untuk kamu kunjungi. Namun menariknya, Batam tak hanya merupakan pilihan tujuan berwisata yang sangat populer saja.

Ada banyak hal lain yang bisa kamu lakukan atau dapatkan di kota ini. Salah satu contohnya kamu bisa bebas berbelanja karena memang kota ini terkenal dengan harga-harga barang yang dijual dengan harga yang jauh lebih murah dibanding kota lainnya di Indonesia.

Oleh-Oleh Khas Batam

Lalu apa saja yang harus kamu beli untuk dibawa pulang alias sebagai oleh-oleh?  Tenang, di Batam ada banyak pilihan barang yang bisa kamu beli untuk dibawakan kepada orang-orang yang ada di rumah.

Bagi kamu yang akan pergi ke Batam, atau mungkin saat ini sedang berada di Batam, dan mencari inspirasi apa saja yang bisa kamu beli sebagai oleh-oleh, maka kali ini tiket.com akan membagikan daftar oleh-oleh khas Batam paling terkenal. Simak, ya!

1. Luti Gendang

Oleh-oleh Khas Batam
Source: https://luti-gendang-original-batam-halal.business.site/

Jajanan enak yang cocok kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh khas Batam adalah Luti Gendang. Jajanan ini adalah roti yang memiliki bentuk seperti kroket, namun diisi dengan olahan daging ikan.

Roti ini dibuat dengan cara digoreng hingga warnanya kecoklatan dan menimbulkan bau harum yang bisa bikin kamu langsung merasa lapar. Tempat membelinya pun tersebar di berbagai sudut kota karena memang Luti Gendang adalah pilihan populer sebagai oleh-oleh.

2. Kek Pisang Villa

Salah satu pilihan kue yang paling populer untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan yang datang ke Batam adalah Kek Pisang Villa. Kue ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah di beragam pusat oleh-oleh khas Batam.

Kek Pisang Villa juga tersedia dalam banyak varian rasa mulai dari coklat, kacang, hingga keju yang bisa kamu pilih sesuai selera. Selain itu kue ini juga bisa bertahan cukup lama sehingga aman untuk dibawa pulang bagi kamu yang datang dari daerah jauh.

3. Kue Batang Buruk

Oleh-oleh Khas Batam

Kue kering juga merupakan salah satu pilihan oleh-oleh yang paling populer karena bisa tahan lama. Nah, kue kering yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh khas Batam adalah Kue Batang Buruk yang sudah ada dari zaman dahulu kala.

Meskipun demikian, rasanya tetap enak untuk dinikmati hingga saat ini. Kue ini cocok sekali untuk menemani kamu bersantai sambil minum teh atau kopi. Harganya juga cukup terjangkau sehingga kamu bisa membeli banyak-banyak untuk dibawa pulang.

4. Brownies Lava

Oleh-oleh Khas Batam
Source: https://twitter.com/aqilla_brownies

Seperti beberapa kota lainnya yang punya brownies khas, Batam juga punya brownies spesialnya, yakni Brownies Lava. Kalau kamu sangat menyukai makanan dengan rasa coklat, maka kamu harus nyobain jajanan yang satu ini.

Brownies lava ini juga menjadi salah satu pilihan oleh-oleh khas Batam yang populer. Yang membuatnya spesial adalah lelehan coklat yang mengalir ketika kamu memotongnya. Ada beberapa varian rasa lainnya juga seperti kacang, blackforest, dan cheesecake.

5. Rocklate

Ngomong-ngomong soal coklat, ada satu lagi makanan dengan rasa coklat yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh khas Batam. Camilan ini sangat populer dan banyak diminati oleh wisatawan yang datang ke Kota Batam.

Rocklate ini berbeda dengan coklat pada umumnya karena dipadukan dengan marshmallow. Dengan begitu kamu bisa mencicipi rasa manis coklat dengan kelembutan marshmallow yang pastinya lezat banget.

6. Bingka Bakar

Oleh-oleh Khas Batam

Bisa dibilang bahwa Bingka Bakar adalah makanan yang wajib kamu cicipi selama kamu sedang liburan ke Kota Batam. Jadi kamu tidak boleh melewatkan jajanan enak yang memiliki rasa manis yang satu ini.

Tidak seperti bingka pada umumnya, oleh-oleh khas Batam ini dibuat bukan dengan cara dikukus, melainkan dibakar. Bahan yang digunakan juga kurang lebih sama dengan kue bolu, namun dengan tambahan kentang kukus yang dihaluskan sehingga menghasilkan tekstur padat.

7. Layers Cake

Oleh-oleh Khas Batam
Source: http://www.layersbatam.com/

Bentuknya memang sangat mirip dengan kue lapis. Layers cake dari Kota Batam ini tersedia dalam pilihan rasa yang sangat beragam mulai dari original, coklat, moka, pandan, dan lain-lain. Selain wajib kamu coba, makanan ini juga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas Batam.

Kue ini dibuat menggunakan bahan-bahan seperti tepung terigu dan macam-macam bahan lainnya. Kue ini juga tersedia dalam beragam pilihan ukuran sehingga kamu bisa menyesuaikan untuk dibawa pulang.

8. Teh Bunga Rosella

Oleh-oleh Khas Batam

Bunga rosella adalah bunga yang bisa dibilang agak sulit untuk ditemukan. Bunga ini memiliki karakteristik yang cantik dengan warna merah. Gizi tinggi yang dikandungnya membuat bunga ini cocok untuk diolah menjadi minuman teh.

Dengan rasa yang nikmat dan aroma wangi, teh bunga rosella menjadi salah satu pilihan oleh-oleh khas Batam yang sangat populer. Banyak wisatawan yang datang ke Batam dan membawa pulang teh bunga rosella untuk dinikmati bersama orang rumah.

9. Keripik Kari

Oleh-oleh Khas Batam

Sama seperti kue kering, keripik juga menjadi pilihan oleh-oleh favorit karena bisa tahan lama untuk dibawa pulang ke kampung halaman. Di Batam ada keripik spesial yakni keripik kari yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Batam.

Kari yang biasanya kamu nikmati dengan bentuk makanan berkuah kini bisa kamu santap dalam bentuk keripik yang gurih. Rasanya gurih tersebut bisa bikin kamu ketagihan dan cocok sebagai camilan untuk ngobrol bersama teman-teman.

10. Bilis Molen

Oleh-oleh Khas Batam

Oleh-oleh khas Batam terakhir yang wajib kamu bawa pulang adalah bilis molen. Makanan ringan ini memiliki bentuk yang mirip dengan pisang molen. Hanya saja berbeda di isinya, di mana bilis molen berisi ikan teri.

Bilis molen sangat populer di kota Batam sehingga kamu pun tidak akan kesulitan untuk menemukannya karena banyak industri rumahan yang memproduksi makanan ini. Rasa khas dari bilis molen adalah paduan yang enak antara gurih ikan asin dengan rasa manis adonannya.

Oleh-Oleh Nikmat untuk Orang Rumah

Itu dia 10 oleh-oleh khas Batam yang bisa kamu beli untuk dibawa pulang ke rumah. Dijamin orang rumah pasti suka kalau kamu membawa pilihan makanan yang sudah disebutkan di atas. Kalau kamu butuh inspirasi tempat belanja, simak juga tempat shopping paling kece di Batam. Terbang ke Batam bisa lebih murah kalau kamu pesan tiket pesawat di tiket.com.