,

Nasi Kapau yang Lamak Bana!

Kota Padang identik dengan kuliner yang sudah tersebar di penjuru negeri, kalian pasti sudah pernah mencoba. Yap, Nasi Padang. Tapi apakah kalian tahu bahwa kota Padang, tepatnya daerah Bukittinggi memiliki kuliner yang tidak kalah lezat? Kuliner khas Bukittinggi ini berupa nasi rames yang didominasi dengan rempah dan bumbu-bumbu yang kental, makanan ini bernama Nasi Kapau.

Tidak mudah menemukan perbedaan antara Nasi Padang dan Nasi Kapau apabila tidak mencicipinya sendiri. Perbedaannya adalah pada penggunaan kelapa. Nasi Kapau kaya akan penggunaan kelapa demi memunculkan rasa gurih.

Selain itu semua jenis daging di Nasi Kapau harus dibakar terlebih dahulu agar aroma dagingnya lebih terasa. Konon beras yang dipakai di Nasi Kapau haruslah bermutu tinggi, umumnya berasal dari Bukittinggi dan Agam.

Rasa khas masakan Kapau ini dihasilkan dari cara memasak dengan tungku dan di-sangai (dimasak dengan tudung kukus) dalam kuali besi dengan api kecil sehingga butuh waktu panjang dan bumbunya semakin meresap ke dalam masakan.

Di Bukittinggi ada satu pasar bernama Pasar Lambuang yang berisi warung-warung penjual Nasi Kapau, di sana ada satu warung terkenal yang telah menjadi ikon wisata kuliner di beberapa stasiun TV. Warung itu bernama Nasi Kapau Ni Er.

Pondok Nasi Kapau ini menawarkan lauk nasi seperti dendeng, ayam, ikan rayo batalua, dan yang menjadi primadona: Gulai Tujang (kikil) dan Tambusu (usus). Rasa usus yang kenyal, lembut, serta dadar yang empuk akan membuat ketagihan.  Menurut Ni Er, jarang ada pembeli yang tidak minta tambah saat merasakan seporsi Nasi Kapau yang gurih dan agak pedas.

Mau balik kampung atau hanya sekedar merasakan nikmatnya Nasi Kapau langsung dari Kota khas produksinya? Padang! Mudah saja, murah saja, manfaatkan Program Cicilan dari Tiket.com.

Onde Mande! Lamak Bana!