, ,

Menyapa Indahnya Taman Nasional Di Jawa Timur

Tahukah kamu, Jawa Timur memiliki setidaknya lima Taman Nasional yang menyimpan banyak sekali flora, fauna, dan alam yang memikat. Salah satu Taman Nasional yang paling terkenal bahkan hingga ke Mancanegara adalah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang pernah mendapatkan penghargaan sebagai World Network of Biosphere Reserves.

Entah bepergian dengan Garuda Indonesia, Citilink, atau maskapai lainnya, jika kamu memang kebetulan berencana ke Jawa Timur dalam waktu dekat, kunjungilah ragam destinasi menarik dari Taman Nasional ini. Pokoknya, keindahan kawasan Bromo Tengger Semeru terlalu sempurna untuk dilewatkan. Nggak percaya? Berikut ini beberapa destinasi yang bisa kamu kunjungi.

1. Gunung Bromo
Sobat Tiket, datang ke Jawa Timur kurang pas rasanya jika belum singgah ke salah satu gunung tercantik di dunia. Ya, Gunung Bromo adalah ikon wisata Jawa Timur, bahkan mungkin Indonesia. Setiap tahun, puluhan hingga ratusan ribu turis asing dari mancanegara khususnya Eropa rela terbang jauh-jauh hanya untuk menyaksikan keindahan dari Gunung Bromo.

bromoss
Via @vewy168

 

Gunung Bromo biasanya ramai oleh turis saat pagi hari. Saat matahari akan terbit, ribuan orang akan memadati Penanjakan untuk melihat lanskap Gunung Bromo yang sangat magis itu. Setelah matahari mulai pergi menjalankan tugas, mereka akan menjelajahi lautan pasir hingga akhirnya menaiki Gunung Bromo melalui anak tangga yang jumlahnya ratusan. Oh ya, jangan lupa siapkan fisik yang kuat jika ingin sampai di puncak gunung.

2. Gunung Semeru
Setelah Gunung Bromo yang keindahannya sudah tidak diragukan lagi, pesona lainnya di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah Gunung Semeru, yang memiliki puncak tertinggi di Pulau Jawa. Saat musim panas tiba atau kondisi gunung sedang stabil, banyak pencinta alam akan menguras nyalinya guna menaklukkan si 3.676 mdpl ini.

semeru_edit
Sumber

Kalau kamu memiliki keadaan fisik yang sangat baik. Rencanakan penjelajahan di Gunung Semeru. Di punggung Semeru, kamu akan menemukan banyak keindahan yang bisa ditangkap banyak-banyak melalui kamera. Mendaki Semeru tidak hanya membuat energi terkuras habis, tapi juga membuatmu puas menikmati surga dunia yang ada di puncak sana.

3. Air Terjun Madakaripura
Madakaripura adalah salah satu air terjun terbaik di Indonesia. Di tempat ini kamu akan mendapatkan air terjun setinggi 200 meter yang mengalirkan air di tebing curam yang menghijau.

Madakaripura-Waterfall_edit
Via bromoeastjava.com

Kawasan Air Terjun Madakaripura selalu ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan setiap harinya. Beberapa meter sebelum lokasi air terjun kamu akan menemukan patung besar dari Gajah Mada yang konon menghilang dan mendapatkan moksa ketika melakukan pertapaan di salah satu cerukan air terjun ini. Oh ya, sebelum ke Madakripura siapkan pakaian ganti dan membawa slipper ya!

4. Puncak B29
Lokasi wisata lainnya di kawasan Bromo Tengger Semeru yang sedang ngehits adalah Puncak B29. Di tempat ini kamu bisa menyaksikan lanskap gunung-gunung yang ada di kawasan Bromo dari kejauhan. Kalau kamu ingin datang ke kawasan yang memiliki ketinggian 2900 mdpl ini pastikan membawa sepeda motor yang tahan dengan medan terjal dan kadang berlumpur saat hujan.

b29
Via @novendipamungkas

Puncak B29 kerap dijuluki sebagai negeri di atas awan. Saat pagi menjelang, kamu akan mendapatkan pemandangan kabut dan awan yang seperti berada di bawah kita. Oh ya, kalau kamu ingin mengunjungi Puncak B29 usahakan datang saat musim panas tiba ya, meski dingin jalanan akan selalu aman untuk dijalajahi.

5. Ranu Kumbolo
Kalau kamu melakukan perjalanan menuju Gunung Semeru, Ranu Kumbolo adalah kawasan yang sangat tepat untuk lokasi kamping. Di sini kamu bisa mendirikan tenda, makan, dan beristirahat sejenak sembari menikmati pemandangan sekitar danau yang sangat memikat. Setiap hari, puluhan pendagi akan memenuhi Ranu Kumbolo yang namanya sudah sangat terkenal.

ranukumbolo
Via @novemlawalata

 

Saat berada d Ranu Kumbolo usahakan untuk mengabadikan banyak momen karena kamu sedang mengunjungi surga yang tersembunyi. Di sini kamu bisa melihat prasasti peninggalan era Majapahit dan juga tugu peringatan untuk mereka yang meninggal dunia ketika akan menuju Pucak Semeru.

Pesona dari Bromo Tengger Semeru tidak hanya lima hal di atas saja. Kalau kamu memiliki banyak waktu luang, taman nasional besar di Jawa Timur ini masih menyimpan keindahan lainnya yang tersembunyi. Sobat tiket, yuk, “nggunung”!