Menikmati Taman Nasional di Indonesia

, ,

Menjelajahi Taman Nasional di Indonesia

Indonesia kaya akan daerah wisata alam yang bisa Anda jelajahi. Salah satu tempat yang bisa Anda jelajahi adalah Taman Nasional yang hampir tersebar di seluruh kepulauan di Indonesia. Mulai dari Sabang hingga Merauke setidaknya Indonesia memiliki 50 Taman Nasional. 6 di antaranya adalah Situs Warisan Dunia, 9 taman bagian dari World Network of Biosphere Reserves dan 5 taman merupakan lahan basah yang secara internasional dilindungi oleh Konvensi Ramsar.  Bagi Anda yang berminat untuk menjelajahi Taman Nasional di Indonesia, berikut 5 daftar Taman Nasional yang bisa dikunjungi.

Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser merupakan salah satu yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai Cagar Biosfir. Disini Anda dapat menemukan berbagai model ekosistem mulai dari hutan pantai, dan hutan hujan tropika dataran rendah sampai pegunungan. Taman Nasional Gunung Leuser merupakan rumah bagi binatang langka seperti Mawas/Orang Utan, Harimau Sumatera, Gajah Sumatera, Badak Sumatera, Rangkong dan Kucing Hutan.

Taman Nasional Wakatobi

Inilah salah satu spot menyelam terbaik di Indonesia. Taman nasional yang memiliki panorama bawah laut yang menakjubkan, diambil dari nama 4 pulau utama yang ada di Wakatobi, Pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Togian dan Binongko. Terletak di Sulawesi Tenggara, taman nasional ini memiliki musim kunjungan terbaik pada bulan April s/d Juni dan Oktober s/d Desember setiap tahunnya.

Keindahan-Taman-Laut-Taman-Nasional-Wakatobi

Taman Nasional Pulau Komodo

Bebaskan pikiran dan nikmati petualangan ke ‘planet lain’ saat Anda berada di Taman Nasional Pulau Komodo. Di sini anda akan menemukan keadaan alam yang kering dan gersang yang membuat Taman Nasional Pulau Komodi memiliki keunikan tersendiri. Ditambah padang savana yang luas, sumber air yang terbatas dan suhu yang cukup panas; ternyata merupakan habitat yang disenangi oleh sejenis binatang purba Komodo.

komodopark

Taman Nasional Way Kambas

Berada di provinsi Lampung, Taman Nasional ini merupakan pusat konservasi gajah terbesar di Indonesia. Gajah-gajah liar yang dilatih di Pusat Latihan Gajah dapat dijadikan sebagai gajah tunggang, atraksi, angkutan kayu dan bajak sawah. Selain Gajah Sumatera, disini Anda juga dapat tempat penangkaran Badak Sumatera, Orang Utan Sumatera, dan beberapa spesies hewan lainnya.

Taman-Nasional-Way-Kambas

Taman Nasional Baluran

Ingin merasakan berpetualan di  hamparan savana. Tidak perlu jauh-jauh ke Afrika, pergi saja ke Taman Nasional Baluran. Taman Nasional yang berada di Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur ini memiliki hamparan savana terluas di Pulau Jawa. Jika beruntung, Anda dapat  menemukan banyak sekali satwa liar yang benar-benar liar tidak seperti di kebun binatang atau Taman Safari. Mulai dari rusa, banteng, burung merak hingga monyet yang terkadang malu-malu untuk menampakan dirinya.

Taman-Nasional-Baluran_Alam-Bebas-di-Timur-Pulau-Jawa-3

Jadi apakah sudah punya rencana untuk pergi ke Taman Nasional? Persiapkan perjalanan Anda dengan matang ya Tiket Mania!