Kue Khas Palembang
Kue Khas Palembang

, , ,

Menikmati Legitnya Kue 8 Jam Khas Palembang

Jika punya waktu sebanyak delapan jam, apa yang Sobat Tiket akan lakukan? Menikmati perjalanan kereta Jakarta-Yogyakarta, berkeliling kota dengan sepeda, atau berada di rumah sambil nonton koleksi film favorit? Ada banyak yang bisa kita lakukan, Sobat Tiket. Apalagi menjelang libur lebaran seperti ini.

Bicara soal delapan jam dan lebaran, warga Palembang punya cara tersendiri untuk merayakannya, Sobat Tiket. Ya, kota di Sumatera Selatan ini, punya tradisi sekaligus kuliner khas untuk merayakan hari raya. Namanya kue 8 jam. Seperti namanya, kue ini memang memakan waktu proses pembuatan selama 8 jam.

kue-delapan-jam-palembang
Kue 8 jam via pempekkita.com

Pada dasarnya, kue ini tidak banyak berbeda dengan kue bolu atau kue lapis pada umumnya. Hanya saja, yang berbeda adalah bahan dasarnya yaitu telur bebek (atau kadang telur ayam) dan tentu saja durasi memasaknya yang membutuhkan waktu sekitar 8 jam. Kue 8 jam ini juga menggunakan susu kental manis, jadi menghasilkan rasa cukup gurih dan manis. Nggak heran kalau anak-anak pun suka dengan kue yang satu ini.

Kenapa butuh 8 jam? Hal itu karena kue ini membutuhkan tingkat kematangan tertentu dimana cara untuk mendapatkan tingkat kematangan tersebut adalah dengan cara mengukusnya dengan api kecil selama 8 jam. Benar-benar membutuhkan kesabaran tingkat tinggi ya, Sobat Tiket.

Namun, kesabaran tentunya berbuah hal manis. Waktu memasak yang lama dengan api kecil membuat kue ini memiliki tekstur yang lembut, serta memiliki rasa yang legit dan manis. Dan karena durasi memasak yang membutuhkan waktu lama ini pula yang membuat kue ini begitu spesial. Konon, kabarnya kue 8 jam ini hanya muncul saat hari raya seperti lebaran, lho.

kue-delapan-jam_20150611_214155
Mencari kue 8 jam untuk oleh-oleh via www.tribunnews.com

Meskipun pembuatannya cukup lama dan tergolong kue yang cukup spesial, kalian masih bisa membawanya sebagai oleh-oleh kok. Jika Sobat Tiket berkunjung ke Palembang dan ingin mencari kue ini, Sobat Tiket bisa menemukannya di beberapa toko kue seperti Toko Kue Harum, dan beberapa outlet pempek Beringin.