, ,

Mengapa Kita Malas Pergi Liburan Saat Imlek?

Gong Xi Fa Cai! Tidak terasa Imlek sebentar lagi datang nih, Sobat Tiket. Sudahkah kamu dan keluarga menyiapkan diri? Di setiap tahunnya, hari raya imlek memang selalu menjadi perayaan yang besar bagi yang merayakannya. Maka enggak heran jika hari raya ini selalu ditunggu-tunggu tidak hanya bagi warga Tionghoa, tetapi juga seluruh warga Indonesia dari berbagai kalangan dan budaya. Lalu, bagaimana dengan mereka yang tidak merayakan?

Berbeda dengan warga Tionghoa yang merayakan hari raya Imlek, bagi mereka yang tidak merayakan tentunya akan menjadi ajang yang tepat untuk pergi liburan atau mungkin traveling ke ujung Indonesia. Hal itu mengingat hari raya Imlek selalu menjadi hari libur nasional. Namun, kenyataannya banyak juga yang malas pergi liburan saat Hari Raya Imlek. Kenapa yah? Berikut ini beberapa alasan kenapa terkadang kita suka malas pergi liburan saat Imlek.

1. Imlek Identik Dengan Hujan
Sebenarnya, kapanpun kamu pergi, yang namanya pergi liburan itu selalu menyenangkan. Tapi bukan berarti tidak bisa berubah menjadi hal yang membosankan. Liburanmu terkadang bisa saja berubah menjadi bencana jika kita salah memilih waktu berlibur.

liburan hujan
Emang jadi enggak enak sih view nya kalo hujan. Sumber

Hal itu pula yang dijadikan alasan oleh sebagian orang untuk enggan pergi berlibur saat Hari Raya Imlek. Bagi kebanyakan orang, pergi berlibur saat imlek bukanlah ide yang bagus. Faktor cuaca menjadi penyebabnya. Itu karena di Indonesia, Hari Raya Imlek sering identik dengan hujan, rasanya terlalu “gambling” jika pergi berlibur saat imlek. Apalagi, pergi liburan saat hujan itu rasanya enggak enak karena banyak spot wisata yang enggak bisa dikunjungi.

2. Susah Mengurus Cuti
Namanya juga libur panjang, tanggal merah, pasti yang namanya mengambil cuti itu perjuangannya jauh lebih berat dibandingkan hari biasa. Apalagi jika kamu enggak ikut merayakan Hari Raya Imlek, dan kamu pun enggak punya alasan kuat untuk dapat cuti.

cuti
Sumber

Daripada ribet dan pusing mengurus jatah cuti yang kemungkinan besar tidak kamu dapat, kamu akan berpikir lebih baik jatah cutinya di simpan untuk waktu yang lebih tepat.

3. Di Rumah Lebih Banyak Makanan
Alasan berikutnya enggak jauh-jauh dari makanan. Ya, enggak cuma imlek, saat perayaan hari besar, apapun itu, pasti akan selalu ada makanan enak yang tersedia di rumah. Belum lagi semua saudara pasti akan berkumpul di rumahmu.

food
Banyak makanan. Sumber

Dan kemudian, temu kangen dengan semua keluarga yang jarang kamu temui akan menjadi hal yang lebih berharga ketimbang pergi liburan. Hal itulah yang kemudian juga membuatmu enggan untuk pergi liburan saat imlek.

4. Takut Enggak Dapat Angpao
Yang namanya Hari Raya Imlek, pasti enggak bisa lepas dari yang namanya Angpao atau amplop hadiah berisi uang. Buat yang belum menikah, Angpao memang menjadi salah satu hal yang ditunggu. Namun, terkadang syarat untuk dapat angpao adalah kamu harus hadir secara langsung.

angs
Sumber

Nah, daripada kamu enggak dapat angpao, terkadang kamupun lebih memilih menunda jadwal liburan ke lain hari. Bukan hanya soal nominal uangnya, namun berkah angpao di Hari Raya Imlek enggak bisa kamu temui setiap hari.