, ,

Memanjakan Mata ke Bulukumba, Alam Bawah Lautnya Bikin Nggak Mau Pulang

Selama ini kita hanya hanya mengenal bahwa kawasan laut paling menakjubkan di Indonesia ada di kawasan Sulawesi sebelah Utara atau kawasan Raja Ampat di Papua. Ternyata, selain di dua tempat yang telah disebutkan sebelumnya, Indonesia juga masih menyimpan pesona laut lain yang tersembunyi di sebuah tempat bernama Bulukumba.
Terletak di kawasan Sulawesi Selatan, Bulukumba ternyata menyimpan banyak sekali spot indah untuk dijelajahi. Bahkan, hampir semua pantai di kawasan ini sangat jernih, berwarna biru, dan bisa digunakan untuk lokasi penyelaman yang tepat. Sobat Tiket, inilah beberapa destinasi Bulukumba yang bisa membuatmu enggan pulang.
1. Pulau Kambing
Meski memiliki nama Kambing, pulau di kawasan Bulukumba ini tidak memiliki kambing. Justru di kawasan ini menyimpan keindahan bawah laut yang sangat memukau. Kamu bisa snorkeling di sekitar pantai yang sangat dangkal dan dipenuhi dengan karang yang sangat indah. Airnya yang sangat jernih juga membuatmu mudah untuk menikmati lukisan bawah air yang menakjubkan ini.

Pulau Kambing
Via http://www.indonesiakaya.com/uploads/_images_gallery/pulau_kambing_1200.jpg

Oh ya, selain digunakan sebagai tempat penyelaman yang sangat menakjubkan. Pulau ini juga memiliki banyak spot kamping yang menakjubkan. Kamu bisa mendirikan tenda di sini untuk menikmati malam di sebuah pulau tidak berpenghuni yang masih alam dan jarang sekali dikunjungi oleh wisatawan.

2. Pulau Liukang Loe
Pulau Liukang Loe adalah sebuah pulau kecil yang menyimpan banyak sekali pesona di dalamnya. Pulau ini terletak kurang lebih 20 menit dari kawasan Tanjung Bira dan bisa ditempuh dengan speedboat. Untuk pergi ke kawasan pulau yang sudah dikelola dengan baik ini disarankan untuk datang pada pagi hingga siang hari. Menjelang sore biasanya ombak laut akan tinggi dan menyebabkan kapal yang kamu naiki mendapatkan banyak sekali goncangan.

Pulau Liukang Loe
Via https://2.bp.blogspot.com/-nfLYu2TxebA/VwSADQoL74I/AAAAAAAAFUc/YQ3cFFm9VPEOkFGNPG95SMwBkjMvlDbUw/s1600/Pulau%2BLiukang%2BLoe%2B1.jpg

Di kawasan Pulau Liukan Loe, kamu bisa melakukan aktivitas seperti berenang di air yang berwarna hijau kebiru-biruan, snorkeling menikmati pemandangan bawah laut yang memukau, menjelajahi pulau, wisata kuliner, dan masih banyak lagi. Mengunjungi Pulau Liukang Loe akan membuatmu betah hingga rasanya ingin terus di sini dan menikmati semua pesona lautnya.

3. Pantai dan Tebing Apparalang
Menjelajahi kawasan laut atau pantai yang indah memang kurang lengkap kalau belum melakukan aktivitas yang ekstrem. Di Bulukumba kamu bisa melakukan loncat tebing atau cliff jumping ke bawah air laut yang jernih dan memiliki ombak tenang. Di kawasan Tebing Apparalang, kamu bisa meloncat ke bawah dari tebing-tebing dengan ketinggian sekitar 12-20 meter.

Wisatawan berkunjung di Pantai Apparalang, Bulukumba, Sulawesi Selatan, Senin (9/3). Pantai Apparalang yang masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat memiliki keindahan tebing karang dan wisata bawah laut menjadi potensi wisata yang dapat dikembangkan oleh pemerintah terkait. ANTARA FOTO/Ekho Ardiyanto/ed/pd/15
Via http://static.wixstatic.com/media/604326_9123331f5550491eaf9433a28bcd6916.jpg

Kawasan Tebing Apparalang terletak di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari. Sejak mulai banyak digunakan sebagai lokasi loncat tebing, kawasan ini selalu ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan baik dari dalam mau pun luar negeri. Mereka ingin menikmati sensasi terjun ke air yang sangat jernih dan dingin dari ketinggian yang sangat menantang.

4. Pantai Bira dan Bara
Pantai Bira masih terletak di kawasan Bontobahari yang memiliki banyak sekali garis pantai menakjubkan. Untuk bisa sampai ke kawasan ini kamu harus menempuh jarak setidaknya 45 kilometer dari pusat Bulukumba. Di pantai ini kamu akan menemukan air laut yang sangat biru lengkap dengan pasir putih yang sangat lembut.

Pantai Bara
Via http://nationalgeographic.co.id/telisik-nusantara/media/IMG_20150411_213337_1428766177-Lucia_Sushanti-646.jpg

Oh ya, di sebelah barat dari Pantai Bira terdapat pantai lagi yang bernama Pantai Bara. Pantai ini memiliki penampakan yang nyaris sama dengan Pantai Bira. Air laut biru jernih dan juga hamparan pasir putih yang sangat lembut. Di sini kamu bisa berenang di dalam air yang berombak kecil sembari melakukan kegiatan menyenangkan seperti snorkeling.

5. Pantai Lemo Lemo
Berbeda dengan pantai lain di kawasan Bontobahari yang menjadikan pasir putih dan air yang super jernih. Di Pantai Lemo Lemo kamu juga bisa menemukan gua yang berisi banyak sekali air laut. Dahulu kala gua ini merupakan bagian dari laut, namun karena adanya penyusutan laut, gua ini muncul dan menjadi salah satu pemikat banyak orang untuk datang dan menjelajahi seluruh isinya.

Pantai Lemo Lemo
Via http://4.bp.blogspot.com/-Xn8eYXRYyjM/VH4ZA3eozxI/AAAAAAAAA2I/mOUob3_0VSg/s1600/Pantai%2BLemo%2BLemo%2BBulukumba%2BMakassar%2BSulawesi%2BSelatan%2B8.jpg

Pantai Lemo Lemo masih tidak seramai beberapa pantai yang telah disebutkan sebelumnya. Meski demikian, pantai ini menyimpan banyak sekali pesona alam yang luar biasa. Di sini kamu bisa berenang hingga puas atau duduk di pinggir pantai sembari menikmati semilir angin dan ombak yang sayup-sayup.

Bagaimana Sobat Tiket? Bulukumba sangat luar biasa kan potensi wisata airnya? Yuk, saat liburan nanti menjelajahi keindahan alam bawah laut dan pulau-pulau eksotisnya.