, ,

Melintasi 5 Jembatan Tepanjang di Indonesia

Ada banyak tenggara yang menjadi saksi perkembangan di Indonesia, salah satunya adalah jembatan. Tenggara ini juga menjadi kebanggan bagi masyarakat di provinsi tersbut hingga di Indonesia. Jembatan-jembatan yang tidak hanya menghubungkan kota tapi juga pulau yang ada di Indonesia. Mana sajakah jembatan terpanjang di Indonesia. Berikut ini daftarnya.

Jembatan Suramadu via www.indonesiakaya

  1. Jembatan Suramadu

Memiliki panjang 5.438 Meter, menjadikan jembatan ini jembatan terpanjang yang ada di Indonesia untuk saat ini. Jembatan yang digagas oleh presiden kelima Indonesia, Ibu Megawati Soekarno Putri mulai dibangun pada tahun 2003. Adapun tujuan dibangunnya jembatan ini adalah untuk meningkatkan perekonomian dan percepatan pembangunan infrastruktur di Pulau Madura. Jembatan yang melintasi Selat Madura tersebut diresmikan pada tahun 2009.

Jembatan Pasupati via visitkotabandung.wordpress.com

  1. Jembatan Pasupati

Terletak di kota Bandung, Jalan Layang Pasupati menghubungkan bagian utara dan timur Kota Bandung melewati lembah Cikapundung. Pasupati merupakan singkatan dari Jalan Pasteur dan Jalan Surapati. Jembatan yang memiliki panjang 2,8 km dan lebar 30-60 m telah direncakan oleh Ir. Karsten seorang arsitek yang berdomisili di Bandung pada tahun 1920-an. Hingga akhirnya barulah pada Oktober 2001 dibangun dan mulai dibuka pertama kali pada tahun 2005.

Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah via www.wikipedia.org

  1. Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah

Menghubungkan Ibukota Kabupaten Siak dengan daerah kabupaten di sekitarnya, Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah memiliki panjang 1.196 meter dengan lebar 16,95 meter. Diresmikan pada taun 2007 jembatan ini bertujuan untuk mempermudah akses transportasi menuju ibukota kabupaten Siak yang selama ini harus mempergunakan kapal feri atau speed boat.

Jembatan Ampera via www.wikipedia.org

  1. Jembatan Ampera

Sebagai salah satu jembatan tertua di Indonesia, Jembatan Ampera telah menjadi tenggara Kota Palembang sejak tahun 1965. Memiliki panjang 1.117meter dengan lebar 22 meter Jembatan Ampera terbentang di atas Sungai Musi. Pada awalnya, bagian tengah dan bagian belakang dan bagian depan badan jembatan ini bisa diangkat ke atas agar tiang kapal yang lewat dibawahnya tidak tersangkut badan jembatan. Hingga pada tahun 1970, aktivitas turun naik bagian tengah jembatan ini sudah tidak dilakukan lagi.

Jembatan Barito via httpwww.jalurmudik.com

  1. Jembatan Barito

Melinang di atas Sungai Barito, Provinsi Kalimantan Selatan, Jembatan Barito memiliki panjang 1.082 meter yang melintasi Sungai Barito selebar 800 meter dan Pulau Bakut selebar 200 meter. Jembatan ini terdiri dari jembatan utama sepanjang 902 meter, dan jembatan pendekat 180 meter, dengan lebar 10,37 meter. Jembatan yang pertama kali diresmikan pada tanggal 24 April 1997 oleh Presiden Soeharto. Jembatan, yang tercatat dalam rekor Muri sebagai jembatan gantung terpanjang di Indonesia.

Jadi sudah tahu mau melintasi jembatan yang mana?