, ,

Mau Kamping? 5 Spot Kamping Seru Di Jawa Tengah Ini Bisa Jadi Pilihan

Salah satu cara menyenangkan yang bisa dilakukan untuk menghabiskan akhir pekan adalah kamping. Tidur di tenda, masak dengan peralatan seadanya, trekking, menjelajah, dan hal-hal menyenangkan lain akan membuat Sobat Tiket menyatu dengan alam. Selain itu, dengan banyak melakukan kegiatan outdoor, segala penat dan stress juga akan hilang dengan sangat cepat.

Untuk kamu yang suka kamping, Jawa Tengah punya beberapa destinasi kamping yang cantik. Selain bakalan seru dan penuh tantangan, kegiatan kamping juga bisa kamu gunakan untuk menyerap banyak pengalaman hidup dan survive di alam bebas. Tertarik untuk mencoba kamping? Simak deh destinasi-destinasinya berikut ini.

1. Bumi Perkemahan Karangsari Park
Bumi Perkemahan Karangsari Park terletak di Desa Karang Sari, Sulang, Rembang, Jawa Tengah. Di kawasan yang memiliki luas hingga 20 hektare ini, kamu bisa menikmati sarana outbound yang menarik, lahan perkemahan yang luas, serta fasilitas pendukung lain seperti MCK yang bersih hingga hall yang bisa digunakan sebagai tempat acara.

karangsari
Sumber

Bumi Perkemahan Karangsari Park merupakan lokasi kamping terbesar di Rembang, bahkan salah satu di Jawa Tengah. Menjelajahi bumi perkemahan yang kerap digunakan sebagai tempat pelantikan Pramuka ini akan membuatmu puas. Bahkan, kangen untuk kembali ke sini dan menyatu dengan alam yang masih dijaga dengan baik oleh pengelola dan penduduk sekitar.

2. Umbul Sidomukti
Umbul Sidomukti terletak di lereng Gunung Ungaran, Semarang, Jawa Tengah. Di lokasi yang bisa dicapai dengan mendaki terlebih dahulu ini, kamu akan mendapatkan camping ground yang cukup luas. Kamu bisa mendirikan tenda sembari menikmati pemandangan hijau memikat yang ada di sekelilingmu.

sidomukti
Via dolanmu.com

Umbul Sidomukti terletak di ketinggian 1.200 mdpl, artinya udara di sini sangatlah dingin. Di malam hari, kamu harus memakai jaket yang tebal jika ingin bermalam di dalam tenda. Umbul Sidomukti juga memiliki kolam air yang luas yang bisa kamu gunakan untuk berenang di siang hari dan juga kawasan outbound yang bisa menguras adrenalinmu hingga habis.

3. Bumi Perkemahan Nglimut Gonoharjo
Kalau di kawasan Umbul Sidomulyo ada pemandian air berupa kolam air yang sangat segar di siang hari. Maka di Bumi Perkemahan Nglimut Gonoharjo kamu akan mendapatkan kawasan pemandian air panas yang sangat luas dan cocok digunakan untuk sarana relaksasi dan juga penyembuhan penyakit kulit.

gonoharjo
Via coretanpetualang

Selain memiliki kawasan camping ground yang cukup luas, bumi perkemahan ini juga memiliki sarana outbound. Kamu bisa bermain sampai puas, lalu mandi di air panas, dan diakhiri tidur di dalam tenda yang menyatu dengan alam. Kalau kamu ingin relaksasi sambil bertualang di Nglimut Gonoharjo, datanglah ke Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

4. Bumi Perkemahan Manjul Luhur
Bumi perkemahan selanjutnya yang cocok digunakan untuk lokasi kamping adalah Manjur Luhur. Di tempat ini kamu akan menemukan kawasan outbound yang cukup luas plus camping ground yang bisa menampung hingga 3.000 orang. Setiap hari terutama saat akhir pekan bumi perkemahan ini akan dipenuhi oleh mereka yang berasal dari perguruan tinggi atau instansi pemerintahan di sekitar Purbalingga.

manjul luhur
Via sman1tualang

Bumi Perkemahan Manjul Luhur adalah kawasan terpadu yang dikelola dengan baik. Di sekitar tempat kamping kamu akan menemukan lokasi MCK yang bersih, warung makan, hingga penginapan-penginapan yang bisa disewa jika ada pegunungan yang tidak bisa tidur di alam bebas.
5. Bumi Perkemahan Kajar
Bumi perkemahan terakhir yang bisa didatangi di kawasan Jawa Tengah adalah Bumi Perkemahan Kajar. Di tempat yang memiliki ketinggian 600 mdpl dan berada di lereng Gunung Muria ini kamu akan mendapatkan lokasi kamping yang sangat luas. Semuanya berada di bawah hutan pinus yang sangat memikat.

kajar
Sumber

Selain mendapatkan camping ground yang sangat luas, kamu juga bisa melakukan kegiatan lain seperti outbound atau pendakian ke kawasan Gunung Muria. Nggak cuma itu, tidak jauh dari kawasan Bumi Perkemahan Kajar juga terdapat kompleks Masjid Sunan Muria beserta makan dari beliau yang selalu ramai dikunjungi oleh banyak peziarah setiap harinya.

Inilah spot ngecamp seru di sekitaran Jawa Tengah yang bisa kamu datangi saat liburan. Buruan berangkat deh, daripada nanti nyesel.