, ,

Mau Internetan Di Alam Liar Saat Hujan? Ini Dia Caranya.

Bertualang dalam alam liar sambil internetan? Bagi kebanyakan orang hal itu seperti dua sisi mata uang. Bahkan, dua hal tersebut dianggap sebagai dua hal yang berseberangan, seperti gelap dan terang. Rasanya hampir tidak mungkin jika kita melakukan kedua hal tersebut dalam waktu bersamaan. Apalagi saat cuaca buruk menimpa kita di kala trekking. Jangankan memikirkan internetan, bisa bertahan hidup saja sudah bagus. Tapi, bagaimana jika teknologi membuat semua hal mustahil tersebut menjadi kenyataan?

Ya, traveling menelusuri alam liar memang sangat menantang dan seru banget untuk dicoba. Namun, akan menjadi jauh lebih asyik kalau ternyata kamu juga bisa internetan di tengah alam liar. Adalah sebuah tempat bernama Kungsleden, sebuah alam liar di sebelah utara Swedia. Tempat ini memendam signal wi-fi gratis di sekitar kawasan tersebut, yang tersimpan dalam setiap solar panel yang tersedia. Namun kendalanya hanya satu, jaringan wi-fi tersebut hanya mampu didapat saat hujan turun.

Memotivasi Perusahaan Swedia

Hal itulah yang membuat sebuah brand peralatan outdoor menemukan ide brilian. Pada bulan Oktober ini, sebuah brand keperluan outdoor asal Swedia bernama Haglöfs, menawarkan sebuah terobosan bagi para trekkers atau penjelajah alam yang merasa jenuh saat cuaca buruk. Alat ini bernama Weather-Fi. Sebuah alat penangkap signal wi-fi yang berada di sekitar kawasan Kungsleden. Tapi tetap, dengan syarat kawasan tersebut harus dilanda hujan. Semakin besar hujannya, semakin kencang signal wi-fi yang bisa kamu dapat.

Memang kelihatannya mustahil, dan kami pun belum mengetahui secara pasti bagaimana alat ini bekerja. Namun seperti yang dikutip thetravelmagazine.net, signal wi-fi tersebut dikendalikan oleh rangkain solar panel yang terhubung dengan stasiun pengendalian cuaca lokal.

Nah, mau tahu lengkapnya seperti apa? Kayaknya video ini bisa menjawabnya, Sobat Tiket.