Makan berbuka puasa di meja makan

, ,

Makanan Berbuka Puasa Yang Selalu Ada Di Meja

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa bulan ramadhan adalah bulan suci dimana setiap umat Islam diwajibkan untuk berpuasa. Makna puasa secara mendalam adalah menahan dari segala yang membatalkan baik dari sisi jasmani maupun rohani. Tak terkecuali makanan dan minuman. Itulah sebabnya saat waktu buka puasa telah datang, umat islam merasakan kegembiraan yang tiada tara. Ada banyak jenis makanan & minuman yang bisa jadi teman Anda santap saat berbuka puasa. Namun, lima makanan & minuman dibawah ini bisa dipastikan selalu ada di meja makan Anda. Apa saja makanan & minuman tersebut

1. Teh manis

Minuman favorit bagi sebagian besar masyarakat Indonesia ini pasti tidak pernah absen dari meja makan Anda. Mulai dari tawar sampai manis, hangat atau dingin, gelas bahkan botol, celup dan tubruk tetap menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Tidak hanya di meja makan saja, karena simpel Anda dapat menemukannya hampir di semua warung di pinggir jalan. Bahkan ada beberapa orang yang membagikannya secara gratis di jalan, terminal, halte atau di tempat umum lainnya saat waktu buka puasa.

2. Kurma

Meski berasal dari Arab, buah yang satu ini sangat populer di Indonesia. Buah kecil ini memiliki segudang manfaat yang tidak perlu lagi Anda ragukan. Buah yang memiliki kandungan zat garam mineral, kalsium dan potasium sangat baik untuk menetralisasi asam dalam lambung serta mengembalikan tenaga setelah seharian berpuasa. Itulah yang menjadikan kurma sebagai salah satu pilihan  favorit dalam urusan berbuka puasa.

3. Kolak

Tidak lengkap rasanya jika berbuka puasa tanpa makanan yang khas satu ini. Mungkin, bagi sebagaian besar masyarakat, kolak merupakan salah satu makanan atau takjil wajib yang harus tersedia, terlebih lagi saat awal bulan Ramadhan. Kolak pisang, kolak ubi dan kolak labu adalah jenis-jenis kolak yang biasa tersedia di meja makan saat bulan Ramadhan.

4. Es sop buah

Berbagai jenis buah dicampur jadi satu ditambahkan dengan sirup, susu serta sedikit es. Siapa yang tidak tergoda dengan warna dan kelezatannya dari es sop buah. Sebagian orang ada yang mengklaim jika minuman buah dingin ini berasal dari Cirebon, namun tidak jarang ada yang mengatakannya asalnya dari Bandung. Tapi darimana pun asalnya tentu itu tak jadi masalah karena yang terpenting adalah siap disantap saat berbuka dan pastinya membuat lidah bergoyang.

5. Gorengan

Inilah makanan ringan yang mungkin tidak boleh absen dari meja makan sebagian masyarakat Indonesia. Tidak lengkap rasanya saat berbuka dengan teh manis atau tawar jika tidak ditemani dengan panganan yang satu ini. Mulai dari tahu goreng, bakwan atau bala-bala, pisang goreng, ubi goreng hingga oncom goreng. Tidak ketinggalan cabe rawit segar yang membuat panganan ini menjadi lebih nikmat lagi.