,

Makan Ini Supaya Peruntungan Bagus di Tahun Baru

Tahun berganti baru, setiap orang menginginkan nasib yang baru dan lebih baik. Maka itu, setiap perayaan Tahun Baru di berbagai belahan dunia selalu diselipkan doa dan perlambang keberuntungan. Salah satunya melalui makanan yang disajikan saat perayaan Tahun Baru.

Beberapa makanan dipercaya membawa keberuntungan jika disajikan di awal tahun baru. Terlepas dari kesahihan mitos tersebut, mungkin ini bisa menjadi inspirasi perayaan Tahun Baru Anda. Berikut beberapa makanan yang populer.

Mie

Di China, Jepang, dan beberapa negara Asia lainnya, mie kerap disajikan pada perayaan Tahun Baru. Panjangnya mie menjadi perlambang panjang umur.

Buah Berbentuk Bulat

Buah berbentuk bulat banyak disajikan sebagai hidangan perayaan Tahun Baru, sebagai perlambang kesejahteraan di tahun depan. Bentuknya yang bulat merujuk kepada bentuk koin.

Mengenai jumlah buah yang disajikan, ada berbagai variasi di tiap negara. Di Filipina, misalnya, disajikan 13 butir buah, karena di sana angka 13 merupakan angka keberuntungan. Di Eropa dan Amerika, disajikan 12 buah, merujuk pada jumlah bulan dalam setahun.

Ikan Utuh

Menurut Doris Lum, seorang pakar kuliner China, kata “ikan” dalam bahasa China mirip dengan kata “berlimpah” dalam bahasa yang sama, yang menjadi salah satu alasan utama mengapa ikan dipilih sebagai santapan pada perayaan Tahun Baru. Selain itu, melengkapi harapan tersebut, ikan yang disajikan haruslah utuh, dari kepala sampai ekor, untuk memastikan keberuntungan tahun depan dimulai dari awal sampai akhir.

Buah Delima

Di beberapa negara, seperti di Turki, buah delima menjadi simbol nasib baik. Warna merahnya merepresentasikan jantung manusia, sebagai perlambang kehidupan dan kesuburan. Khasiatnya juga merepresentasikan kesehatan, dan jumlah bulirnya yang banyak melambangkan kesejahteraan.

Sayuran Hijau

Mulai dari Pesisir Amerika Selatan sampai Eropa, sayuran hijau disajikan pada perayaan Tahun Baru, karena warna hijau dan lembaran daunnya melambangkan uang kertas. Konon, semakin banyak makan sayuran berwarna hijau, maka akan semakin sejahtera (dan tentunya semakin sehat!)

Kacang Lentil atau Miju-Miju

Hidangan Tahun Baru yang populer di Italia adalah Cotechino con Lenticchie (lentil hijau dengan sosis.warna kehijauan dan bentuk kacan lentil atau kerap disebut miju-miju yang seperti koin-koin kecil ini memperlambangkan kesejahteraan yang melimpah. Kacang jenis ini juga representasi kekayaan melimpah di Hungaria, dan disajikan dengan kuah, melambangkan kesejahteraan yang terus bertumbuh.

Roti Jagung

Roti jagung populer disajikan saat Tahun Baru di Amerika Selatan. Warnanya yang keemasan melambangkan kesejahteraan dan kemakmuran. Untuk menambah peruntungan, kadang roti jagung ini disajikan dengan tambahan biji jagung rebus dan saus keju, sehingga warna keemasannya semakin kentara.

Tiket.com