, , ,

Main ke Madura Belum Lengkap Kalau Belum Cicipin Makanan Legendaris Ini

Meski sama-sama masuk dalam wilayah Jawa Timur, Madura memiliki ragam budaya dan keunikan yang tidak bisa disamakan. Di pulau ini, Sobat Tiket akan menemukan beragam kerajinan, tradisi, hingga yang paling banyak dicari, yaitu kuliner yang menggoyang lidah. Sobat Tiket pasti pernah makan sate Madura yang nikmatnya sampai go international itu, kan?

Selain sate khas Madura, pulau yang disatukan dengan jembatan Suramadu ini juga memiliki ragam kuliner yang sangat legendaris. Sobat Tiket harus mencoba aneka kuliner yang tersaji di bawah ini agar traveling ke Madura jadi makin berkesan.

1. Bebek Songkem Pak Salim
Kalau di Surabaya terkenal akan kuliner bebek goreng di sekitar Tugu Pahlawan, Madura memiliki varian baru kuliner bebek bernama bebek songkem. Bebek yang biasanya digoreng atau dibakar setelah diberi bumbu, kini dikukus seperti pepes hingga menghasilkan rasa yang sangat menggoda. Sobat Tiket akan ketagihan begitu makan satu suwir daging bebek Songkem produksi Pak Salim.

Bebek Songkem
Bebek Songkem. Via @Maduraholic https://www.instagram.com/p/BGU8LiwALKC/?tagged=bebeksongkem

Rasa nikmat dari bebek songkem berasal dari rempah yang diolah secara rahasia. Bumbu ini ini dilumurkan pada bebek yang kepalanya ditekuk ke dada (posisi songkem) lalu dibungkus dengan daun pisang. Saat ini bebek songkem sudah ada di hampir semua kota besar di Indonesia. Tapi yang paling autentik ada di Jalan Trunojoyo No. 9A, Sampang, Madura.

2. Kaldu Kokot
Saat Ramadan tiba, kolak yang berbahan dasar kacang hijau mungkin sudah biasa dimakan. Tapi bagaimana kalau kacang hijaunya diolah menjadi makanan gurih dengan campuran kokot atau kilil? Kalau penasaran dengan olahan kikil dan kacang hijau ini datanglah ke belakang kawasan Museum Keraton Sumenep.

Kaldu Kokot
Kaldu Kokot. Via @ii_rosna https://www.instagram.com/p/1FGYEsmHby/?taken-at=608596675

Di tempat ini, Sobat Tiket bisa menikmati sensasi nikmat dari kaldu kokot yang bisa dimakan dengan lontong atau singkong rebus. Untuk masalah rasa, jangan ditanya lagi. Sobat Tiket pasti ketagihan apalagi ditambah cuilan ruas kaki sapi yang kaya sumsum di salamnya. Yummy tidak ketulungan!

3. Campor Lorjuk Bu Hamidah
Campor Lorjuk atau sering disebut juga dengan Soto Lorjuk adalah kuliner khas Pamekasan yang sulit ditemui di daerah lain. Campor lorjuk berbahan dasar lorjuk atau kerang kuku yang sangat kecil. Setelah direbus dan dipisahkan dari cangkangnya, daging kerang kecil ini dimasak dengan bumbu soto yang gurih dan nikmat saat disantap hangat-hangat.

Campor Lorjuk
Campor Lorjuk. Via @m13ef https://www.instagram.com/p/BDcAZj9A4T9/?tagged=camporlorjuk

Satu porsi campor lorjuk biasanya berisi lontong, soun, kecambah, dan taburan bawang goreng yang gurih. Untuk mendapatkan campor lorjuk, Sobat Tiket bisa datang ke sepanjang area pantai dan tambang garam di Pamekasan. Kalau ingin yang lebih autentik datanglah ke Warung Bu Hamidah yang sudah terkenal di kawasan tambak.

4. Nasi Serpang
Madura juga memiliki sajian nasi campur yang nikmatnya mungkin bisa mengungguli Nasi Cumi yang ada di Pasar Atom Surabaya. Nasi serpang biasanya menggunakan nasi yang sangat pulen dan lembut ketika dikunyah. Laut yang diberikan biasanya berupa pepes tongkol, sambal goreng kerang, peyek udang, telur asin, srundeng, dan sebagai pelengkap ada sambal terasi yang pedasnya bisa bikin ketagihan.

Nasi Serpang
Nasi Serpang. Via @maria_thepooh https://www.instagram.com/p/BDt3NmBu0nx/?tagged=nasiserpang

Nasi Serpang pertama kali dibuat oleh Hj. Turah, sebelum wafat beliau mewariskan resep kepada anak-anaknya hingga saat ini bisa menyebar ke seluruh penjuru Bangkalan. Kalau ingin mencoba kuliner unik khas Madura yang tiada duanya, silakan berburu Nasi Serpang di sudut-sudut Kota Bangkalan.

5. Bebek Sinjay
Bebek Sinjay yang mulai beroperasi pada awal tahun 2000-an mendadak menjadi kondang di lidah penikmat kuliner bebek. Bebek diolah dengan bumbu khas hingga tidak menghasilkan aroma amis ini selalu ludes setiap hari. Bahkan, tempat duduk di kedai yang terletak di Jl. Raya Katengan No.45 Burneh, Bangkalan ini selalu penuh setiap saat.

Bebek Sinjay
Bebek Sinjay. Via @veboluz https://www.instagram.com/p/BHonxsKjQVC/?tagged=bebeksinjay

Kalau ingin menikmati olahan bebek khas Madura lain yang nikmatnya bikin nagih, jangan lupa menyantap Bebek Sinjay. Oh ya, untuk mendapatkan satu porsi bebek yang nikmatnya bikin semua orang ingin tambah ini biasanya pengunjung harus mengantre hingga lebih dari 1 jam. Siap, menunggu kenikmatan bebek sinjay datang?
Nah, gimana Sobat Tiket? Sudah siap menikmat salah satu kuliner legendaris Madura di atas? Atau mau semuanya? Boleh, yuk meluncur ke Madura.