, ,

Lombok, Tak Hanya Pantai. Kunjungi Juga Air Terjunnya!

Banyak aktivitas yang dapat Sobat Tiket lakukan saat di Lombok, mulai dari bermain di Pantai hingga menikmati bentang alamnya seperti, air terjun. Yup, Lombok memiliki banyak air terjun yang berada di bawah kaki Gunung Rinjani. Air nya yang sejuk serta soft trekking yang dapat dilakukan untuk menuju lokasi adalah sensasi tersendiri. Berikut ini beberapa air terjun yang dapat Sobat Tiket singgahi saat di Lombok.

Sumber : http://id.lombokindonesia.org
Sumber : http://id.lombokindonesia.org
  1. Membasuh air awet muda di Air Terjun Sendang Gile

Mau awet muda? Cobalah mandi dan membasuh muka di Air Terjun Sendang Gile. Namun, sebelum menikmati segarnya air terjun ini Sobat Tiket harus menghabiskan waktu sekitar 15 menit untuk menapaki 500 anak tanggga yang menuju ke lokasi tersebut. Terletak di desa Senaru, kecamatan Bayan, kabupaten Lombok Utara  Air terjun ini  memiliki tinggi sekitar 35 meter.

Sumber ; http://id.lombokindonesia.org
Sumber ; http://id.lombokindonesia.org
  1. Mandi di celah-celah Air Terjun Benang Kelambu

Mau menikmati air terjun yang keluar langsung melalui celah-celah di sepanjang tebing? Air Terjun Benang Kelambu adalah lokasinya. Di air terjun ini, Sobat Tiket dapat melihat air seolah-olah keluar dari rimbunan tumbuhan. Namun karena tebingnya tertutup dengan tumbuhan yang tumbuh subur, terlihat seakan air keluar dari rimbunan tumbuhan tersebut. Air terjun yang  memiliki 3 tingkat ini dapat Sobat Tiket temukan di Aik Bukaq, Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah.

Sumber : https://static.panoramio.com
Sumber : https://static.panoramio.com
  1. “Terbang” di Air Terjun Tiu Kelep

Terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Air terjun Tiu Kelep memiliki ketinggian 42 meter dan bertingkat-tingkat. Airnya cukup deras dan besar. Namun kolam yang berada di bawahnya tidak begitu dalam, hanya sepinggang orang dewasa. Dalam bahasa Sasak “Kelep” bermakna “terbang”. Sehingga nama ini ingin menggambarkan kondisi air terjun yang buih-buih airnya berterbangan di kolam.

Sumber : http://panduanwisata.id
Sumber : http://panduanwisata.id
  1. Mencari Obat di Air Terjun Jeruk Manis

Banyak mitos tentang air terjun, salah satunya adalah sebagai obat dari segara penyakit. Seperti yang ada di Air Terjun Jeruk Manis. Menurut cerita yang turun temurun, air terjun ini dipercaya dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit terutama juga berkhasiat untuk menyuburkan rambut. Air terjun yang punya ketinggian sekitar 40 meter dapat Sobat Tiket temukan di kaki Gunung Rinjani tepatnya di sebelah selatan kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Rinjani.

Sumber : http://panduanwisata.id
Sumber : http://panduanwisata.id
  1. Menyendiri di Air Terjun Tiu Pupas

Berada di dusun Kerurak, desa Genggaleng, kecamatan Gangga. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 m dengan kedalaman kolam 4 m dan luas 100 m persegi. “Pupas” yang berarti sebuah akar yang tumbuh dari sebuah pohon yang biasanya hidup di tebing-tebing sungai dan daerah pegunungan yang tinggi. Lokasinya yang masih sepi dan belum tersedianya fasilitas yang memadai, membuat air terjun ini surga tersendiri bagi Sobat Tiket.

Itulah beberapa air terjun yang dapat Sobat Tiket singgahi saat di Lombok. Jadi, jangan hanya ke pantai saja. Nikmati juga air terjun saat di Lombok.