Pura di Lombok

, ,

Lima Pura Di Lombok Ini Harus Banget Kamu Kunjungi

Nusa Tenggara Barat (NTB) memang mayoritas penduduknya beragama Islam. Namun, tahukah kamu, meskipun mayoritas muslim, Lombok yang juga bagian dari Provinsi NTB ini memiliki sejarah hindu yang kental. Itulah mengapa di Lombok berdiri banyak sekali Pura. Selain menjadi tempat ibadah umat Hindu, Pura di Lombok ini ternyata juga tidak jarang menjadi tempat wisata yang menarik, loh. Tidak hanya tentang bangunannya, tapi juga nilai sejarah yang terkandung di dalamnya.

Nah, Sobat Tiket, apa saja sih Pura di Lombok yang patut kamu kunjungi? Kita punya daftar nya nih. Berikut ini lima Pura yang patut kamu kunjungi selama di Lombok.

1. Pura Batu Bolong
Terletak di Senggigi, Pura ini berdiri agak menjorok ke laut. Selain lokasinya yang dekat dengan laut atau pantai, Pura ini juga menghadap langsung ke Selat Lombok dan Gunung Agung Bali. Ya, bagi umat Hindu Bali, Gunung Agung adalah tempat yang disucikan. Karena itulah mengapa Pura yang terletak di sebelah barat Pulau Lombok ini begitu kental dengan nuansa Bali. Bagi kamu yang mencari spot foto yang bagus dengan latar belakang sunset beserta pantai dan bukitnya, tempat ini adalah pilihan yang tepat.

2. Pura Meru
Bila ditelusuri dari sejarahnya, Cakranegara bisa dibilang sebagai pusat agama Hindu Bali di Lombok. Hal itu bisa kita lihat dari nuansa budaya, kuliner, dan Pura besar yang berdiri kokoh di daerah ini. Adalah Pura Meru, Pura yang disebut sebagai Pura terbesar dan berpengaruh di Pulau Lombok ini, tidak hanya karena besar dan cantik tapi juga menyimpan begitu banyak sejarah tentang Pulau Lombok. Didirikan tahun 1720 oleh pangeran Bali, Anak Agung Made Karang, Pura ini melambangkan penghormatan kepada tiga Dewa utama agama Hindu; Dewa Brahma, Dewa Syiwa, dan Dewa Wisnu. Banyak upcara keagamaan Hindu di Lombok dilaksanakan di tempat ini. Dan yang paling penting, Pura ini juga melambangkan kerukunan umat beragama yang ada karena lokasinya yang berdekatan dengan Gereja dan Masjid.

3. Pura Gunung Pengsong
Gunung Pengsong dahulu kala digunakan sebagai markas oleh tentara pendudukan Jepang. Lokasinya yang berada pada ketinggian 200 meter di atas permukaan laut, menjadikan Gunung Pengsong tidak hanya sebagai lokasi yang tepat untuk berperang, tapi juga untuk pariwisata. Di tempat ini, terdapat sebuah Pura yang dihiasi dengan pemandangan yang indah. Di Pura Gunung Pengsong, kamu bisa melihat keindahan Gunung Rinjani dan panorama sawah hijau yang terbentang luas. Bahkan jika dalam cuaca yang cerah, kamu bisa melihat keindahan Teluk Lembar dan Gunung Agung Bali.

4. Pura Kalasa
Pura ini terletak di Taman Narmada, di sebelah timur Kota Mataram. Pura ini dibangun untuk menyembah dan menghormati Dewa Batara, yang dipercaya mendiami Gunung Rinjani. Itulah mengapa di Pura ini banyak terdapat punden berundak menyerupai wujud Gunung Rinjani. Di Pura Kalasa, umat Hindu Bali yang ada di Lombok setiap tahun merayakan upacara Pujawali, sebuah upacara untuk menghormati Dewa Batara. Pura Kalasa merupakan salah satu Pura tertua yang ada di Lombok. Sangat cocok buat kamu yang ingin berwisata sejarah sekaligus berburu foto menarik.

5. Pura Lingsar
Jika kalian ingin melihat bagaimana kerukunan antar umat beragama di Lombok terjaga, Pura Lingsar adalah tempatnya. Pura seluas 26 hektar ini memang melambangkan kerukunan umat agama yang ada. Di sini, kamu akan menemukan dua ritual dari dua agama yang berbeda, Hindu dan Islam. Hal itu karena di komplek Pura ini digunakan oleh dua agama yang berbeda. Hebatnya, meskipun digunakan oleh dua agama berbeda, tidak pernah terjadi gesekan antar umat agama di sini. Selain kerukunan agama dan bangunan Pura yang bagus, kamu juga bisa melihat pemandangan bukit-bukit Lombok dari sini.

Kalau kamu, Pura apa yang menurut kamu patut kamu kunjungi? Share yuk.
Mau wara-wiri mengunjungi Pura ini langsung ke Lombok? Rencanakan perjalananmu di Tiket.com