Liburan Ke Museum? Kenapa Tidak
Liburan Ke Museum? Kenapa Tidak

, ,

Liburan Ke Museum? Kenapa Tidak

Lagi bingung mau pergi kemana di saat liburan atau menghabiskan akhir pekan. Museum bisa menjadi salah satu alternatif untuk liburan Anda. Selain bermanfaat dan menambah ilmu, museum juga bisa menjadi tempat yang mengasyikkan untuk menghabiskan liburan atau saat akhir pekan. Setidaknya ada lima museum yang harus Anda kunjungi. Berikut ini daftar museumnya.

  1. Museum Batik Danar Hadi, Solo

Ingin mengetahui seluk-beluk dan sejarah pembuatan batik? Museum Batik Danar Hadi adalah tujuan pertama Anda. Terletak di Solo, Jawa Tengah, di museum ini Anda dapat melihat koleksi lebih dari 10.000 helai batik. Kain batik ini berasal dari berbagai periode sejarah, dengan pengaruh kultur berbeda seperti batik Belanda dan China. Danar Hadi sendiri merupakan pelopor batik asal Solo, yang menjadi salah satu brand batik ternama di Indonesia.

dh2

  1. Ullen Sentalu, DI Yogyakarta

Melangkah ke Kaliurang, DI Yogyakarta, Anda akan menemukan Museum Ullen Sentalu. Museum yang terkenal dengan keindahan bangunannya ini menyimpan ratusan ‘harta karun’ dan artefak peninggalan Keraton dan kerajaan di Jawa. Museum ini punya beberapa ruangan dengan koleksi berbeda. Ada Ruang Seni Tari & Gamelan, Guwo Selo Giri, juga Kampung Kambang yang terdiri dari 5 ruangan batik.

dscn36051

  1. Agung Rai Museum of Art, Bali

Saat menyambangi Pulau Dewata, luangkan waktu Anda untuk menjelajahi Agung Rai Museum of Art. Museum dengan beragam koleksi seni dan budaya yang berlokasi di Ubud, Bali. Di museum yang memiliki 2 bangunan utama, dengan luas lahan 5 hektar, Anda dapat menemukan berbagai patung dan lukisan karya seniman terkenal. Mulai dari Raden Saleh, Affandi, Walter Spies, Rudolf Bonnet, juga Adrian Le Mayeur dapat Anda nikmati. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menonton aneka pertunjukan khas Bali seperti Legong Telek, Topeng Jimat, juga Barong & Keris.

Museum Bale Dauh_0

  1. Museum House of Sampoerna, Surabaya

Cari tahu sejarah dan seluk-beluk pembuatan rokok di Indonesia lewat pengalaman menyelami Museum House of Sampoerna di Kota Tua Surabaya. Di sini Anda dapat melihat bagaimana proses produksi rokok langsung di tempat pembuatannya. Museum ini memiliki beragam bukti sejarah dan alat-alat yang digunakan berkaitan dengan sejarah rokok di Indonesia. Beberapa ruangan menyimpan koleksi berharga seperti sepeda motor tua, sepeda pertama pemilik Sampoerna, serta mesin cetak tua.

  1. Museum Nasional, DKI Jakarta

Museum Gajah, atau yang lebih dikenal dengan Museum Nasional merupakan salah satu tempat terbaik untuk mengenal lebih dalam tentang sejarah dan munculnya Negara Kepulauan Republik Indonesia. Betapa tidak, museum ini memiliki lebih dari 67.000 artefak dari berbagai daerah di Indonesia juga Asia. Bisa dibilang, museum yang didirikan pada 24 April 1778 menjadi yang paling lengkap dan salah satu yang terbaik di Asia Tenggara. Di sini Anda akan dapat menemukan berbagai koleksi museum mulai dari artefak Hindu-Buddha sampai peninggalan era kolonial Belanda.

28

Jadi liburan dan akhir pekan ini mau menjelajahi museum yang mana?