Liburan Ke Australia
Liburan Ke Australia

, ,

Liburan ke Australia? Persiapkan 5 Hal Ini Sebelum Berangkat

Semakin banyak wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Australia. Tahun 2015 saja, menurut data dari Tourism Australia, setidaknya kurang lebih ada sekitar 152.000 wisawatan Indonesia yang menginjakkan kakinya di Negeri Kangguru tersebut. Hal tersebut membuat wisatawan Indonesia menempati posisi ke-12 dari seluruh wisatawan asing yang berkunjung.

Nah buat Sobat Tiket yang ingin berpergian ke Australia, ada baiknya cek hal-hal berikut ini sebelum berpetualang di Australia.

Pesawat via shutterstock.com
Pesawat via shutterstock.com
  1. Cek jadwal & waktu penerbangan.

Ini hal pertama yang wajib Sobat Tiket ketahui. Ada banyak maskpai dan jadwal keberangkatan ke Australia. Baik langsung ataupun transit, semuanya akan menentukan berapa lama waktu perjalanan di udara. Ada beberapa maskapai yang memiliki penerbangan langsung ke kota-kota populer para wisatawan seperti Sydney, Melbourne, Perth atau Brisbane. Namun, jika Sobat Tiket memilih untuk menikmati perjalanan tidak ada salahnya transit dahulu di Denpasar atau Singapura.

Visa Australia via visaaustralia.asia
Visa Australia via visaaustralia.asia
  1. Dapatkan Visa Australia

Mau masuk ke wilayah Australia? Dapatkan dahulu visa-nya. Caranya? Mudah kok. Kunjungi Pusat Aplikasi Visa Australia (Australian Visa Application Centre) dan pilih visa sesuai kebutuhan Sobat Tiket. Datang untuk berlibur, tipe visa yang kamu perlukan adalah visa kunjungan turis. Sobat Tiket dapat mengunjungi situs Kedutaan Besar Australia untuk menemukan informasi lebih banyak tentang pengajuan visa Australia.

Peraturan via shutterstock.com
Peraturan via shutterstock.com
  1. Ketahui peraturan & regulasinya

Seperti halnya di Indonesia, jika Sobat Tiket ingin menginjakkan kaki di Australia wajib mengikuti peraturan dan regulasi pemeritah yang berlaku. Sobat Tiket tidak diizinkan membawa senjata, senjata api ilegal, steroid, obat-obatan terlarang, barang-barang tahan lama (makanan tertentu), dan satwa liar yang dilindungi. Tidak ada batasan jumlah uang tunai yang diperbolehkan dibawa masuk ke Australia, tetapi jika jumlahnya sama dengan atau lebih dari AU$ 10.000, Sobat Tiket perlu untuk mendeklarasikannya.

Asuransi Perjalanan via insuremytrip.com
Asuransi Perjalanan via insuremytrip.com
  1. Nyaman & Aman dengan Asuransi Perjalanan

Nyaman dan aman adalah hal yang tidak boleh terlepas jika Sobat Tiket ingin berlibur keluar negeri. Sebagai turis, Sobat Tiket dianjurkan mengambil polis asuransi perjalanan sehingga aman dari pencurian, kecelakaan, dan masalah kesehatan yang terjadi di perjalanan. Tidak ada salahnya melengkapi dokumen perjalanan Sobat Tiket dengan asuransi perjalanan yang dapat mencakup semua kebutuhan selama berlibur.

Road Trip via dailytelegraph.com.au
Road Trip via dailytelegraph.com.au
  1. Neyetir Sendiri? Kenapa Tidak

Sudah handal berkendara dengan mobil di Indonesia, tidak ada salahnya ‘mencicipi’ aspal Australia. Australia dan Indonesia memiliki metode mengendara yang sama, sama-sama menganut posisi pengendara di sebelah kanan & berkendara di sisi kiri jalan. Mobil rental di Australia kebanyakan matic dan punya fitur cruise control, yaitu setelan jalan otomatis di kecepatan tertentu tanpa menginjak pedal gas, alias auto-pilot. Jadi jika Sobat Tiket sudah memiliki SIM A Indonesia, tinggal melengkapinya dengan International Driving License.

Jika Australia merupakan salah satu negara yang ingin Sobat Tiket. Saat ini Tiket.com bekerjasama dengan Kedutaan Besar Australia mengadakan kontes foto dengan tema presepsi Australia yang #AussieBanget menurut Sobat Tiket. Pemenang utama dari kontes ini akan mendapatkan hadiah berlibur ke Perth dan Brisbane selama 7 hari lho. Lengkap dengan Tiket Pesawat PP dari Jakarta, akomodasi selama di Australia, sekaligus menjadi co-host dalam seri Sobat Jalan Australia bersama Marischka Prudence.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Sobat Jalan #AussieBanget kunjungi go.tiket.com/AussieBanget