, , ,

Kuliner Khas Pulau Alor Ini Pasti Bikin Kamu Rindu

Pernahkah kamu melihat hamparan pantai yang luas, berhias jajaran bukit kecil dan gunung yang terlihat begitu selaras dengan birunya laut? Pulau Alor punya semua itu, Sobat Tiket. Terletak di wilayah paling tenggara Indonesia, Pulau Alor punya begitu banyak keindahan untuk dinikmati. Belum lagi alam bawah laut yang begitu menawan, rumah bagi ratusan bahkan mungkin ribuan terumbu karang dan makhluk laut lainnya.

Tapi, apakah cuma itu yang bisa membuatmu rindu sampai ingin berburu tiket pesawat ke Pulau Alor? Tentu tidak. Pulau Alor ternyata juga punya banyak kuliner khas yang tidak hanya mampu membuat kamu kenyang, tapi juga semakin rindu dengan pulau cantik ini. Nah, inilah beberapa kuliner khas Pulau Alor yang bisa bikin kamu rindu.

Sup-Ikan-Cakalang-Kuah-Kuning
Sup ikan cakalang kuah kuning. Sumber: http://www.pergidulu.com/kuliner-komoditi-pulau-alor/

1. Sup Ikan Cakalang
Ikan cakalang merupakan salah satu jenis ikan yang mudah ditemui di belahan timur Indonesia, termasuk Pulau Alor yang berada di Nusa Tenggara Timur. Tapi, tunggu dulu, sup ikan cakalang cukup memiliki rasa yang berbeda. Kuah kuning adalah penyebabnya. Selain memiliki rasa gurih yang kuat dan kuah yang agak menguning, Sup ikan cakalang di Pulau Alor ini juga memiliki rasa yang segar, dengan campuran sayuran dan cabai yang menggugah selera. Cocok banget buat disantap dengan nasi panas dan perkedel ikan.

Sayur jantung pisang. Sumber: http://www.pergidulu.com/kuliner-komoditi-pulau-alor/

2. Sayur Jantung Pisang
Mungkin beberapa di antara kamu masih belum familiar dengan menu masakan yang menggunakan jantung pisang. Tapi percaya deh, Sobat Tiket, menu sayuran yang satu ini cukup membuat mulut kamu nggak berhenti mengunyah. Rasanya cukup gurih, dan segar. Menu sayuran ini biasanya menjadi teman setia bagi sup ikan cakalang.

14264135552025706726
Jagung titi dan biji kenari. Sumber: http://www.kompasiana.com/yakusa/jagung-titi-campur-kenari-dari-alor_55288d3f6ea83463168b4567

3. Jagung Titi Dan Camilan Biji Kenari
Jagung dan biji kenari merupakan hasil bumi terbesar di Pulau Alor. Itulah mengapa kamu akan menemui berbagai macam camilan berbahan dasar jagung dan biji kenari seperti kue kenari, kacang kenari dan jagung titi. Rasanya gurih, cocok banget untuk teman ngobrol saat waktu luang. Dan yang terpenting adalah, harganya terjangkau dan mudah ditemui di Pulau Alor. Bahkan kamu bisa memesannya di tempat kamu menginap.

kue rambut
Kue Rambut Flores. Sumber: http://liliscarvallo.blogspot.co.id/2013/06/kue-rambut.html

4. Kue Rambut
Namanya memang kue rambut, tapi bukan berarti rambut dalam makna sebenarnya. Kue ini pada dasarnya adalah adonan tepung yang digoreng dengan teknik tertentu sehingga berbentuk menyerupai rambut. Yang membuat makanan ini begitu berbeda adalah rasa manisnya. Kue ini dilapisi oleh gula lempeng (gula dari lontar), yang membuat kue rambut ini memiliki cita rasa yang manis dan gurih.